Thursday, July 17, 2008

Provokator ASI

Gw menikmati nih ‘profesi’ baru gw sebagai ‘provokator ASI’, seperti istilah yang dipakai kakak gw.

Tadi siang di kantor, gw nelfon Anton. Bapak dari anak laki-laki bernama Vico ini kurang menimba ilmu soal ASI. Dia kemakan isu ‘ASI gak cukup sehingga harus ditambah susu formula’. Dwoh. Gw langsung kebelet pengen menelfon Anton, ingin memberi pencerahan. Rupanya problem Anton itu karena si istri gak bisa menyusui di t*k*t sebelah kanan. Jadi setelah si bayi menyusui di kiri trus nangis, langsung deh dikasih susu formula. Grrrrrr. Langsung aja petuah-petuah ASI gw keluarin. T*k*t tuh pada dasarnya gak pernah betul-betul kosong dari ASI. Ibarat gelas bocor, tapi diisi terus, nah itu dia tuh analogi yang paling pas.

Lalu soal menyusui di sebelah kanan yang gak nyaman, gw menyarankan posisi tiduran. Anton langsung bingung. ‘Tiduran telentang gitu?’ Duile, emang istri lu kucing? Hihihihi. Pas gw bilang ‘itu lho, tiduran kayak Cleopatra’, Anton gak mudeng. Setelah gw deskripsikan posisi tubuh yang gw maksud, Anton akhirnya nyandak ‘Oooo kayak posisi putri duyung?’ Hahahah, ya ya ya betullll…

Sorenya, giliran Atik yang jadi sasaran. Atik dulu sekantor sama gw, sekarang dia jadi freelancer dan fixer buat media asing. Dia barusan melahirkan anak perempuan, bernama Maple [baca: me-pel, bukan map-le]. Sejauh ini bayinya Atik masih aman, belum kena susu formula karena Atik udah wanti-wanti sejak awal mau ngasih ASI eksklusif.

Nah kalo di kasus Atik, ‘penyakit’-nya ada di nyokapnya. Nyokap Atik persis seperti Anton, selalu dirundung kekhawatiran kalau ASI itu kurang. ‘Soalnya abis nyusu si bayi nangis terus, keki kali dia tengkinya udah kosong.’ Langsung aja gw keluarkan andelan gw,’Tante, tenang aja. Nangis tak melulu berarti laper, seperti juga mendung tak berarti hujan. Nangis kan bisa aja sekadar minta dipeluk dan disayang-sayang.’ Gw menengok ke Atik dan menenangkan dia, sambil bilang kalo lambung bayi itu cuma segede kelereng, jadi sungguh gak perlu takut ASI kurang.

Si nyokapnya Atik juga mengaku berpaham ‘praktis’. Ini maksudnya, kalau lagi bepergian ke luar rumah, biar praktis anaknya dikasih susu formula aja. Duileeeee… enggak banget deh yaw, Tante.

Nih ya. Kalo si ibunya yang lagi keluar rumah bareng si anak, gak ada yang ngalahin praktisnya ASI. Tinggal angkat kaos (atau buka kancing baju), singkap bra sedikit, voila… bayi pun makan dan minum. Praktis paling mentok. Nah kalo si ibu keluar rumah sementara si bayi di rumah, gak ada juga yang ngalahin kepraktisan menyiapkan ASI beku. Tinggal diangetin, tidak perlu (malah, tidak boleh) di atas kompor. Beda jauh dong sama geng susu formula yang mesti sterilin botol, siapin air panas, siapin susu, aduk-aduk, baru bisa dikasih. Duuuhh ribet deh aw. Jadi, siapa bilang susu formula lebih praktis?

Berhubung gw tadi jenguk Atik sepulang kerja, maka gw masih bawa perangkat ASI gw. Langsung aja gw kasih liat dan bikin simulasi dikit gimana menyiasati kerja sambil memerah ASI. Gw sekalian kasih liat tas cooler yang gw bawa berikut blue ice-nya. Sementara Hil juga terus berusaha meyakinkan si ibu juga kalo ASI tiada duanya dalam soal kepraktisan. Dia juga menyarankan food warmer, kalo gak pengen bolak-balik ngurusin air buat ngerendem ASI beku.

Fiuh, di saat-saat seperti ini, gw merasa sangat bersyukur punya pengetahuan yang cukup soal ASI. Kakak gw ngasih ASI ke Pelangi, sehingga nyokap bokap gw teryakinkan. Di rumah, selama cuti, gw masih bisa akses internet dan menimba ilmu soal ASI dari rupa-rupa sumber (babycenter, breastfeeding, La Leche League, ivillage, sehatgroup, dll). Ada juga si Ibu yang sigap belajar ngasih ASI ke Senja, termasuk ngajak main seharian bareng Salsa. Atau di luar lingkup keluarga, ada teman-teman seperjuangan ASI yang sama-sama ngerasain ups-and-downs-nya menyusui sambil bekerja: Bastina, Mirana dan M’Fia.

Dan above all, ada breasfeeding father paling ahoooyyy yaitu Hil kekasih hatiku tercinta. Muahmuahmuuaaahh!

Mari-mari. Ada yang perlu dicerahkan pikirannya soal ASI? Sini sama Tante!

2 comments:

Anonymous said...

mbak.... terima kasih ya turut menjadi pendukung asi. emang nggak gampang. saya sendiri sering banget suka nangis kalo dah capek sementara harus pompa krn harus mencukupi tabungan asi akibat sering banget travelling. bener banget asi nggak mungkin kurang, tapi memang orang blm bisa menerima kalo pendapat tersebut benar apalagi dengan gencarnya iklan sufor. hidup asi!

Rahadian P. Paramita said...

Hehehe... boleh tuh 'kekasihnya' kumpul-kumpul bikin kumpulan para Bapak Provokator ASI! Salam!