Monday, July 21, 2008

Pelangi Rusuh


Ini email dari kakak gw, cerita tentang Pelangi yang pekan depan umur setahun.

yang jelas pelangi sekarang lincah banget. kalo bobo, susah banget. maunya maiiiinnn terus. acara diboboin itu mulai maghrib, masuk kamar, lampu mati, disusuin. bukannya bobo, malah ngoceh dan gluntang gluntung. biasanya perlu 2 jam perjuangan baru deh dia ketiduran.

kalo bangun pagi banget, jam setengah enam atau jam enam. hari masih gelap, lampu taman aja masih nyala. dulu, kalo udah melek masih bisa diajak main di tempat tidur. dia paling suka colak-colek bapaknya, yang masih tertidur nyenyak.

sekarang begitu melek, minta menyusu terus minta turun dari tempat tidur supaya bisa main di luar. kalo kitanya ogah-ogahan, digabrukin, ditendang-tendang sampe kita bangun dan megangin dia yang maunya turun sendiri ke lantai.

jalan pagi di luar langsung nunjuk ke sepatu, minta jalan ke luar. diajak ibu rofa ke tukang sayur dan ke warung untuk belanja, abis itu makan, terus tidur pagi. bangun, makan buah sambil ngeliatin cucian muter-muter di mesin cuci. lalu maiiiiiiiiiinn terus sampai laper.

mainan yang udah ada kebanyakan lungsuran rifa. activity table, diutak-utik sampai bosen. piramida balok susun-susun, dibongkar, diberantakin. ada xylofon mini, diketok-ketok, rodanya diutalk-utik. telpon mainan dimain-mainin, bosen, ganti lagi sama bola. bola dia lempar, dikejar dengan merangkak, dilempar lagi, dikejar lagi...

abis itu merangkak ke kuda-kudaan, bekas punya rain. ayun-ayun, bosen. merangkak lagi ke beranda. mau baca buku, tunjuk-tunjuk gambar binatang. bosen, ganti buku. bosen, buku dibuang, ganti buku yang baru. terus turun dari kursi, berantakin majalah yang ditaro di bawah meja. merangkak lagi... diulang-ulang terus sampai bosen.

makan siang deh, terus main sebentar, ngantuk lalu bobo. abis itu maiiiiin lagi, sampai laper. makan buah, lalu jalan-jalan ke rumah tetangga atau ke taman d. kalo jalan-jalan, ngga mau lagi digendong, maunya pake sepatu dan tetah. biasanya sambil teriak-teriak.

"kakak" kalo ada anak kecil lewat. "jojojo", memanggil satpam yang namanya nurjo. "ngeeeeng" kalo pas pesawat lewat. "bah" kalo liat bola basket yang dimainin di taman. "gikgik gikgik" kalo liat anjing atau kucing lewat. babblingnya sih udah banyak, tapi masih pake bahasa planet.

pulang, siram-siram bunga di kebun sambil tunjuk-tunjuk kupu-kupu, lebah dan bekicot. "bah bah" kalo ada lebah, tangannya goyang-goyang niruin lebah terbang. "hiiiii" kalo liat bekicot. kalo di kebun tangannya suka nyamber, pegang bunga kembang sepatu merah dan diremes-remes deh.

mandi juga ngga mau diem. didudukin, eh berdiri. ya udah, digerujuk aja kepalanya. megap-megap deh, baru minta pegangin, terus mau duduk. disabun ngga bisa diem, sumbat bak diutak-utik sampai copot jadi airnya keluar. dimarahin abis airnya kan keluar, nurut sih, sumbatnya dipasang lagi.

abis itu gantian, main bola dan bebek. dilempar-lempar keluar bak. biar diem, tangannya dikasih sabun aja biar bisa nyabunin dada dan perutnya sendiri. abis itu ngga mau keluar bak, harus dibujukin dulu baru mau diangkat.

pake baju juga harus gulat. padahal udah dikasih mainan biar anteng. baru dibedakin, berbalik dan merangkak. tarik lagi, ditidurin, dipegangin supaya dikasih minyak telon, eh protes. dipiting deh, biar baju bisa masuk. wah kesel dia. biasanya dia udah uget-uget ngga sabar. padahal baju belum dikancing tuh.

terus makan malam. abis itu main tenang, ceritanyaaaaa... ngga tenang juga ternyata, rusuh juga. biasa deh, merangkak. ngaca di cermin, sambil cerminnya dipukul-pukul dan diciumin. minta naik tempat tidur. udah naik, minta turun dari tempat tidur. naik boks, abis itu turun lagi. sampai haus, menyusu.

menyusu juga ngga tenang ya. menyusu, lepas dan gulang-guling. terus menyusu lagi, denger anjing menggonggong, lepas, ketawa-tawa dan nunjuk ke luar. menyusu lagi, kakinya diangkat-angkat, lepas. menyusu lagi, bundanya dicolok-colok idungnya, mulutnya, matanya, terus gulang-guling lagi.

belum lagi karena mulai tumbuh gigi, suka ... mengigit! haduuuuuhhhh... gigi empat bouuuw... pokoknya rasanya waktu berlalu dengan lambaaaaaattt... sampai akhirnya bobo tertidur.

Naga-naganya Senja juga kayak gitu tuh.. dwohh..

No comments: