Saturday, March 21, 2009

Menjelang Tidur yang Lelap


Kemarin-kemarin, gw merasa benar dengan langkah gw memberikan susu Ultra ketika Senja bangun di malam hari. Awalnya Senja pasti nolak dengan berbagai cara, dan dia akan tetep bersikukuh mau nyusu dari gw. Tapi gw membujuk dia kalo bisa sampai berhasil, untuk beralih ke susu Ultra.

Ah ternyata cara itu tidak tepat. Huhuhu. Terima kasih buku What to Expect.

Jadi teorinya gini, kalo kata tu buku. Kalo ngasih Senja susu - Ultra maupun ASI - di malam hari, maka ntar dia bingung. 'Lho malem-malem kok 'makan' berat yaaa..' Gitu. Nah, trus otaknya jadi nyetel si perut untuk selalu lapar di tengah malam, karena udah terbiasa diisi dengan susu. Jadilah dengan begitu dia justru akan terus bangun-bangun di tengah malam.

Triknya adalah memberikan air putih saja, instead of susu gitu. Mengapa? Karena dengan begitu Senja akan merasa sia-sia bangun, karena cuma akan dapat air. Hooo gitu, lucu sekali logikanya..

Nah, yang lebih penting lagi dari soal tidur lelap di tengah malam adalah gimana membangun kebiasaan tidur yang baik, sehingga tidur pun jadi nyaman. Kata itu buku, bersih-bersih badan lah sebelum bobo. Mungkin bisa lap-lap aja, tapi gw justru gak betah kalo Senja cuma lap-lap, mendingan sekalian diguyur gitu, mengingat Senja kalo main bisa sampai keringetaaaaann banget. Kalo udah bersih-bersih badan, pakaikan baju tidur. Jangan tidur dengan baju main. Dengan begitu, diharapkan Senja jadi ngeh,'Oh ini saatnya tidur, makanya ganti baju dengan baju tidur.' Kurang lebih begitu harapannya.

Trus, kalo mau nge-boboin Senja, juga jangan langsung pake koncian yang selama ini gw andalkan yaitu ASI. Coba aja jajal Senja bobo sendiri tanpa ASI. Supaya dia juga gak ketergantungan gitu, kalo tidur harus nyusu. Jadilah tadi gw peluk-peluk saja dia, sambil gw mpok-mpok, gw tenangkan, gw bilang kalo gw gak nyusuin dia, tapi Senja tenang aja karena gw gak akan pergi.

Emang agak lama sih Senja bobonya dengan cara begini. Kalo nyusu, wah bisa langsung tepar tuh Senja. Ini agak lama, karena Senja jadinya malah berdiri-diri, bercanda-canda di tengah kegelapan dan sebagainya. Tapi yaaaa gapapa deh. Mungkin harus begini caranya. Termasuk juga gw dan Hil harus bersiap kalo Senja protes berattttt dengan perubahan kebiasaan ini dan nangis sekenceng-kencengnya.

Kalo udah gini, ya tinggal kuat-kuatan niat aja. Gw sih suka berasa tertekan, seolah-olah orang kiri kanan gw (padahal itu juga cuma dugaan gw aja) bakal memandang gw dengan sebelah mata kalo gw gak segera nyusuin Senja. Seolah-olah gw gak cukup mencintai Senja sehingga membiarkan dia menderita dan nangis kejer. Itu aja yang suka bikin gw menyerah dan nyusuin Senja.

Tapi karena gw dan Hil udah sepakat, oke, kita jabanin. Semoga Senja gak protes huhuhu.

2 comments:

Anonymous said...

Selain itu, susu yang diam semalaman di gigi bayi, juga bisa membuat keropos. Jadi memang baiknya air! Begitu katanya, ibunya Senja!
http://www.health.nsw.gov.au/pubs/2007/pdf/healthy_mouth.pdf
Salam kenal!

Anonymous said...

jangan suka GE-ER bahwa orang kiri kanan akan nge-judge kamu gak sayang kalo kamu begini or begitu.
yang penting, kamu dan hil sepakat. Itu aja.
Konsisten, dan, tega. Aku jualan. Mau beli? Vitamin "K" (konsisten) dan suplemen "T" (tega). Bisa diperoleh di rumahcipinang, 3ons 5 milyar. Huahahahaaa