Wednesday, July 23, 2008

Senja Dalam Sehari

Senja nyaris selalu bangun jam 5.30 pagi. Hanya di kesempatan tertentu saja dia molor melulu dan bangun kesiangan, atau sampai harus dibangunin segala. Begitu bangun jam setengah enam, dia langsung duduk, atau posisi merangkak. Setelah itu bisa aja sibuk sendiri dengan mengulek-ulek tangannya, atau main dengan mainan apa pun yang tercecer di tempat tidur. Kalo enggak ya bunyi-bunyi dikit, kayak mau ngebangunin kita. Pas gw atau Hil bangun, dia akan ngeliatin, terus senyum, hihihi, lucunya.

Setelah gw-nya ikutan melek, menyusui deh. Kadang lama, kadang sebentar. Suka-suka dia aja. Abis itu biasanya gw masak air buat mandi, lalu gw dan Senja setor muka ke sebelah, yang akan segera meninggalkan rumah. Bokap dan nyokap kerja, sementara Salsa sekolah. Kalo Hil masih tidur, ya kita biarkan dulu beberapa saat. Sembari gw setor muka, kalo bisa colongan makan ya bagus, kalo enggak ya sudah lah.

Sekitar jam 7 pagi, Senja mandi sama Hil. Hampir selalu mandi sama Hil, kecuali kalo Hil masuk pagi. Soalnya gw cenderung gampang keringetan, sementara gw harus buru-buru demi gak terlambat kerja. Karena Hil kebanyakan masuk siang, ya sudah, mandi pagi itu lebih banyak diurus sama Hil. Pas Senja mandi, gw bisa mandi atau siap-siap pompa ASI untuk dibawa ke kantor.

Setelah Hil kelar bergulat dengan Senja yang makin berontak kalo dipakein baju, baru lah Senja disetor lagi ke gw. Kalo kurang dua jam dari waktu minum sebelumnya, maka gw main-main dulu sama Senja. Bisa sambil nonton infotainment atau menjalin hubungan benci-tapi-cinta dengan program 'Apa Kabar Indonesia' di TVOne. Abis itu ya menyusui. Kalo udah gini biasanya Senja ngantuk dan tidur pagi. Sekitar jam 8 lewat, gw berangkat ke kantor. Belakangan ini gw manja banget, setiap hari naik ojek. Najong dah pemborosan.

Kalo Senja betulan tidur, maka Hil bisa siap-siap buat makan pagi Senja. Nyiapin gelas air minum, manasin ASI buat pengencer makanan di food warmer, naro makanan di magic jar, nyiapin bibs alias tadah ilernya, nurunin kursi makan Senja ke lantai, udah beres deh. Kalo beruntung, maka Hil bisa colongan tidur lagi bareng Senja, hihihi.

Senja makan pagi jam 10, lalu jam 12-nya makan pure buah, sejam kemudian minum ASI. Setelah itu biasanya Senja bobo siang. Kalo beruntung, Senja tidur 1-2 jam, kalo gak beruntung ya Senja cuma merem setengah jam. Biasanya gw nih yang kebagian gak beruntung, hihihi. Jam 16, itu giliran makan sore Senja. Setelah itu mandi.

Abis mandi sore, ya maiiiiinnn aja sampai capek dan keringetan banget. Kadang-kadang sekitar jam 18 itu tidur setelah minum ASI. Bisa sampai pagi lagi, bisa juga ntar bangun jam 20-an, pas gw dan Hil pulang. Gw sih merasa bersyukur kalo Senja bangun lagi jam 20, karena bisa ketemu dan main-main sebentar. Tapi kalo enggak ya juga gapapa. Berarti bisa lebih lowong siapin makanan esok hari buat Senja. Bisa sekadar nurunin kubus-kubus makanan dari freezer, bisa juga ngukus dan ngeblender makanan buat persiapan beberapa hari berikutnya.

Berhubung sekarang Senja kalo sebelum jam 12 malam itu menyusui hampir tiap jam, alhasil gak ada waktu buat gw untuk meres ASI. Kalo pun ada, maka gw udah terlanjur ngantuk dan lebih memilih tidur ketimbang meres ASI sambil merem-melek.

Abis itu tidur deh gw dan Hil dan Senja. Besoknya ya berlanjut lagi seperti dari awal.

No comments: