Wednesday, July 2, 2008

Puree Kentang Beku


Demi menuntaskan rasa penasaran gw akan makanan bayi beku (atau makanan beku bayi?), maka kemarin malam gw dan Hil membuat puree kentang untuk dibekukan. Tadinya sempet ragu-ragu, tapi setelah baca baca dan baca, termasuk baca yang ini, oke, kita bulatkan tekad kuatkan iman. Mari kita bikin puree kentang beku.

Caranya adalah dengan mengukus kentang di rice cooker, lalu diblender sampai halus. Hmmm baunya nyam nyam banget deh. Bawaannya pengen langsung dicampur sama brokoli dan keju leleh, brrrr pasti uendang pisan.

Setelah itu, dimasukkan dalam ice cube trays (ini bahasa Indonesianya apa ya?) , ditutup pakai bungkus plastik (Cling Wrap, katanya jangan pakai yang bahannya kertas timah), lalu dimasukin deh ke freezer. Besok paginya, udah beku dan tinggal dipindahin ke wadah. Kalo kata artikel-artikel di internet sih masukin ke kantong ziploc. Karena gak punya, jadinya dimasukkin ke wadah plastik yang food grade dan freezer safe (halah banyak pisan bahasa Inggrisnya).

Tadi pagi, giliran Hil yang ngasih makan Senja. Sendirian, huhu, gw gak ikutan karena lagi nemenin Nita ke dokter, periksa pasca operasi tumor payudara karena kemarin terjadi perdarahan. Nah, menurut cerita Hil, tadi dia ngasih 4 cubes puree kentang yang sudah beku. Diangetin dulu lah yang jelas. Caranya adalah dengan memasukkan 4 kubus itu ke dalam botol kaca wadah ASI dari Carolus, lalu diangetin di food warmer, ditambahin sedikit air, sekitar sepertiganya. Abis itu diangetin deh, kalo gak salah sekitar setengah jam.

Ternyata jadinya banyak juga, apalagi setelah ditambah ASI. Kira-kira semangkok bayi itu rada penuh deh. Dan ajaibnya, yang disisain Senja cuma sedikit! Wuaaahhh hebat sekali makannya Nak. Kita harus menuruti saran dokter Eveline Selasa kemarin yah, yang bilang kalau porsi makan Senja sebaiknya ditambah karena pertambahan berat badannya kurang sesuai sama KMS. Untung saja Senja emang doyan makan, amin amin amin.

Dengan berhasilnya puree kentang beku ini, gw semakin tertantang untuk bikin lagi makanan beku lainnya. Hmm, mau bikin bubur beras putih ah... mau bikin bubur beras merah aahh... Nanti kan berarti tinggal dicampur saja dengan 'lauk'-nya berupa puree buah atau sayur. Aih, mantep pisan.

Ah gw berasa jago dah. Untung bikin makanan bayi gak pake garam, gula atau penyedap lainnya yah. Jadi gak ada kemungkinan rasanya ancur, atau keasinan, atau kemanisan, atau apa pun gitu. Hihihihi, asik, kalo gini mah gw bisa jadi koki handal! Cincay!

No comments: