Friday, February 8, 2008

Menghitung Kebutuhan ASI


Ini adalah salah satu pertanyaan gw yang sebelumnya gak pernah bisa terjawab.

Pernah nanya ke DSA gw, dr Evelin, dia bilang, ASI itu gak bisa ditakar-takar. Ya iya lah yah. Gimana juga ngitungnya. Daya hisap bayi dan produksi ASI tiap ibu kan beda-beda, dan kalo bayi minum ASI ya langsung masuk ke badannya. Paling banter keliatan ASI-nya cukup atau enggak ya dari pertambahan berat badan. Tapi berapa banyak yang diminum tiap kali menghisap, ya mana tahu.

Pertanyaan ini pernah juga gw ajuin pas program radionya Eci, Keluarga Sehat, lagi bahas soal ASI. Jawabannya sama kayak jawaban DSA. Huhuhu.
Padahal pertanyaan ini sejatinya penting banget. Mengingat gw udah mulai mompa ASI, dan hasil perahan itu akan dikasih ke Senja pas gw ngantor kelak, tentu gw mesti tau berapa besar kebutuhan Senja setiap kali minum. Ini buat gw waspada aja gitu lho. Kalo tiba-tiba tiap minum Senja butuh 150ml, kan gempor euy, berarti gw mesti nyetok dari jauuuhh jauuuhhh hari sebelumnya.

Suatu hari gw SMS Mbak, karena dia kan udah sering ninggalin Pelangi dengan ASI perahan. Berapa banyak stok yang dia siapin buat Pelangi sekali minum? Dari jawaban itu gw berharap bisa bikin ancer-ancer gitu. Ah ternyata kakak gw punya jawaban persisssss seperti yang gw butuhkan.

Jawabannya ada di sini.

Mari kita berhitung. Senja beratnya 4.7 kilogram, berarti 10.3 pounds. Abis itu dikali 2,5 sampai 3, maka kita dapet angka 25,75 dan 30.9. Dalam sehari Senja kira-kira minum sebanyak 10-12 kali. Berarti setiap kali minum Senja butuh 2,14 sampai 2,5 oz alias 63-74 ml. Yah patokan amannya sekitar 70 ml deh.

Nah kalo ada angkanya gini kan enak! Biar pasti gitu lho berapa target gw kalo mompa ASI kelak di kantor. Kalo ASI-nya cukup kan, muka Senja yang puas kayak begitu bisa tercapai...

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih Mamanya Senja, tips anda sangat membantu saya dalam memberikan yg terbaik untuk si buah hati.