Saturday, May 30, 2009

Voluntary Weaning

Malam ini Senja gak minta nyusu. Ya nggak minta aja. Gak gw alihkan perhatiannya, atau gw tolak permintaannya. Dia dusel-dusel pas mau tidur, trus ya abis itu tidur aja.

Padahal biasanya, sebelum tidur dia akan dusel-dusel gw. Trus nunjuk-nunjuk t*k*t sembari berkata ’Tu.. tu..’ pertanda minta nyusu. Kalo di siang hari, biasanya memang permintaan susu gw alihkan ke susu kedele. Tapi kalo malam sebelum tidur, bolehlah nyusu sama gw.

Tapi malam ini, ’Tu.. tu..’ itu gak keluar. Dan Senja langsung makblek tidur aja gitu. Gak pake ba-bi-bu.

Gw terpesona juga. Trus bingung abis itu mesti ngerasa apa.

Kalo gw baca di majalah atau di milis, kan biasanya ribettt banget urusan weaning. Antara si emaknya yang gak siap atau anaknya yang gak mau. Gw dan Senja gimana ya?

Gw sebenernya juga gak jelas, pinginnya menyapih Senja di usia berapa. Gw maunya siy Senja minum ASI sampai 2 tahun. Kalo baca di buku What to Expect, kalo menyapih di atas anak usia 2 tahun bakal lebih susah, terutama kalo anaknya gak mau. Hm, oke, gw tidak ingin mengalami itu tentunya.

Lalu gw baca di buku itu juga, coba aja kurangin frekwensi menyusui. Itu gw lakukan dengan mengurangi nyusu di siang hari, lalu itu hilang sama sekali. Lalu dibatesin hanya malam hari, dan biasanya Senja nyusu tepat sebelum tidur lalu bangun lagi sekitar pukul 22-23, lalu akan tidur lagi kalo disusuin. Tapi trus kemudian gw baca lagi kalo anak seumur Senja baiknya udah tidur bablas di malam hari, supaya dia bisa total istirahat. Kalo bangun lagi buat nyusu kan berarti ada interupsi dalam prosesi tidurnya. Sejak itu pula, terjadi proses penghentian menyusu di tengah malam, supaya Senja tidur lebih panjang dan itu terjadi.

Nah setelah semua itu dilalui, tinggal sisa satu porsi menyusui, yaitu pas mau tidur.

Itu berlangsung berapa lama ya, lupa ngitung. Tapi setiap hari begitu, sampai tiba saatnya gw ke Manila. Gw ke Manila itu dari Jumat malam sampai Kamis pagi. Berarti gw melewatkan 6 malam hari tanpa menyusui Senja. Dan sumpah mati gw sama sekali gak kepikiran untuk bawa pompa ASI misalnya untuk mompa pas di Manila. Sama sekali gak kepikiran.

Artinya, gw menyusui lagi dari Kamis malam, sampai Jumat malam berikutnya. Kira-kira seminggu, dan Sabtunya dia berhenti menyusu dengan sendirinya.

ASInya udah habis? Mungkin. Gw juga gak pernah ngecek.

Atau Senja sekadar sudah tidak berminat lagi pada proses menyusui? Bisa juga.

Jadi, apakah gw seperti emak-emak di majalah atau milis yang merasa takut kehilangan kemesraan dengan anaknya setelah berhenti menyusui? Untungnya enggak. Karena Senja jelas masih berminat ndusel-ndusel gw sedemikian rupa sehingga Hil iri, hehehe.

No comments: