Thursday, March 19, 2009

Terlalu Banyak 'Tidak'

Sebetulnya gw udah punya buku 'What To Expect Toddler Years' sejak Senja belum umur 1 tahun. Maklum, Hil salah beli. Jadi selama ini buku itu disimpan di dalam box, dan akhirnya baru dikeluarin setelah Hil beres-beres kamar pasca persiapan banjir di rumah.

Oke, kita baca-baca lagi.

Gara-gara baca buku ini, gw jadi tersadar bahwa gw terlalu banyak bilang 'tidak' ke Senja. Emang sih itu maksudnya baik. Tapi kebanyakan, dan kan ntar kasian kalo Senja ngerasa gak boleh ngapa-ngapain.

Sejauh ini yang kita bilang 'tidak' sih emang udah pasti banget gak boleh disentuh sama Senja. Misalnya, pisau, tempat sampah, kipas angin, colokan listrik. Nah tapi selain benda-benda itu, ternyata gw juga kerap 'royal' pakai kata tidak. Huhuhu, jadi menyesal. Padahal tipsnya sederhana saja untuk menghindari seringnya menggunakan kata 'tidak'. Yang paling mendasar adalah ya udah jauhkan saja benda-benda yang udah pasti gak boleh sama Senja. Biar dia gak nyenggol dan kita gak perlu bilang, teriak atau menjerit,'Senja, tidak!'

Selain itu, ada juga tips lain. Yaitu memberikan penjelasan kenapa itu gak boleh, ketimbang langsung bilang 'tidak'. Awalnya sih gw merasa tips ini ajaib. Lah masa nerangin alasan buat anak umur 1 tahun, apa bisa? Tapi ya gapapa, look at the bright side. Berarti kan gw berlatih untuk menerangkan segala sesuatu ke Senja, dan bukannya ambil shortcut dengan bilang 'Tidak!' Ntar kalo Senja makin gede, berarti gw gak kagok lagi kalo dikit-dikit mesti nerangin kenapa boleh dan kenapa gak boleh.

Contoh yang dikasih di buku itu misalnya gini. Misalnya si anak ngedorong anak lain, bilang ke dia bahwa kalau itu sakit, dan kalau sakit, si anak itu bisa nangis. Bukannya langsung bilang 'Senja jangan dorong!' gituh.

Pas gw coba menerapkan, wuih ternyata sulit. Enakan dikit-dikit ngomong 'Tidak', 'Nggak boleh' atau 'Jangan' tanpa menerangkan, hehehe.

Yang susah juga adalah berlaku konsisten. Misalnya kita bilang satu barang atau kegiatan gak boleh, maka kita harus konsisten. Misalnya gak boleh main ke dapur, ya harus konsisten. Bilang 'Tidak', atau jelaskan kenapa Senja gak boleh ke dapur. Kalo masih ngeyel, Senja diangkut. Tapi kan ya ribet juga yak kalo gw pas sendirian, trus Senja maunya ngintil terus sementara gw harus nuang air panas dari ceret ke ember buat mandi Senja... huhuhu.

Tapi gapapa. Hal baik pasti sulit dikerjakan. Seperti mengurangi penggunaan kata 'tidak' serta berlaku konsisten. Mudah-mudahan gw, juga Hil, syuksyes.

No comments: