Friday, February 8, 2008

Mompa ASI


Sejak hamil, gw udah memantapkan diri untuk ngasih ASI eksklusif kelak. Salah satu peranti yang gw butuhkan untuk mendukung cita-cita itu tentulah sebuah pompa ASI.

Tak dinyana tak diduga, Eci dan Nita berbaik hati sekali ngasih kado pompa ASI buat gw. Merknya Little giant, pompa asi elektrik. Waduh mantep, seperti yang gw inginkan nih! Setelah gw makin piawai dengan memerah manual dengan tangan, gw mulai jajal pake pompa elektrik ini.

Bentuknya sih seperti lazimnya pompa elektrik gitu. Ada corongnya, ada mesinnya, terus ada botolnya. Tapi ini pompa rada ajaib. Ngakunya kan pompa elektrik tuh, logikanya gw gak usah ngapa-ngapain dong. Mesinnya aja yang kerja. Lah namanya aja pompa elektrik. Tinggal setel tombol ‘on’ abis itu tinggal mesinnya memompa t*k*t deh. Gitu kan? Nah rupanya tak begitu pengertian dari si Raksasa Kecil alias Little Giant.

Tombol ‘on’ udah dinyalain nih. Mesinnya nyala, ngeng ngeng ngeng. Tapi trus ada satu tombol kecil yang harus gw tekan-lepas secara terus menerus. Naahh kan ingkar janji, katanya elektrik, kok gw masih perlu kerja juga? Pegel juga lho bow telunjuk gw. Bayanginnya gini deh, kayak megang pistol lalu jari telunjuk kan ada di pelatuk tuh. Nah ini jari telunjuk ada di tombol, lalu harus tekan-lepas terus menerus. Semenit dua menit sih gapapa, kalo 15 menit mesti gitu kan bisa-bisa abis selesai mompa ASI gw gak bisa ngetik (kan ceritanya di kantor gituh).

Kalo kata buku manual, tombol itu ditekan-dilepas sesuai daya hisap si bayi. Senja itu kan menghisapnya kuat dan cepet, dengan hitungan 2/2 *halah* Karena kata manual mesti meniru daya hisap bayi, jadi itu tombol gw tekan-lepas dengan cepat dong. Ealah, malah gak keluar. Idih edun. Jadi pegimana toh maunya?

Semula gw pikir karena produksi ASI gw aja yang masih sedikit jadinya gak keluar meskipun udah pake pompa elektrik. Gw suruh kakak gw jajal dong. Dengan pompa elektrik Medela, kakak gw bisa mompa sekitar 100-120 ml per sesi pompa. Widih, banyak kan tuh. Gw suruh deh dia jajal pake si Little Giant ini. Eh ajaib. Gak keluar! Keluar cuma pas di sedotan pertama, tapi abis itu kagak ada pergerakan. Gak ada yang keluar sama sekali. Gak muksin dongs, secara produksi ASI kakak gw banyak (terbukti di Pelangi yang sekarang beratnya 10 kilo di usia 6 bulan).

Jadi ini yang salah produksi ASI gw atau pompanya?

Gw ada di fase denial pompa ASI ini cukup lama. Rasanya kok sayang banget kado dari Eci-Nita kalo gak bisa digunakan begitu aja. Kayak gak berterima kasih gitu lhow, huhuhu maafkan akyu. Tapi setelah menggoogle, ternyata ya emang ada aja pompa ASI yang gak cocok, bikin sakit, dll. Tentu saja beda merk untuk orang yang berlainan. Gw sempet juga bersikukuh mencari informasi soal pompa Little Giant ini. Tapi untuk yang satu ini, Google gagal memenuhi keinginan gw. Gak ada informasi gitu soal si Little Giant.

Pas gw iseng browsing di milis ayahbunda atau apa gitu, baru deh ketemu satu orang yang pake pompa ASI merk Little Giant. Ternyata pompa merk ini emang jarang dijual di toko, mungkin itu sebabnya Google tak menemukan informasi soal itu. Tapi soal bagaimana kualitas si barang ini, teteup jadi misteri sampe sekarang.

Walaupun udah browsing kanan kiri gitu, gw tetep aja sempet bertahan dengan si Little Giant. Gw coba sampai beberapa kali lagi, teteup aja gak keluar. Udah setengah jam telunjuk kanan dan kiri gw ganti-gantian mencet, tetep aja yang keluar dikiiiiiiittttt banget. Terakhir malah bikin t*k*t gw berasa gak enak. Berasa kayak keteken gitu. Mestinya kan pompa ASI gak bikin kita berasa kayak gitu toh?

Akhirnya nyokap turun tangan. Dia beliin gw pompa ASI merk Medela, persis seperti yang dulu dia beliin buat Mbak. Ini memang merk yang direkomendasikan oleh banyak orang, juga dipakai di banyak rumah sakit. Harganya emang maaayyyaann deeeh. Tapi emang terbukti tokcer. Pompa ASI mini electric Medela betul-betul memenuhi janjinya sebagai pompa elektrik, karena gw gak perlu kerja apa pun. Cukup tempelin corong di t*k*t, geser tombol ke ‘start’, ngeng ngeng ngeng kerja deh itu pompa. Gw bisa sambil nonton DVD, sambil baca dan ngerjain yang lain. Kalo gw pakein batere, gw bisa mompa ASI sambil ngepel kali ye, hihihihi..

Jadi dengan postingan ini, gw berterima kasih sekaligus minta maaf sama Eci dan Nita karena gak bisa menggunakan pompa ASI yang kalian kasih buat kado gw itu. Huhuhu, padahal itu satu-satunya kado buat gw diantara kado-kado lainnya yang tentu saja buat Senja. Giliran dapet kado, malah gak bisa dipake, huhuhu.
Hari ini, gw menorehkan rekor terbaru dalam perolehan ASI dengan pompa Medela: 100 ml! Horeeeee...

No comments: