Sunday, March 15, 2009

Ke Dokter

Hari ini akhirnya kita ke dokter. Kembali bertemu dengan dr Eveline setelah sekian lama absen.

Gw izin pulang cepet. Sementara Hil yang emang pulang jam 15 trus balik ke rumah, mandi dan jemput Senja, trus jemput gw di kantor. Abis itu kita sama-sama ke Carolus.

Berhubung sekarang Senja udah umur 1 tahun, dia pasti udah mulai ngerti banyak hal. Termasuk bisa protes dan menolak. Jadinya mesti dikasih tau dari jauh-jauh hari kalo dia mau ke dokter. Hil udah kasih tau Senja bahwa kita mau ketemu dr Eveline sejak dari rumah. Di jalan, kita juga bolak balik bilang gitu. Ceritanya sih menghindari terjadinya tangisan pilu dan jeritan amarah seperti waktu potong rambut di salon itu.

Sampai di Carolus, aman. Senja urutan nomor 8, jadi ya santai aja. Ditimbang dulu. Huhuhu, masa Senja beratnya 8.8kg, perasaan kalo di rumah udah lewat 9 kilo deh. Emang deh timbangan Carolus ini pasti ada peletnya, kekekeke.

Selama menanti giliran, Senja sibuk main-main. Pakai kaos kaki doang, sepatunya copot melulu, trus dia sibuk jalan ke sana ke mari, plus main cilukba di balik tiang sama Hil. Ketawanya kenceng banget. Apalagi dia satu-satunya anak kecil yang sibuk main di ruang tunggu.

Sekitar jam 18 lewat, baru deh kami masuk ke ruang periksa. Dr Eveline langsung menyapa. Senja masih digendong Hil, sementara gw menjelaskan ada apa gerangan kami ke sini. Demam, tapi hanya lewat tengah malam; sudah sejak Kamis dini hari; hanya diberi obat ketika demam, selebihnya tidak.

Oke. Mari Senja, tiduran dulu, mau diperiksa.

Nah, baru deh dramanya mulai. Senja langsung proteesssss berat. Tapi yaaaa maafkan kami, Nak, the show must go on. Dr Eveline pun mulai memeriksa, sementara gw, Hil dan si suster memegang Senja supaya gak gerak-gerak.

Oke. pemeriksaan selesai, Hil segera menggendong Senja ke luar ruangan.

Jadi, penjelasan dokternya begini. Kayaknya ini virus, tapi ya mesti dipastikan lagi. Soal campak atau enggak, sebenernya masih bisa kena campak meskipun udah di-imunisasi. Dan karena udah di-imunisasi, tampilannya alias gejalanya jadi bisa tersamar. Dia tanya, obat apa yang udah dikasih? Gw jawab: Paracetamol (demam), Disudrin (pilek) dan Mucopect (batuk). Dia bilang, teruskan saja obatnya.

Gw sempet tanya juga. Bener gak sih langkah gw yang tidak memberikan Senja obat pas pagi-sore ketika badannya Senja adem-adem aja; dan hanya memberikan Paracetamol itu ketika suhu badannya meningkat? Kata dr Eveline, iya udah bener kok. Aaahh gw lega. Gw gak mau berlebihan aja ngasih obat buat Senja.

Tapi berhubung durasi demamnya Senja udah lumayan lama, dr Eveline menyarankan untuk cek darah. 'Kalau nanti malam anget lagi, besok cek darah ya.' Wih, apa gerangan yang dikhawatirkan ya? DBD? Bisa, kata si dokter. Atau, sekadar ngecek kadar likosit (bener gini gak ya nulisnya?) untuk mengetahui apakah perlu kasih antibiotik atau enggak.

Oh oke. Sip. Terima kasih ya dr Eveline..

Di jalan, Senja langsung minta nyusu dan bobo. Begitu sampai rumah, berpindah dari mobil ke tempat tidur, Senja tetep molor. Bajunya diganti sembari mata Senja tetap merem.

Malem-maleman baru nyadar. Duh bodoh. Itu tiny benjolan malah lupa ditanyain, huhuhu.

Semoga Senja cepet sembuh yaaa..

1 comment:

Ibu-nya Aleeta said...

Mbak citra, maksudnya tiny benjolan itu yg mirip tahi lalat tp merah kecoklatan dan tumbuh bukan? Anak saya Aleeta (9bln) jg ada di tengkuknya. Waktu lahir cm 1,skrg melebar -walo ttp kecil- jadi 3. Kata dokter itu sejenis penyakit kulit yg bs hilang jika dibakar secara medis. Tp krn Aleeta msh kecil, dokter blg kasian, tunggu sampai dia besar dulu..