Wednesday, June 18, 2008

Mempercepat MPASI

Hari ini Senja mendapat MPASI pertamanya. Huhuhu, padahal dia belum genap 6 bulan. Huhuhu, padahal gw udah minta cuti 30 Juni mendatang demi MPASI pertama Senja kelak. Eh, tiba-tiba mesti dipercepat.

Jadi ceritanya begini. Produksi ASI gw sejak dari Malaysia itu seret banget. Kalo meres, dapet sekadarnya. Kalo biasanya bisa dapat 100-an ml, sekarang kalo meres paling dapat 60ml. Bagus banget kalo bisa sampai 80ml.

Nah dengan produksi yang seret, tentu saja susah untuk mengimbangi kebutuhan minum Senja. Biasanya gw ninggalain 5 porsi minum masing-masing 100ml buat Senja selama gw kerja. Tapi dengan produksi yang tiris, susah banget mencapai 5 porsi sehari itu. Hari ini aja gw harus gak masuk. Selain karena migren, juga karena stok ASI gak cukup untuk seharian ketika Senja gw tinggal kerja. Cuma ada 3 botol di kulkas. Kalo gw nekat masuk dan Senja nangis gelundungan karena laper dan haus, gimana?

Gw sempet cerita ke nyokap, dan nyokap mendorong gw untuk mempercepat MPASI. Gw telfon kakak gw, dia bilang, udah cepetin aja gapapa, toh udah jelang 6 bulan. Persisnya, 5 bulan 19 hari. Gw sempet pikir juga, ah apalah bedanya ya mempercepat 11 hari. Daripada Senja kelaparan. Gitu gak sih mikirnya?

Kebetulan Hil hari itu masuk siang, jadi kita sempet obrolin dulu. Ternyata Hil juga kepikiran untuk mempercepat MPASI. Pertimbangannya ya karena produksi ASI seret dan itu mengancam keberlangsungan stok ASI selama gw ngantor. Gw jadi bimbang dan ragu dong. Apa iya gw rela mempercepat MPASI dan tidak menjadikan Senja sebagai Sarjana ASI ya?

Tapi ya gimana lagi dong ya? Mudah-mudahan ini bukan sekadar pembenaran. Keberlangsungan Senja harus didahulukan.

Jadilah gw beranikan diri ngambil biskuit Farley yang udah dibeliin nyokap sejak gw-Hil-Senja pergi ke Malaysia. Sumpah, gw belum membekali diri dengan apa pun soal MPASI. Pengalaman gw dengan MPASI cuma dengan ngeliat kakak gw ngasih biskuit Farley ini buat Pelangi. Udah itu doang.

Ya sudah. The show must go on.

Hil mangku Senja sambil nyiapin biskuit Farley. Gw tuang sedikit stok ASI yang sudah dihangatkan di food warmer. Bismillah, mudah-mudahan ini keputusan yang baik adanya.

Satu-satunya hal yang bikin gw merasa ini keputusan yang baik adalah reaksi Senja dengan makanan. Well, mungkin sebenernya itu reaksi umum Senja terhadap apapun saat ini, semua bawaannya mau dimasukin ke mulut. Tapi ya sudah lah. Namanya juga lagi nyari penguatan dan pembenaran atas keputusan mempercepat MPASI, hehe.

Senja keliatannya seneng banget dengan biskuit Farley yang dihancurkan dengan ASI. Dia sibuk meraih sendok. Hil juga ketawa-ketawa. "Udah gak dikasih makan berapa taun, Tong?" Hehe.

Oke. Kita coba biskuit Farley dulu ya seminggu ini. Sekali sehari. Itu dulu aja. Gw masih dalam fase denial, masih bawaan pengen ngasih ASI eksklusif apa pun yang terjadi.

Selamat datang biskuit Farley.

No comments: