Tuesday, June 10, 2008

Kita Berangkat Euy


Akhirnya berangkat juga.

Rombongan berangkat dari Pondok Bambu sekitar jam 8 pagi. Kalo sial macet, nyampe bandara jam 10 lah. Pake anu itu dulu, check-in, boarding, aman lah yaw untuk flight 11.55. Di jalan, nyokap sengaja duduk di belakang biar bisa gendong Senja. Gw memanfaatkan saja untuk istirahat, begitu juga Hil yang duduk depan.

Sampai di bandara, ngeliat di papan pengumuman, kok gak ada flight Lion Air yang jam 11.55 yak? Tanya petugas, katanya yang di papan itu salah. Lah kok bisa salah tapi gak dibenerin? Ya udah lah gw sekalian aja cek ke dalam, meskipun menurut papan itu bukan flight yang gw cari. Tanya sama si mbak Lion Air, eh dia ngejawab serupa. Yang di papan itu salah. Idih aneh, kok ya gak ada niat, usaha atau apa gitu untuk ngebenerin apa yang ada di papan pengumuman? Ajaib.

Untungnya sama si Mbak Lion Air, gw langsung dibolehin untuk check-in. Gw duluan yang check-in bareng Senja, karena Hil pegang paspornya. Barang juga belum masuk bagasi. Setelah gw beres check-in, baru lah Hil dan Senja ikutan masuk. Seperti biasa, Hil gendong Senja. Ya emang biasanya begitu aja, secara Senja juga udah makin berat gitu. Eh petugas di mesin X-Ray kok ya iseng aja komentar,"Oooo kok itu anaknya digendong sama bapaknya, malah ibunya yang dorong troli..." Idiiihh, emangnya kenapa kalo gw yang dorong troli dan Hil yang gendong Senja? Ada-ada aja tu orang. Yang aneh kan kalo Hil yang nyusuin Senja, selebihnya sih wajar aja. Itu namanya pembagian tugas, Pak.

Never mind the bollocks, lalu lanjut lah Hil ke meja check-in. Rampung? Belum. Si petugas, kali ini mas-mas, bilang kalo tas di kabin hanya boleh maksimal 7 kilo. Kita timbang tas kabin kita yang isinya barang-barang Senja. Nah lho, lebih dari 7 kilo deh. Eh tapi kan 7 kilo buat 1 orang, sementara kita 2 orang dan gak sampai 14 kilo. Berarti mestinya boleh dong... Tapi, demi menjaga mood si mas Lion Air, jadilah kita bongkar dikit barang di koper kabinnya Senja. Untung sudah sedia tas Eastpak merah yang kayak travel bag itu, jadi sebagian barang bisa dipindah ke sana. Setelah itu beres, baru kita ngadep lagi ke petugas check in. Beres. Setelah itu sih barangnya digabungin lagi aja, biar gak kebanyakan prital pritil.

Abis itu bayar fiskal. Dengan bodohnya, as always, gw cuma ambil 1 juta untuk fiskal-nya Hil. Gw selalu berpikir kalau 'Oh ya santai aja, fiskal gw kan dibayarin kantor'. Tapi kan ya duitnya tetep perlu diambil kaliiiii dari ATM. Nah itu gak gw lakukan, dengan dodolibretnya. Jadi ya gitu deh. Akhirnya gesek kartu kredit deh buat bayar fiskal, huhuhu.

Setelah itu beres, kartu imigrasi juga udah diisi, barulah kita mulai masuk ke loket imigrasi.

Secara ini penerbangan internasional pertama buat Hil, baru deh dia tau rasa betapa ribetnya mengikuti segala prosedur perdokumenan di bandara. Dikit-dikit lewat gerbang, dikit-dikit ditanyain paspor dan boarding pas. Sebenernya sih dia juga gak ribet ngeluarin dokumen-dokumen itu karena semua ada di tas pinggang. Tapi tetep aja kerepotan berasa dilipat gandakan karena mesti ambil dokumen sembari gendong Senja. Akhirnya, biar Hil gak sutris, gw yang pegang semua dokumen, paspor dan boarding pas. Barang siapa pegang Senja, maka dia bebas dari urusan dokumen.

Eh rupanya flight agak terlambat, sekitar 20 menitan, karena pesawat telat nyampe dari Denpasar. Gapapa deh, yang penting gak sampai 4 jam kayak Air Asia-nya Stania. Pas nunggu di ruang tunggu, Senja udah mulai tidur. Jadi gw ambil alih Senja dari gendongan Hil, biar gampang aja. Senja dijaga tetep tidur sampai di pesawat, kalo bisa sampai pesawat nyampe di Kuala Lumpur deh.

Pas pesawat take off, bener aja, Senja masih tidur dengan nyenyaknya. Alhamdulillah, Senja gak rewel sama sekali pas kuping berasa pengeng. Sekitar setengah jam perjalanan, baru deh Senja bangun. Mungkin kedinginan, mungkin juga karena udah jamnya bangun aja. Untung juga sih dia bangun, jadinya bisa digantiin pampersnya di lavatory. Hil sempet rikues ganti pampers di kursi eksekutif, tapi gak boleh sama Mbak Pramugari Lion. Jadilah kita sempit-sempitan dikit dan rada akrobatis gitu pas gantiin pampers Senja di dalam toilet yang super mini itu.

Setelah urusan pampers beres, Senja sempet rada gelisah. Dingin kali ye, karena gw juga kedinginan. Jaket yang dipakai Senja tuh yang kado dari nyokap. Keren dan anget, mestinya. Tapi yang bikin ribet itu retsletingnya, karena bolak balik merosot. Sementara Senja yang pakai kaos lengan panjang dan kaos dalam itu juga jadi rada ribet di bagian perut. Tau dong Senja akrobatis gitu sekarang gerakannya, jadilah itu kaos dalem bolak balik keangkat dan ngejembrengin perutnya Senja ke AC pesawat yang dingin. Huhuhu kan kasian.

Berhubung gw punya t*k*t andelan berisi ASI, ya sudah, kita jejelin aja deh di sepanjang perjalanan. Sembari menyusui, gw dan Hil terus menerus ngeliat jam: duh, berapa menit lagi ya nyampe di KLIA?

Untunglah semua berjalan lancar. 30 menit-an dari pertanyaan tadi, pesawat nyampe di KLIA dengan selamat sentosa. Senja bangun pas kita udah menjejakkan kaki di bandara (tenang, gak pakai sujud syukur kok, hahahaha).

Whooaoaaa... selamat ya Senja! Lima bulan kok ya sudah sampai di Kuala Lumpur!

No comments: