Thursday, July 31, 2008

7 Bulan


Kemarin, Senja udah umur 7 bulan. Horeeee... suksesss melalui MPASI sebulan pertama dengan baik dan benar, ashooyy...

Gw patut berbangga hati lah karena Senja jadi anak baik karena makannya lahap, banyak, gak rewel dan gak ngelepehin makanan. Gw suka miris kalo lagi baca milis dan ketemu ibu yang anaknya gak mau makan, nutup mulut rapet-rapet atau muntah. Duh, untung dah Senja gak kayak gitu. Anak baiiiikkk sekali Senja deh pokoknya.

Sebulan pertama, gw udah memperkenalkan rupa-rupa makanan buat Senja. Gw tidak menuruti aturan 4-day-wait, makanya jadi lebih banyak variasi makanan yang gw kasih buat Senja. Huhuy, untungnya Senja juga gak alergi yah, fiuh...

Dari kategori karbohidrat, gw memperkenalkan beras putih, beras merah dan havermut. Dari umbi-umbian, udah kenalan sama labu parang, ubi merah, kentang. Abis itu buah-buahan, Senja udah pernah coba apel, pir, pisang, pepaya, semangka, melon dan alpukat. Dari geng ini, Senja gak terlalu doyan alpukat, atau mungkin kurang nendang aja kemarin pilihan alpukatnya. Nah trus kalau sayur, Senja udah pernah makan jagung manis, brokoli, wortel dan kembang kol. Mayan lah ya. 3 karbohidrat, 3 umbi-umbian, 7 buah dan 4 sayur.

Memasuki bulan ke-7, nah lho mulai pusing deh gw. Mestinya sih gw masih bisa meneruskan moda frozen food seperti yang sekarang gw jalani. Variasinya aja yang lebih macem-macem, karena sekarang udah boleh makan protein. Kalo ngeliat dari resepnya sih ajaib-ajaib ya: ada puree tahu, puree tempe, juga ada puree daging dan ati ayam. Trus semua dicampur ASI. Biyooo, apa rasanya yaaaaa...

Ntar kalo udah terbukti manjur dengan bahan makanan baru, abis itu dijajal deh mix-and-match kayak pake baju. Dari pertengahan bulan ke-6 juga udah mulai dijajal varian-varian baru sih. Kadang kentang sama wortel, atau ntar kentang sama brokoli atau sama jagung manis. Sambil dikira-kira aja rasanya gimana di lidah Senja. Paduan ubi merah dan kembang kol itu pastilah untuk menyembunyikan bau kembang kol yang (ternyata) amit-amit itu. Paduan beras putih atau kentang dengan jagung manis tentulah supaya tawarnya beras putih dan kentang jadi gak ketara. Sisanya mah gw tebak-tebak aja.

Di saat-saat ini maka gw beruntung menemukan milis MPASI rumahan secara tidak sengaja. Seru juga ngeliat emak-emak yang kebingungan ngatur waktu kapan bikin makanan buat bayi, sementara nyari waktu buat diri sendiri, juga nonton tivi, hihihi. Atau belajar dari orang-orang yang pakai slow cooker buat nyiapin makanan bayi. Atau ya bergirang hati kalo ketemu orang yang memilih jalur frozen food seperti gw ini.

Mudah-mudahan sebulan kedua di dunia MPASI ini, Senja makin doyan deh. Mumpung teteup belum dikasi garam dan gula, makanan gw pasti sedep-sedep aja deh di mulut Senja, hihihihi...

1 comment:

Anonymous said...

bagusnya dicobaiin juga tuh makanan Senja. kemarin waktu tatah lihat dia seperti mau tersedak selagi dikasi labu, tante hani bilang, kayaknya karena labu itu 'gatel' di tenggorokan. Coba dulu deh. Jangan2 emang ada hal2 seperti itu. bisa juga rasanya terlalu asam (buah) atau gatel atau bergetah atau apalah. Cobain juga dong... Just a thought...