Wednesday, February 13, 2008

Imunisasi Lagi

Tadi Senja imunisasi lagi. Kali ini imunisasi BCG dan Polio (1), masih di BKIA Carolus.

Pas masih nunggu antrian, gw membiarkan Hil menggendong Senja terus. Biarin deh, kali ini giliran dia megangin Senja pas mau disuntik. Sebelumnya kan udah tuh giliran gw. Gantian dong biar adil. Pas Hil masih gendong-gendong Senja gitu, ada seorang bapak yang ngeliatin Hil terus. Lalu dia nanya,"Anaknya umur berapa?" Bla bla bla gitu, anaknya si bapak umurnya 2 bulan. Beda tipis lah sama Senja. Lalu si bapak meneruskan dengan bilang,"Saya gak berani gendong anak saya." Waduh, you miss all the fun, euy!

Gak berapa lama, tibalah giliran Senja untuk diperiksa. Diperiksanya sama Suster Novi, suster yang gw cubit pas sesi melahirkan Senja (setelah dicubit, dia memekik 'Allah Bapa di surga!'). Berat badan 4650 gram, padahal kalo ditimbang di rumah udah 4800-an gitu. Heran, selalu aja beda. Panjangnya udah 56 senti lho! Ih hebring, udah tambah jangkung aja niy. Sementara lingkar kepalanya 38 senti. Sayangnya bulan lalu lupa minta ukur lingkar kepala, jadinya gak bisa dibandingin deh.


Abis itu imunisasi deh. Yang pertama polio, itu kan oral doang. Lalu suntik BCG untuk mencegah penyakit TBC. Suntik BCG itu dilakukan di lengan kanan atas, lalu 4-6 minggu kemudian akan menimbulkan bekas luka parut. Karena ini giliran Hil untuk megang Senja, uhuy, hajar bleh! Senja langsung dimiringin, lengannya dipegang erat-erat supaya gak gerak, lalu cussss disuntik deh. Kontan dibayar Senja dengan tangisan kejer.

Nyuntiknya itu emang gak sampe masuk banget, tapi dibawah kulit. Obatnya masuk sih, keliatan ada gelembung putih gitu. Tapi karena Senja nangis dan alhasil gerak-gerak terus, jadilah rada berdarah gitu pas disuntik. Huhuhu kecian kamu nak..

Nah bulan depan itu jadwalnya imunisasi DPT. Imunisasi DPT ini punya efek samping yaitu demam. Udah ada imunisasi DPT yang jenis infantrix, yaitu yang gak menyebabkan demam, namanya DPaT. Sementara imunisasi DPT itu gak ada yang sorangan wae, adanya yang kombo, gabung sama Hepatitis B. Jadi si imunisasi DPT dan Hepatitis B itu bersatu padu selama tiga dosis, dari awal sampai akhir. Kalo dari awal udah mulai pakai kombo, ya harus pakai kombo sampai habis gitu. Secara harga, DPaT itu lebih mahal dibandingkan yang kombo. Di BKIA, gak ada yang DPT sorangan wae itu.

Siyalnya, bulan lalu Senja udah terlanjur imunisasi Hepatitis B. Jadi kalo nekat pake yang kombo untuk bulan depan, demi mendapatkan harga murah, artinya Senja bakal kelebihan imunisasi Hepatitis B. Gak baik juga kalo gitu caranya. Dengan begitu gw mau gak mau mesti pake yang DPaT itu, atau menemukan DPT di tempat lain. Alasan lain, gw itu kan statusnya HBsAg positif, jadi disarankan supaya Senja dapat imunisasi Hepatitis B-nya tersendiri, bukan yang kombo. Sayang gw lupa nanya, emangnya apa beda Hepatitis B yang tersendiri dibandingkan yang kombo, emangnya dosisnya dikurangin gitu? Gak mungkin dong yah.

Untung juga sebenernya kalo Senja mesti pakai yang DPaT, karena gak menyebabkan demam. Tapi si suster langsung pasang tampang 'DPaT mahal lho' setiap kali ngomongin soal DPaT. Penasaran dong gw, seberapa mahal sih?

Rupanya, DPT yang kombo (gabung dengan Hepatitis B) harganya 25 ribu perak. Sementara yang DPaT, tau berapa coba? Tebak deh. Eng ing eng. Dua ratus tujuh puluh satu ribu perak! 271 ribu! Astaganagaaaaa...

Dan imunisasi DPT itu ada 5 kali... Huhuhuhu biyooo...

2 comments:

Andibachtiar Yusuf said...

dikasi nama senja biar gedenya jago dugem ya?

Anonymous said...

Biarin mahal, dek.. Pokoknya jangan kelebihan masukin kimiawi ke badan cucu gw yang guanteng bin mancung itu. Please, please, pleaseeeee.... -Eyang T-