Sunday, February 3, 2008

Popok Kain atau Pampers

Dulu pas awal-awal, gw bersikukuh pakai popok kain buat Senja. Pampers hanya dipakai pada malam hari. Tapi setelah itu dijalani, baru ketauan lah kalo bagian pantat Senja jadi rada merah-merah, ruam popok. Abis itu kalo pas menyusui tengah malam itu kan pasti dicek pampersnya. Nah abis ngecek tuh bawaannya ngeganti pampers. Kan kasian Senja kalo gak diganti gitu. Setelah diitung-itung, lah ini kok jumlah ngeganti pampers sama dengan jumlah ngeganti popok kain? Berhubung pampers itu dibayar pake duit, jadilah kita beralih ke popok kain lagi. Alasan non-duitnya sih biar pantat Senja juga gak merah-merah.

Jadilah sempet beberapa lama kita konsisten pake popok kain. Mau ada angin kek, ujan kek, tetep aja pake popok kain. Gak peduli berapa kali dipipisin, tempat tidur kena pup dikit, atau berbagai insiden lainnya, biar aja. Teteup popok kain. Efeknya sih lumayan, pantat Senja mulus seperti semula, gak merah-merah lagi. Ini tentunya juga didukung dengan tidak digunakannya lagi tisu basah untuk bersihin bekas pipis dan pup Senja.

Lalu datanglah 1 Februari berikut banjirnya. Mau gak mau modus popok kain mesti diganti. Namanya aja lagi ngungsi. Gak sanggup deh kalo mesti ganti popok setiap saat karena Senja pipis atau pup. Gak ada tenaga buat nyuci karena tenaga sebaiknya diarahkan ke pembersihan rumah pasca banjir, ya toh? Jadilah kita beralih ke moda pampers secara lebih teratur: pagi-siang-sore-malam.

Dari situ, baru deh mulai kita berkelana menjajal satu merk pampers ke merk lainnya. Hil terpesona dengan pampers Nepia, pampers newborn yang pertama kali kita beli buat Senja. Soalnya perekatnya tuh merekat dengan baik, tapi gak keliatan kayak selotip banget gitu lhow. Sialnya, gak pernah nemu merk Nepia di supermarket. Mungkin cuma ada di toko bayi kali ye, karena kita dulu aja belinya di Toko Ocha.

Abis itu dijajal lah satu per satu merk lainnya. Pampers lokal produk Carefour tentu saja dijajal dong, secara dia ngakunya paling murah gitu. Yang ini lumayan lah, walaupun perekatnya kayak selotip banget juga. Abis itu jajal merk Baby Love. Kurang memuaskan. Kalo gw bilang alesannya karena pembungkus luarnya kurang oke, gak rasional dongs, hihihi. Tapi bener deh, bungkus luarnya gak oke banget. Alasan lain, pas suatu kali Senja pup segambreng, agak meluber gitu ke samping. Sebenernya sih bisa aja ini bukan karena kualitasnya yang rendah. Senja pakenya pampers ukuran M yang untuk berat badan di atas 5 kilo, sementara beratnya baru 4,7 kilo, hihihi.

Merk yang sekarang dipake itu Soft Love. Gambar bungkusnya sih oke, salah satunya Daffy Duck versi cilik. Pampersnya sendiri kayak Nepia, dan perekatnya juga kayak gitu, gak terlalu kayak selotip gitu. Hil selalu berkeyakinan kalo perekat yang kayak Nepia atau Soft Love ini gak sakit kalo kena di kulit bayi. Ini sih keyakinan kita aja, gak tau deh apa kata Senja.

Yang jelas, setelah pake pampers, jumlah cucian baju Senja menurun drastis. Yang biasanya sehari bisa abis itu stok bedong satu laci, ini bisa aja gak kepake sama sekali. Apalagi sekarang setelah Senja beranjak dewasa *halah* dia gak lagi pake popok dan bedong tapi pake celana pendek. Lebih keren juga euy. Yang biasanya cucian popok segunung, ini ya udah gak ada sama sekali. Paling pampersnya aja yang cepet abis, huhuhu...

Dalam sehari Senja ganti pampers sekitar 5 kali. Pagi pas mandi, lalu jam 12 siang, jam 4 sore pas mandi, lalu jam 8 malam, lalu tengah malam. Berarti lama pakai satu pampers kira-kira 4 jam. Mudah-mudahan sih gak kelamaan itu pup dan pipis menemani titit Senja, hihihihi..

Mana yang lebih hemat duit dan ramah lingkungan ya? Kalo pake popok kain, jelas lebih murah, tapi keluar tenaga buat nyuci, beli deterjen dan pelembut, belum lagi limbah bekas deterjennya. Sementara kalo pake pampers, jelas lebih banyak keluar duit, minus tenaga nyuci. Limbah pampers berisi pup dan pipis bisa didaur ulang gak ya? Hmmm..

5 comments:

Anonymous said...

Popok sekali pakai (disposable diaper) seperti pampers baru bisa terurai setelah 500 tahun. Rata2 seorang anak dari bayi sampai 2 - 3 tahun menghasilkan sampah 7000 buah disposable diaper! Pakai popok kain jelas lebih ramah lingkungan. Popok kain sekarang sudah canggih loh.. seperti popok sekali pakai dan bisa dipakai sampai usia 2-3 tahun!

eva said...

mau coba alternatif lain yang lebih hemat bun..?? sekarang ada semacam pampers tapi dari kain, jadi bisa dicuci. untuk lebih detail mampir aja ke http://butikwarnawarni.multiply.com

Sitha said...

Kayaknya di Indonesia hrs ada deterjen yg ramah lingkungan deh. Apa udah ada ya? Kl concern-nya di listrik, air dan tenaga pas nyuci, setahu saya, dgn pakai mesin cuci yang bisa menghemat air & energi, cukup membantu. Dan listrik yg digunakan utk memproduksi dispo diaper itu luar biasa besarnya.
Spy bedong ngga kena air seni bayi, mungkin sebaiknya dipakaikan celana proteksi yg tahan air.
Spt kata racheline di atas, dispo diaper itu terurainya luamaa banget, sementara bayi pakai popok itu setiap hari. Ada juga pertimbangan kesehatannya, terutama utk bayi cowok. Kapan2 saya terjemahin deh buku panduan saya ttg popok kain, biar berguna buat banyak orang.

Unknown said...

kalo saya sih sekarang mulai beralih ke semacam pampers yg bisa dicuci, bhnnya dari kain yg bs menyerap air, biasanya kalo di toko2 bayi dia nyebutnya celana plastik, yg ada 'pampers'nya, harganya skitar 15rb-25rb, kmrn temen suami ada yg promo model ky gtu merek zige zag,tp harganya mahal bgt 60rb-80rb per celana&pampersnya, udah coba hasilnya lumayan bgt, bisa hemat uang bwt beli pampers perbulan plus ngurangin limbah lingkungan, bisa tahan skitar 4-5 jam

skumar said...

thanks for sharing this wonderful post