Sunday, June 8, 2008

Roaming Internasional


Salah satu persiapan yang wajib dilakukan untuk ke Malaysia adalah aktivasi roaming internasional. Gw udah meng-google, as always, dan menemukan jawabannya untuk XL (Hil) dan Mentari (gw).

Hil udah cek ke customer service XL di 818 dan jawabannya, harus pergi ke salah satu counter XL. Untungnya ada di deket rumah, di Pangkalan Jati.

Nah kalo gw, kalo menurut website Mentari sih cukup kirim SMS ke nomor 888, dengan isi SMS: IR. International Roaming. Nah gw cobain dong. Dua kali kirim, dua kali juga ada delivery report: not delivered. Lah pegimana iki.

Barusan gw telfon ke customer service Mentari di nomor 543-88888 dan nanya soal roaming international. Kata si Mas-nya, roaming intl di nomor gw udah aktif. Lho kok bisa? Apa sebetulnya SMS ke nomor 888 itu manjur? Enggak, bukan itu kata dia. Tapi, memang ada beberapa nomor Mentari yang beruntung sudah teraktivasi roaming intl-nya secara otomatis. Lhooo hebring sekali. Jarang-jarang gw beruntung untuk soal ginian *buktinya gak pernah dapet 10 juta dari berbotol-botol Nu Green Tea gw, hihihi*

Karena udah aktif secara otomatis, begitu sampai di Malaysia, gw tinggal matiin HP gw sesaat, lalu nyalain lagi. Ntar langsung nyambung sama temen jaringannya Mentari di Malaysia. Begitu juga kalo ntar gw balik ke Jakarta, matiin HP-nya bentar, trus nyalain lagi. Beres deh. Hohoho, gampang yak..

Nah, abis itu gw tanya dong soal tarif Mentari kalo gw terpaksaaaaa bangetttt mesti pake HP di sana. Begini penjelasan Mas-nya Mentari:
* Panggilan keluar untuk nomor Malaysia: Rp 8745 / 30 detik
* Panggilan keluar untuk nomor Indonesia: Rp 5825 / 30 detik
* Nerima panggilan dari mana pun: Rp 4730/30 detik
* SMS: Rp 3500

Waduuuuuuuu mahal pisan. Secara gw anak prabayar gitu, berarti mesti diisi banyak-banyak deh pulsanya. Awassss aja kalo sampe nelfon gw lama-lama. Gile, nerima telfon aja kok mahal pisan yak.

Berarti tinggal tunggu kejutan tarif XL selama di Malaysia nih. Huhuhu.

No comments: