Monday, June 2, 2008

Kecil-kecil Punya Paspor



Hari ini kita pagi-pagi ke Kantor Imigrasi. Sampai di sana, jam 8 kurang 10 menit. Hil ngecek ke satpam. Nama Kepala Kantor Imigrasi betul Pak Edi? Betul. Sudah datang? Sudah, barusan. Bisa masuk sekarang? Ntar, tunggu jam 8. Oke. Kebetulan, Senja masih asik merem abis menyusui.

Gak berapa lama, kita masuk. Biasa, dikasih tanda pengenal. Tadinya dapat nomor 7, lalu begitu Hil bilang kita mau ketemu si Pak, langsung diganti nomor urut. Jadi nomor 105. Nah lho. Ah tauk deh. Kita berharap terbaik saja.

Kita disuruh duduk di ruang tunggu. Oh, sekarang ruang tunggunya udah pakai dinding kaca dan dikasih AC toh. Dulu perasaan ngablak doang. Gak berapa lama, Pak Sudarman nyamperin. "Mau ketemu Bapak ya? Berkas udah diisi semua?" Udah semua beres, Pak. Disuruh pindah tunggu, ke dalam, karena kasian bawa bayi. Oh baiknya si bapak.

Abis itu kita disuruh menemui Pak Zulkifli. Siapakah dia? Gatau deh. Nunggu sekitar 15 menit, lalu kita diarahkan ke Mbak Indri. Siapakah dia? Gatau deh. Trus Pak Zulkifli-nya gimana? Gatau deh. Ya udah, berkas dipegang semua sama Mbak Indri. Lalu dia minta kita tunggu sampai jam 10, untuk nanyain lagi berkas-berkasnya ke dia. Sip.

Jam 10 teng, kita masuk ke dalam. Berkas rupanya sudah siap. Si Mbak Indri bilang,"Tapi ini KK-nya kan belum lengkap. Paspor baru bisa jadi kalau KK sudah lengkap." Lah iki piye. Kalo gini doang hasilnya mah sama aja kayak yang dilakukan Hil hari Kamis lalu. Trus apa bedanya lewat loket sama pake surat sakti?

Tapi kegundahan *halah* gw langsung terjawab. Si Mbak Indri mengajak bertemu dengan Pak Zulkifli. Entah apa jabatan dia. Cukup tinggi lah mestinya, secara dia dapat ruangan tersendiri, pake AC dingiiinn pisan, dengan beberapa sofa buat tamu. Pasti banyak nih yang ngandelin surat sakti macem gw begini *duh* Di dalam, Pak Zulkifli mengajak berbincang, gw duluan juga yang ngomong soal workshop bla bla blu blu gitu. Udah, Pak Zulkifli setuju.

He? Setuju? Bener nih?

Dia cuma bilang,"Kita sama-sama bantu aja ya Mbak, Mas. Saya bantu memproses ini, nanti Mbak dan Mas minta surat keterangan ke Kelurahan yang menerangkan bahwa KK sedang diurus di Dukcapil." Hoalah, begini doang nih? Iiiihh coba petugas loket bilang kayak gini, kan bisa segera diurus dari pekan lalu, huhuhu. Tapi untunglah Pak Zulkifli baik hati dan tidak sombong. Gak berapa lama, si Mbak Indri masuk dan memberikan berkas gw, lalu langsung ditandatangan sama Pak Zulkifli. Ahooooyyyy...

Setelah itu, Hil dan Senja foto, sementara gw membayar ongkos bikin paspor. Masing-masing 270 ribu perak. Karena Senja adalah bayi yang dikasihani sama Pak Zulkifli, akhirnya kita pakai antrian foto TKI. Katanya sih biar cepet, padahal sih di sono rame juga. Gak lama antrenya, segera saja Hil foto, gw yang pegang Senja. Abis itu, Senja giliran difoto deh, hihihi lucunya. Bayi kok foto paspor. Jadilah dia diajak senyum gitu sama mbak-mbak TKI yang lagi antri, berusaha menarik perhatian Senja supaya liat ke kamera. Satu dua tiga, liat sini... cekrek!

Abis itu, wawancara. Pas lagi di depan ruang wawancara, gw dan Hil bertanya-tanya, kalo gini tuh kita mesti ngasi uang gitu gak ya? Gw SMS Mas Ade yang pernah melalui jalur ini juga. Dia bilang, enggak. Oh gitu. Ya udah, bagus deh. Kalo iya, bingung juga mesti ngasi berapa ke siapa. Duh emang udah paling bener lewat jalur baek-baek pake loket aja dah, gak usah pusing mesti berterima kasihnya kayak gimana.

Pas di ruang wawancara sih sama sekali tidak terjadi tanya jawab apa pun. Hil cuma disuruh tanda tangan doang. Udah. Sementara si Mbak satunya di dalam ruang itu sibuk mengagumi Senja yang anteng. Kagak ada wawancaranya sama sekali.

Abis itu, kelar deh. Kelar? Kelar nih? Serius? Trus buku paspornya mana?

Mbak Indri pun menjawab. Buku paspor baru akan dikasi kalo udah ada surat keterangan dari Kelurahan, yang menjelaskan KK lagi diurus itu. Oh gitu. Oke deh kalo begitu. Tapi nomor paspor Hil dan Senja udah bisa diperoleh dong? Oh tentu. Nomornya urutan pula. Ahay, mesranya anak bapak ini, hiehiehie.

Jadi sukses nih paspornya? Jadi kita ke Malaysia nih?

Ahaaaayyyy....

1 comment:

Anonymous said...

fotonya mana? kan budenya pingin liat senja pake baju koko!! gita