Monday, July 7, 2008

Merancang Menu MPASI


Mumpung libur, gw puas-puasin baca berbagai artikel tentang resep MPASI dan gimana ngasi MPASI yang baik dan benar. Berbekal beberapa resep MPASI dari internet dan buku resep Wied Harry yang beli di Gramedia, gw bikin menu sebulan buat Senja.

Kenapa sebulan? Ini biar gw bisa memantau tiap minggu tuh gw memperkenalkan makanan apa saja buat Senja. Gw upayakan dalam tiap minggu ada sesuatu yang baru buat mulut Senja. Namanya juga eksperimen Senja, yah mudah-mudahan Senja doyan. Berhubung Senja udah mulai agak dini buat MPASI-nya, makanya ketika teng 6 bulan, gw udah mulai berani ngasi makan 2x sehari, gak lagi sekali sehari. Lagian aktivitas dan pergerakan Senja rusuh banget, kan mestinya butuh energi banyak.

Dari menu yang gw susun, gw bikin supaya makan pagi ada karbohidratnya sementara yang sore itu cukup buah saja. Belakangan gw meralat diri sendiri. Kayaknya yang sore dikasih karbohidrat gapapa juga kali ya. Kan makan tuh jam 10 pagi dan jam 16. Nah dari jam 16 sampai ketemu gw dan ASI kan juga rada lama, sementara itu Senja pasti tetap beraktivitas. Jadi ya sudah, gw kasih karbohidrat juga gapapa kali yak.

Kalo kata teori, satu makanan dicoba selama 2-3 hari biar ketauan alergi atau enggak sama itu makanan. Tapi ada artikel lain lagi yang mencontohkan rancangan menu buat bayi 6 bulan, dan itu tiap hari diganti. Lho jadi mana nih yang bener. Karena gw penasaran pengen segera nyobain banyak makanan buat Senja *lho kok gw* maka gw agak selang-seling dikit gitu. Kayak pepaya, udah ketauan gak berbahaya buat Senja, lalu bubur beras putih juga gapapa, jadi trus gw gabung atau gw sajikan dalam bentuk puree pepaya saja misalnya.

Tadinya sih niat mulianya gini. Yang karbohidrat dibekuin, lalu yang buah dan/atau sayur akan diblender di pagi hari, biar seger. Tapi berdasarkan pengalaman tadi pagi, gak ada deh ngeblender pagi-pagi. Tadi pagi tuh gw ngeblender wortel dan stres sendiri karena gak halus-halus.

Sebenernya gw aja kali yah yang dodol dengan prosesi ngeblender. Kan gw pake blender yang kecil, yang sejatinya adalah grinder buat bumbu itu lho. Nah, asumsi gw, ini kan blender kering plus gw ingin mempertahankan sebanyak mungkin serat dari wortel yang gw blender, jadilah gw menggunakan sedikit air. Lah jadinya si potongan wortel kagak gerak, dokem-dokem wae sementara pisau blender berputar dengan cepat. Karena itulah, ngeblender wortel itu jadinya gak halus-halus.

Setelah kejadian itu, duh, gak ada deh ngeblender pagi-pagi. Mendingan semua hal yang berhubungan dengan makanan Senja digarap malam hari, sehingga besok paginya udah tinggal urusan menyajikan makanan.

Lalu pikir punya pikir, kayaknya gw edan juga kali ya kalo tiap malem mesti ngeblender. Mending kalo gw pulang dalam waktu yang pas Senja masih bangun, jadi gapapa kalo gw berisik ngeblender gitu. Lah kalo doi dah tidur kan kasian. Lagian kan bukan Senja doang yang butuh tidur toooh... kan gw dan Hil juga butuh bobo yang baik dan benar, ya kan? Jadilah demi kemaslahatan kita bersama, hayoh kita bekukan saja semuanya!

Jadi sekarang di freezer ada empat kotak wadah berisi makanan beku: kentang, beras merah, beras putih dan puree wortel. Hore!

No comments: