Friday, February 15, 2008

Melatih Salsa


Yang paling ribet dari seputar meninggalkan Senja di rumah sendirian adalah menyiapkan Salsa.

Sejak jauh-jauh hari kita emang udah menahbiskan Salsa untuk memainkan peran jadi kakak yang baik. Dari itunya doang sih lancar, tapi pas praktik sehari-harinya yang masih suka ribet. Apalagi di umur dia yang udah 5 tahun itu, dia udah mulai sensi, suka tersinggung, dan mulai mengekspresikan rasa sebelnya dengan jelas. Sialnya lagi dia sering nonton sinetron, jadilah omongan dia suka tiba-tiba kasar karena niru tontonan tipi.

Kayak kemarin tuh pas latihan ninggal Senja pura-puranya bertigaan doang di rumah bareng Ibu dan Salsa. Dari jam 12 sampai jam 2 sih aman karena Salsa tidur siang, jadi Ibu aman tentram. Abis dia bangun, mulai deh agak rawan. Tapi kan gw gak bisa membantu, kan ceritanya gw gak di rumah.

Mula-mula Salsa mewek ngambek karena sore-sore pengen makan roti abon. Ya di rumah gak ada dong, mesti beli dulu di toko roti depan. Tapi tentu saja Ibu gak bisa nemenin ke depan, kan lagi sama Senja. Ngambek lah dia. Ibu berhasil membujuk dengan meminta Salsa nunggu Bapak untuk ke toko roti depan. Lancar.

Nah pas mandi sore, ceritanya gw udah pulang lagi ke rumah. Tadinya sih skenario awal adalah gw gak ada di rumah sampai jam mandi sore usai. Tapi karena Senja lagi agak rewel, ya sudah, gw 'pulang' aja deh. Rasanya latihan siang tadi udah lumayan, karena Senja dua kali minum pakai gelas sama Ibu. Itu pun rada 'berantem' karena pertama Senja molor tapi dibangunin paksa, kedua Senja terlanjur kelaperan.

Pas gw lagi mandiin Senja, Ibu mau bantuin. Kebetulan Salsa udah beli roti sama Bapak. Tapi kemudian dia ngedeketin Ibu dan bilang,"Mau makan roti. Maunya sama Ibu."

Lah gawat. Kayak gini-gini nih yang bisa bikin ribet. Salsa masih ketergantungan sama Ibu.

Karena itulah pas abis mandiin Senja, gw ngajak ngobrol Salsa, berdua. Business talk ceritanya. Sekadar mengkaji bagaimana hasil latian hari ini.

C: Salsa hari ini jadi kakak yang baik gak?
S: Aku kan tidur...
C: Nah abis bangun, Salsa jadi kakak yang baik gak?
S: (diem, ngeliat ke arah lain)
C: Tadi abis Salsa bangun, aku denger Salsa maunya makan roti sama Ibu. Kalo saat itu Ibu lagi mandiin Senja, gimana?
S: (diem)
C: Salsa kan janji jadi kakak yang baik. Jadi Salsa sabar ya kalo Ibu lagi gendong Senja (Salsa ngerti gak ya konsep 'sabar' huhuhu). Salsa tunggu giliran aja. Kan Salsa udah besar, udah bisa ngapa-ngapain sendiri.

Nah abis itu dia mulai deh dengan sederetan perumpamaan.

- Kalo Senja nangis trus maunya sama Mbak Citra, gimana?
- Kalo Senja mau nyusu trus maunya sama Mbak Citra, gimana?
- Kalo Ibu lagi bantuin Salsa bikin PR trus Senja nangis, gimana?
- Kalo Ibu gak mau tolongin Senja gimana?
- Kalo di rumah gak ada Mbak Citra, gak ada Om Hilman, gak ada Mbah Laki, gak ada Mbah Puan, gak ada Bapak, gimana?
- Kalo gak ada Ibu juga gimana?
- Kalo aku sendirian sama Senja, gimana?
- Kalo aku kepengen roti di toko depan, gimana? Nanti Senja sama siapa?

Pusssiiinggg dah gw ngejawabin itu satu per satu. Gw sautin aja setiap 'kalau-kalau' yang diajuin sama Salsa. Pokoknya dia mesti dikondisikan sedemikian rupa supaya gak nggerecokin Ibu kalo lagi pegang Senja. Ibu juga mesti disiapkan lahir batin untuk ngurus Senja yang masih bayi dan Salsa yang 5 tahun ini pada saat bersamaan. Salsa juga mesti terus dijaga mood-nya supaya terus positif terhadap Senja, supaya gak iri dan gak malah jadi sebel sama Senja gitu.

Dwoh, gw udah kayak punya dua anak begeneh...

1 comment:

Anonymous said...

Gw BENCI banget.
BENCI karena gw sakit tenggorokan udah lebih dari dua minggu. Berarti gw gak gendong itu laki mancung imut cerewet udah lebih dari dua minggu.
KANGEN niihhh...mana pipinya udah mulai gembil... Duh, lutu na... Gw yakin, beberapa minggu lagi, jawaban ixy akan berubah tentang Senja dan Pelangi.. Titip cium, dongggg....
--Eyang T--