Wednesday, July 23, 2008

Saatnya Mengganti Kado

Ini berawal dari percakapan setelah makan siang sama Nita dan Eci. Nita cerita soal adiknya yang akan segera melahirkan. Nita mau siap-siap beliin pompa ASI buat adiknya. Nita cerita juga soal maminya yang bilang,"Udah, nanti pakai susu formula aja biar praktis." Wah gak bener nih yang kayak gini-gini. Udah deh, paling tokcer, paling bersih, paling sehat, paling praktis dan paling murah meriah adalah ASI.

Dari situ gw dapet wangsit untuk mulai mengubah jenis kado buat perempuan yang baru melahirkan. Biasanya, yang dikado adalah si bayi, dengan baju, sepatu, topi, gendongan dan sebagainya. Kenapa bukan si ibunya yang dikasih kado ya? Kan si ibu juga sudah pontang-panting 9 bulan, belum lagi prosesi brojol yang meletihkan, rasanya pantas saja kalo si ibu ikutan dikasih kado.

                  

Secara gw adalah provokator ASI, maka mungkin besok lusa gw kasih kado peranti ASI ya. Tentu saja gak beliin pompanya karena itu kan relatif mahal. Sebagai starter kit ASI, hadiah itu akan berisi cooler bag plus botol-botol kaca buat wadah ASI dan blue ice. Rasanya ini awal yang cukup oke untuk meyakinkan si ibu untuk terus memberikan ASI pasca habisnya cuti melahirkan. Di dalamnya juga disertai beberapa catatan ringan soal pentingnya ASI, tips memerah, tips menyimpan ASI dan sebagainya. Kalo gak mau ribet yah beliin juga aja buku seputar ASI, kan banyak tuh di toko buku.

Soalnya kan kadang-kadang orang jadi gak teryakinkan buat ngasih ASI karena gak tau caranya. Kalo diomongin soal ASI beku, masih banyak yang bengong. Atau ngomongin soal memerah ASI di kantor, masih banyak yang melengos dan menganggap memberi susu formula itu praktis. Kalo diceritain soal botol kaca, sok-sokan gak tau di mana belinya. Kalo diobrolin soal blue ice, ntar bingung lagi itu apaan.

Sebenernya, informasi itu ada dan bertebaran, tinggal diniatin aja mau cari informasi itu atau enggak. Tapi yaaaahh lagi-lagi, keberuntungan ada di pihak gw yang tetap bisa akses internet selama cuti 3 bulan di rumah. Tentu saja gw harus berempati dengan mereka yang gak punya internet di rumah sehingga gak bisa mencari ilmu sampai ke Timbuktu (bosen kalo ke Cina).

Ah jadi gak sabar nunggu perempuan lain yang mau melahirkan. Gw udah punya starter kit ASI yang cucok sebagai kado perempuan-perempuan itu menempuh hidup baru sebagai Ibu ASI. Yippiee...

4 comments:

Anonymous said...

ide bagus dan sebetulnya... bisa dijual lho!!

elu bisa jadi pengusaha dengan berbisnis starter kit ini, promo lewat milis, blog dan pameran di acara-acara seminar.

tinggal cari investor deh, hehehe.

git

Anonymous said...

Asikk ... ada juga yang sepaham sama gw. Sejak selesai ASIX Feb 2008 kemarin, gw mantepin hati untuk ngasih kado botol kaca, cooler bag (tapi yang ini gue belinya di C4) sama blue icenya juga. Diselipin print-an sekelumit tentang ASI dan beberapa links yang berhubungan dengan ASI.
Semoga semakin banyak para ibu yang sadar ASIX dan terus ASI ya, Cit.
Salam kenal juga dari gw & Raikhal =)

Anonymous said...

Hai Jeng Lina, kawan baru nih dari milis mpasirumahan :)

Ahoy dah tadi siang imel-imelan sama Jeng Lina. Dari ngomongin soal ice cube trays, lalu ke bikin bubur, abis itu ke seorang kawan yang ternyata kita kenal bersama. Cihuy.

Nanti gw belajar bikin perkedel deh, hahahaha..

Shinta Octaviani said...

cit... bli botol kaca dimana sih? gue kok ga pernah nemu ya?

-shinta-