Thursday, February 21, 2008

Ngemut

Sejak Februari, Senja mulai dibiasakan minum pakai soft cup setiap hari. Bisa cuma sekali, bisa juga dua kali. Sejauh ini pakai soft cup maksimal dua kali. Ini bagian dari latihan dan drama 'pura-puranya gak ada di rumah' buat persiapan kalo gw kerja lagi ntar.

Setelah beberapa kali percobaan dan melihat gimana reaksi Senja dengan soft cup, rasanya sih lancar aja. Yang penting, mood Senja mesti baik dan bahagia pas dikasih ASI perahan. Misalnya, jangan dibangunin paksa buat minum. Jangan juga membuat dia terlalu lapar sehingga nangis minta ASI. Nah bingung kan. Kalo dia tidur melolo trus bangun nangis karena laper gimana dwongs? Huehuheu.

Selain mood harus baik adanya, yang ngasih ASI perahan juga mesti ngoceeeehh tiada henti. Itu bisa membantu Senja fokus ke pemberian susu dan tangannya gak ikutan pengen megang soft cup. Si pemberi ASI bisa duduk di kursi, bisa juga sambil ngegendong Senja. Dua-duanya sih oke aja, yang penting setia ngoceh melulu ajah.

Nah yang bandel tuh karena Senja suka ketiduran kalo minum susu pakai soft cup. Entah bener ketiduran atau upaya ngambek karena minum pakai gelas, gak langsung dari t*k*t. Jadilah baru satu ronde, tiba-tiba udah merem aja. Ditaro di box, eh lima menit kemudian bangun lagi. Baru deh bisa mulai ronde berikutnya.

Bandelnya tuh, kalo abis minum satu ronde, trus ketiduran, udah gak ada kesempatan deh itu susu masuk ke mulut Senja. Mata merem, mulutnya dikatup rapat-rapat, bibir bawah didowerin, diem. Kalo pun ada susu yang berhasil masuk, maka itu cuma akan diemut doang. Idungnya mesti disenggol-senggol dikit dulu baru tuh susu yang diemut dibiarkan masuk ke perut. Kalo enggak, ya sedikit demi sedikit susu yang diemut keluar lagi dari mulut.

Pikir-pikir, kata nyokap dulu gw paling demen ngemut. Pas udah rada gede sih, ngemut nasi. Kan enak yah nasi kalo diemut, rasanya jadi manis. Lah sekarang jadi karma deh. Senja ikut-ikutan ngemut juga, dari usia yang sangat dini pula.. huhuhu...

No comments: