Monday, May 4, 2009

Ke Dokter Lagi

Sore-sore pas Hil duluan nyampe rumah, dia bilang, Senja bentol-bentol lagi.

Wakwaw. Kenapa pula ini ya. Padahal makanan Senja sama persis kayak hari sebelumnya, yaitu sop sayuran. Gak pake daging sama sekali. Ups, pake kaldu daging deng, yang tanpa MSG itu lhoh. Dan kemarin sukses gak bentol-bentol. Tapi kenapa juga hari ini bentol ya?

Hm, gw jadi tergoda untuk tes alergi. Tapi yang gw tau dari nyokap, tes alergi itu per satuan. Jadi, tes alergi anu, lalu tes alergi itu, dan seterusnya. Gak ada satu tes alergi lalu ketauan oooo ini alergi anu, anu dan anu. Huhuhu. Dan mahal pula harga satuan tesnya, yaitu Rp 240 ribu. Wakwakdut.

Oke. Hari ini kita ke dokter lagi deh. Gw penasaran aja. Sok berasa gak sreg aja karena sebelumnya ke dokter itu bukan ketemu dr Eveline, tapi sama dokter lain. Pingin memastikan ulang saja dengan dokter yang biasanya pegang Senja.

Senja dan Hil nyampe kantor lagi jam 17.30an dan kita langsun ke Carolus. Dapat nomor urut 10. Seperti biasa, pas timbang BB, Senja nangis kejer. Gak nyaman kali dia ya sama orang asing yang tiba-tiba deket-deket dia untuk nimbang berat badannya. Akhirnya, tampaknya, penimbangan BB pun gak berlangsung sempurna karena Senja gak mau duduk tenang. BB-nya tercatat 8300 gram. Huhuhu, mudah-mudahan itu gak bener karena BB Senja sebelumnya pas ke dokter itu 9100 gram. Kalo bener kan gaswat, berarti turunnya jauh banget.

Lalu dr Eveline pun memeriksa. Badannya Senja dipegang-pegang, tenggorokannya liat, punggungnya dilongok. Oke. Tentu Senja menangis, alhasil begitu selesai diperiksa, langsung diangkut keluar sama Hil. Gw yang berkonsultasi sama dr Eveline. Di buku catatan Senja, gw udah mencantumkan sederetan alergi seperti dilaporkan sebagian anggota keluarga Cipinang. Fiuh, rupanya banyak.

Apa yang diomongin dr Eveline sebetulnya sama aja dengan dokter sebelumnya. Bahwa betul, ini alergi, dan harus dicari tahu penyebabnya secara manual. Karena masih nyusu sama gw, dr Eveline meminta gw juga memperhatikan makanan gw. Lalu, coba eliminir tomat, kadang tomat bikin alergi juga. Lalu jangan lupa perhatikan udara dan lingkungan. Soal tes alergi, dia tidak menyarankan. Selain karena mahal, yang dicek itu, kata dia ya, hanya di luarnya saja, jadi gak pasti persis juga merujuk ke sesuatu yang jadi penyebab alerginya.

Lalu gw berbagi concern gw soal autism dan alergi. Gw menanyakan soal hubungan vice versa itu. Dr Eveline bilang, anak-anak alergi memang lebih berpotensi untuk autis. Kalo gak salah penjelasannya gini ya: reaksi alergi itu kan terjadi karena ada sesuatu yang ’salah’ di tubuh; yang mestinya reaksinya biasa aja, eh ini gak biasa. Nah, si reaksi ini kan diatur sama otak, which means, bisa jadi ada sesuatu dengan otaknya. Kira-kira gitu yang gw inget.

Dr Eveline gak ngasih resep lagi. Dia bilang, kasih aja kalo Senja rewel atau bentolnya banyak. Cukup dikasih obat alerginya aja, gak perlu yang vitaminnya. Ah emang deh si dokter ini makin lama makin cihuy, hihihi.

Baiklah kalau begitu. Senja, kita masih akan mencari tahu apa sejatinya alergen kamu ya. Sabar-sabar di boncengan yaaaa.. Seperti kata Tante Hani,’Cayyooo Senja, ayo lawan alergi-alergi itu!’

No comments: