Wednesday, February 20, 2008

Belum Pup


Senja belum pup sejak hari Minggu kemarin. Ini pun kalo itungan gw gak salah ya. Kemarin-kemarin emang sempet Senja gak pup 1-2 hari, sejak itu gw nyatet di agenda seputar jadwal pup-nya. Kebiasaannya kemarin-kemarin sih pup sekali sehari, tapi sekali pup, langsung jebrooott banyak abisssss..

Nah kali ini lebih mengkhawatirkan karena rasa-rasanya sih dari hari Minggu lalu Senja gak pup.
Lagi-lagi siy gw tenang-tenang aja ya. Soalnya Senja gak keliatan tersiksa kembung atau apa pun itu. Kata Hil, tunggu sampai hari Jumat atau Sabtu, kalo belum pup juga, boleh lah kita mengunjungi dokter anak atau BKIA. Soalnya bidan di BKIA pernah bilang kalo maksimal bayi gak pup sekitar seminggu lah. Nyokap gw lebih parno. Apalagi sekarang berat Senja kan 5 kilo. Dia khawatir, berat segitu tuh berat 'katrolan' karena Senja belum pup gitu.

Demi menghilangkan rasa khawatir, dan karena gak ada dokter spesialis anak di kalangan keluarga, marilah kita berpaling ke google. Situs pertama yang gw temukan bikin parno. Katanya mesti khawatir ada kelainan pada usus besar, yang ujung-ujungnya usus besar si bayi bisa aja mesti dioperasi. Haduh bow, ngeri amat...

Untungnya gw segera menemukan situs kedua. Ini jelas-jelas lebih melegakan karena katanya emang wajar untuk bayi di atas umur 6 minggu untuk jarang-jarang pup. Ini artinya ASI diserap seluruh dan seutuhnya. Aaahh leganya. Situs yang ini juga menjelaskan banyak hal yang masuk kategori normal.

Semoga Senja baik-baik saja. Mudah-mudahan pijat tiap pagi cukup manjur untuk bikin Senja pingin pup.

1 comment:

Anonymous said...

ikhsan pernah gak pup beberapa hari pas masih bayi..trus dikasi seperempat sendok teh airnya pepaya. manjur. gak berapa lama keluar tuh, setan2 dari perutnya. ntar tanya aja ke dokternya, boleh gak. sapa tau emang butuh enzym dari pepaya itu...