Monday, June 2, 2008

Memilih Pesawat


Sebelum kejelasan paspor ada, gw udah sibuk browsing pilihan flight Jakarta-Kuala Lumpur. Pengen tahu aja, mana sih yang paling murah untuk ke sana. Riset itu juga gw lakukan awal banget sebagai bagian dari pengambilan keputusan untuk pergi ke Malaysia barengan Senja dan Hil atau enggak. Tapi, eniwei buswei, bagaimana pun, pertimbangan terbesar untuk akhirnya mengambil keputusan untuk bersama-sama ke Malaysia adalah ASI. Gak lain gak bukan. Mahal ye bo ASI-nya, huhuhu.

Nah, flight yang muncul untuk penerbangan dari Jakarta (CGK) ke Kuala Lumpur (KUL) adalah Air Asia, Lion Air, Garuda Indonesia, Malaysian Airlines. Dua terakhir, mahal sudah tentu. Untuk yang Garuda, dicek sama Mitha, sekretaris redaksi di kantor. Untuk yang MAS, gw cek di website mereka. Mahal bow. Kalo pegi bertiga, return, bisa abis ampir 600 USD. Idih.

Yang menarik adalah KLM. Tiketnya terhitung moderat, ada di tengah-tengah antara Lion Air dan Air Asia. Secara KLM itu flight internasional gitu lho, lebih terpercaya dong. Tapi jam berangkatnya kurang cucok. Masa nyampe di Kuala Lumpur jam 21.40? Lah ini bawa bayi kan repot. Belum lagi nyari-nyari kota Petaling Jaya dan hotelnya dalam kegelapan? Aih kagak dah.

Flight yang paling murah adalah Air Asia. One way, Rp 620 ribu. Wuih, asik kan? Tapi ya itu, baaanyaaaaakkk banget keluhan soal flight yang gak tepat waktu. Widih, serem dong secara gw bakal bawa Senja gitu. Mending yang pasti-pasti aja.

Nah, kebetulan Stania, eks temen sekantor yang sekarang di Al Jazeera Malaysia, rajin baca blog gw. Dia ngabarin gw soal penerbangan Air Asia yang baru saja dia lalui, dari Kuala Lumpur ke Jakarta dan sebaliknya. Pas ke Jakarta, flight yang mestinya jam 21, diundur jadi jam 12 malem! Weks! Sampe di Jakarta udah jam setengah tiga pagi ajaaaaa booooo... Trus flight dari Jakarta ke Kuala Lumpur, mestinya berangkat jam 18, diundur jadi jam 20. Lalu sepuluh menit sebelum jam 20, pesawat diundur lagi jadi jam 12 malem. Najooonggggggg...

Kalo gitu, definitely not Air Asia dah.

Pilihan beralih ke Lion Air. Tinggal ngecek, lebih murah mana beli lewat online atau lewat travel. Gw cek website Lion, lalu email Mitha, minta tolong dia cek harga terakhir di travel. Sore tadi dapet kabar dari Mitha, rupanya tetep lebih murah beli di travel. Ajaib sekali ya. Beli di toko maskapai yang bersangkutan kok malah lebih mahal, mestinya kan lebih murah yak?

Oke. Kalo gitu besok kita tetapkan pilihan, beli 3 tiket Lion Air, rute CGK-KUL dan KUL-CGK untuk tanggal 10 Juni dan 14 Juni, lewat travel, dengan bantuan Mitha.

Semoga selamat sampai di tujuan.

3 comments:

Anonymous said...

ya amplop, alhamdulillaaaaaaah bisa ke malaysia. ternyata surat sakti memang sakti, hehehe...

aduh keren deh adik senja, masih bayi udah ke luar negeri! nanti kalo udah besar bisa ke bulan dong, hahaha.

inget-inget, kalo lagi take off dan landing disusuin biar kupingnya ngga pengeng.

mau dong liat foto senja di buku paspor! nanti di malaysia jangan bikin adik untuk senja lho yaaaaaa! hahaha...

gita

Anonymous said...

dan tas gue di bagasi Air Asia hilang doong!
tau gitu kan gue jinjing aja tuh tas... sebel!

Anonymous said...

astaga.. terkutuklah air asia. doakan tidak terjadi apa-apa sama barang gw yah stan.