Sunday, April 6, 2008

Rumput Tetangga



Dua temen gw yang lagi sama-sama punya bayi adalah Bas (Pol97) dan Mirana (Kom96).

Bas itu teman sesama melahirkan di tanggal 30 Desember 2007. Gw ngelahirin jam 4 pagi, dia jam 8 pagi. Anaknya Bas itu perempuan, namanya Nadine. Gw lupa berapa BB dan TB-nya pas baru lahir. Kalo Senja kan BB 3.2kg dan TB 50cm. Nah kalo Mirana, bayinya perempuan juga, namanya Danisha, lahirnya sebulan setelah Senja deh kira-kira. Jadinya sih lebih banyak gw ngecek perkembangan ke Bas, sementara Mirana yang sering ngecek ke gw 'Dulu Senja kayak gitu juga gak?'

Dulu gw juga beralih ke dot peristaltik karena SMS-an sama Bas. Dia cerita, sebelumnya mau ngasih pakai sendok. Tapi karena dia mau kerja dan khawatir si Mbak-nya gak telaten, jadi lah pakai dot. Itu juga yang akhirnya membuat gw menyerah pada dot.

Cerita-cerita lain yang suka dibagi ya soal BB dan TB anak kami masing-masing. Waktu Senja memasuki berat ke-6 kilo, ternyata Nadine beratnya 4.5 kg. Waktu itu gw SMS-an kira-kira akhir bulan, dan berat Nadine yang 4.5kg itu adalah di awal bulan, pas kunjungan ke dokter. Lahiya lah, kan gak semua orang punya timbangan bayi kayak gw gini sehingga bisa menimbang sewaktu-waktu, hihihi.

Sempet kaget juga pas tau Nadine beratnya 4.5kg. Soalnya kalo merujuk ke Kartu Menuju Sehat (KMS), angka segitu tuh udah di batas bawah grafik ijo yang diharapkan. Tapi kata nyokap, mungkin posturnya emang gitu, langsing gitu. Bisa juga karena nyokap-bokapnya model yang kecil-kecil gitu, sehingga si anak juga gak babon kayak Pelangi, misalnya.

Gw sempet SMS-an lagi pas mau masuk kerja, untuk ngecek berapa stok yang ditinggalin. Nah ini gw lebih terkaget-kaget. Nadine itu sekali minum bisa abis 120ml. Lah Senja perasaan minumnya anteng-anteng aja di kisaran 80-100ml. Tapi kok Senja bisa lebih berat ya? Emang sih Nadine itu terhitung tinggi. Kata Bas, tinggi Nadine itu 61cm pas baru masuk 2 bulan. Tinggi tuh.

Sempet parno *ih parno melulu* juga pas Bas cerita dia ninggalin 4x120ml buat stok selama dia pergi. Soalnya kalo diitung-itung, stok yang gw tinggalin buat Senja paling 400-450ml. Wuih, kalah jauh euy. Tapi ya mau pegimana dong. Lah yang keluar emang cuma segitu, masa mau disedot paksa...

Seiring waktu, juga berkat Hil, gw mulai pasang moda cuek aja kalo ada 'pesaing' macam begitu. Kagum sih iya, tapi gak perlu dianggap sebagai pesaing. Rumput tetangga emang lebih hijau, trus knapah? Gitu lah kira-kira. Kata Hil, kalo parno melulu, beneran gak keluar itu ASI-nya. Iya bener juga kan. Hil juga ngingetin cerita gw sendiri tentang salah satu orang di Yayasan Orangtua Peduli, tempat gw ikutan Kelas ASI untuk Ibu Bekerja, yang tiap kali memerah dapetnya 20-40ml.

Jadilah pas gw SMS-an terakhir sama Bas soal perah memerah ASI di kantor, gw udah siap-siap dalam moda 'gapapa deh rumput tetangga lebih hijau'. Eh bener aja. Sekali memerah, Bas bisa dapet 120ml. Di kantor, dia dua kali memerah, berarti dapet 240ml. Lah gw, bisa 4x merah dengan hasil yang gak sampai 240ml. Huhuhuhu...

Tapiiii yaaa suudaaaahhh laaahhh yaaaa... Kalo dipikirin terus malah jadi parno. Gak baik gak baik gak baik. Rumput tetangga gak melulu lebih hijau, ya toh? Lagian kalo gw memutuskan untuk gak nanem rumput, gapapa juga kan? Huehuehue...

1 comment:

Anonymous said...

daripada ngebanding-bandingin sama bayi lain, mendingan cari sumber informasi yang lebih baku, yang ada metodologinya dan diambil secara ilmiah.

kalo dibanding-bandingin sama A, B, C, D, E, bla bla bla, bisa cape sendiri, karena udah pasti beda lah hai.

lagipula, belum tentu informasi dari ibu-ibu lain 100% akurat toh?