Tuesday, November 18, 2008

Sekolah buat Senja

Barusan Mirana telfon dan bilang,'Gw kayaknya pengen nyekolahin Danisha deh.'

Hahaha, itu juga yang sempet ada di pikiran gw. Gw suka khawatir aja, apakah Senja cukup banyak dapat stimulus yang positif selama di rumah. Bukannya gw curiga atau gak percayaan sama si Ibu, tapi kan wajar juga kalo si Ibu lama-lama jadi clueless mau ngajak main Senja apaan lagi. Lah wong gw aja suka clueless gitu.

Beberapa bulan lalu, gw sempet giat berjibaku cari informasi soal pre-school gitu. Sebenernya beberapa bulan lalu itu, ya gak ada kebutuhan mendesak untuk nyekolahin Senja. Tiba-tiba, mendadak ketemu aja soal ginian di milis, trus jadilah bersemangat sendiri. Pertama, nyari yang deket rumah, abis itu menelisik satu per satu menarik atau enggak itu sekolah.

Yang jelas, gw gak cari sekolah Islam. Dwoh, itu gak gw banget tuh. Makanya gw lagi menganggurkan dulu pilihan untuk nyekolahin Senja di TK Kuncup... hadoh, gw lupa ya nama lengkap TK-nya Salsa. Kuncup Kenanga? Kuncup Melati? Ahhhh lupaaa... Yaa TK Kuncup itu deh. Itu emang bukan TK Islam, tapi ibu guru pengajarnya semua berkerudung dan agama yang diajarin adalah Islam. Gw pinginnya tuh TK umum aja, yang diajarin soal agama ya soal berbuat baik aja, gak perlu ngapalin doa macem-macem. Hidup Senja pasti berat kalo mesti ngapalin doa. Belum lagi kalo dia nanya ke gw benera atau enggak doanya, lah wong gw kagak tauuuuu...

Setelah browsing kiri-kanan-atas-bawah-depan-belakang, gw kepincut sama TK Putik. To my surprise, sekolah ini ada di Duren Sawit! Whoooaaa hebattt... deket dong, bisa naik T50 saja. Dan setelah masuk ke websitenya, gw menemukan kalau ada kelas Dede, buat anak 1 tahunan kalo gak salah.

Coba deh melongok ke situ, duuuhh gw langsung jatuh hati. Warnanya gembira. Kegiatannya ashooooyyy dan sangaatttt menyenangkan. Duh gw juga mau deh disuruh sekolah di TK Putik. Kalo gak salah inget, ada kegiatan memasak atau bikin adonan gitu deh buat anak-anak kelas Dede. Huhuhu mauuu.. Senja pasti gembira!

Daaann keunggulan lain yang mengalahkan sekolah-sekolah lain adalah... TK Putik ini cinta bahasa Indonesia! Di sekolah ini gak pakai bahasa Inggris sebagai pengantar, juga gak mendasarkan diri 
pada satu agama tertentu. Whooooaaaa... you rock!

Mari ini dibaca, wah tenan, gw kepincut!
Menguasai bahasa ibu sejak usia dini adalah awal dari kecerdasan bahasa anak untuk menguasai bahasa lainnya" sangat diyakini oleh Putik. Idealisme yang tinggi untuk tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar serta mengedepankan moral budipekerti sangat bertentangan dengan trend setter ‘sekolah bilingual'serta sekolah yang berbasis agama tertentu yang menjamur di Jakarta.

Ahhhhh saya jatuh cintaaaaa...

Tapi gw tentulah bukan gw kalo gak mencari sisi 'buruk' dari TK Putik ini. Buruk means mahal, hehehe. Entah mengapa, gw gak kepingin langsung angkat telfon dan tanya ke TK Putik ini,'Pak, Bu, berapa ya biaya sekolah di sana?" Gw pingin tau dulu pendapat ortu lain yang pernah masukin anaknya sekolah di sana. Gimana impresi mereka, informasi apa yang sudah mereka dapat, dll. Biar gw gak terbius panah asmara doang gitu ketika gw ngobrol sama orang TK Putik, yang pastilah akan bicara hal-hal manis... sudah pasti tooohh..

Setelah jibaku ke sana ke mari, gw ketemu MP seorang ibu yang sempat berencana masukin anaknya ke TK Putik yang di Jatibening. Hm, kok gak jadi? Oke, gw tanya, gw kirim email. Baiknya, si Mbak itu segera membalas email gw.

Paragraf ini yang bikin gw melotot dan pingsan (boong deng, hihi).

Sy akhirnya gak jd masuk putik. Sebetulnya kl liat lokasi & apa yg di ajarkan di sana sy sreg. Disana cara belajarnya kelihatannya bermain sambil belajar. Banyak kegiatan kreatifnya. Cuma yg sy & suami gak sreg adalah biaya & fasilitas. Kayaknya gak sebanding.. Sekolah di putik biaya cukup mahal menurut saya. Uang pangkal sekitar 5 juta-an. Tiap tahun ada uang daftar ulang sekitar 5 juta-an juga. Blm lagi SPPnya sekitar 400 s/d 500 rb per bulan. Cuma kok fasilitasnya gak sebanding dengan biayanya ya?

Aaaapppaaaaa???

Lllliiiimmmaaa jjuuutttaaa?

Ampun dah.


Setelah itu si Mbak cerita juga soal kondisi mainan dan krayon buku gambar dll yang dipakai anak-anak itu. Menurut si Mbak, gak terlalu terawat. Secara 5 juta gitu, kalo gak terawat mah
mending kita timpukin rame-rame aja. Tapi bisa jadi itu yang terjadi di Jatibening, tak terjadi di Duren Sawit. Ya kaaann... kan kita gak boleh berburuk sangka.

Tapi 5 juta-nya itu lhoooo... Paling enggak kan biaya sekolahnya tuh sama di setiap cabang, tinggal kualitas barang dan mainannya aja yang perlu dilongok sendiri. Huhuhu, 5 juta boooo.. Gaji sebulan aja kagak nyampe (lho kok curhat).

Sejak itu gw patah hati dan memilih untuk gak cari-cari informasi lagi soal TK Putik. Huhuhu, jadi sedih. Padahal gw udah ketemu di mana lokasinya TK Putik dan itu dekattttttttt 
sekali sama rumah, cuma di belakang RB Asta Nugraha, tempat dulu periksa hamil. 
Huhuhuhu.

Tapi mungkin gw gak boleh berputus asa. Ditanya aja langsung sama TK Putik Duren Sawit, berapa biaya sekolah di situ. Kali aja turun harganya karena krisis finansial dunia (yaaa enggak mungkin laaahh.. di mana-mana mah harganya jadi naik kaliiiiii...).

Oh TK Putik. Kira-kira gw berani nelfon gak ya. Takut pingsan betulan begitu denger angka 5 juta. Kan malu-maluin donnggg...

10 comments:

Anonymous said...

lima juta, tahun berapa?
yakin kalau masih sama? huahahha (ta2h)

Anonymous said...

Mbak, anak saya juga di TK Putik Duren Sawit. Dia masuk TK tahun 2007. Kalo di TK, uang tahunannya langsung dibayar 2 tahun. Waktu itu 9 juta. Kalo sekarang 12 juta, SPPnya 600 ribu. Mahal banget yak... Saya juga bingung kenapa anak saya jadi masuk situ. Tapi menurut saya sebanding dengan hasilnya. Anak saya menjadi mandiri & berani. Untuk ukuran anak TK, dia sudah cukup bagus lah...

Anonymous said...

ikutan sharing boleh ya? anakku baru setahun ini sekolah di playgroup putik, skrg kelas adik. so far saya puas sama hasil didikan mereka ke anak saya. anak saya termasuk anak yg sulit,manja&susah deket ma org lain slain saya or mba asisten tapi mereka bisa berhasil naklukin dia. skrg dia jadi lbh mandiri, arti mandiri bkn mandi sdr atau pakai celana/baju sdr tapi arti mandiri di sini, dia aware sama kebutuhan nya sdr dan usaha gimana cara nya utk bisa memenuhin kebutuhan itu, at least dia berani ngomong minta tolong ke org dewasa yg bkn org dekat utk bantuin dia
singkat kata,great value for money deh dari pada msk sekolah tetangga yg bilingual dah mahal tapi anak nya ga hideung (apa tuh ya bahasa indonesia nya?). maap klu kepanjangan

Unknown said...

lam kenal mbak dari Alin pondok kelapa. Domisili kita rupanya tidak begitu jauh ya...
Mbak saya juga ada niat masukin si Ade ke PG/KB..Kalo ada info lanjutannya di tunggu banget loh

Unknown said...

Mbak domisili kita rupanya berdkatan..ya..
Info yang sangat..sangat beguna..Ditunggu loh lanjutannya...
Lam kenal...

marlet said...

halo mba.
bagaimana dgn putik-nya? apakah masih menjadi kandidat? karena, trus trang, putik jg mrupakan kandidat saya. tp yaa itu harganya mehonggg bgt.
jdnya skrg si anak sudah di sekolah kan atau belum?
sorry yak, too many questions for you from a stranger ...

bunda bima said...

halo mba.
slm knal,
bagaimana dgn putik-nya? sy lg hunting preschool buat si kecil yg udh 2 th, kbetulan rmh sy dkt wisma duren swt jd putik jg tmk salah 1 kandidat.
skarang brp y pendaftaran n spp nya, sy mo tlp tp tkt shock klo mahal (kt org2 mahal), so sy tgg info lanjutannya y mba
thx loh....

citradp said...

hai semuanya, maaf udah lama gak ngebalesin komennya hihihi.

@Anonymous: huhuhu sayang sekali kok anonymous, jadinya kan gak bisa diskusi soal Putik. Saya masih pingin masukin Senja ke Putik nih :)

@Mbak Alin: haaiii..

@Mbak Marlet: hahaha, saya juga sempet maju mundur gak berani nelfon Putik, takut pingsan denger harganya, hehe. Akhirnya saya udah telfon. Uang masuk 8 juta, SPP 750 atau 850 ribu gitu. Cukup bikin pingsan nggak tuh? Hehehe. So far Senja belum sekolah. PIngin masukin dia ke sekolah musik dulu aja, itung-itung pemanasan buat Senja ketemu anak kecil lain.

marlet said...

hi mba.
baru lihat lagi neh comment nya :) basi nga sih???

wekss, skarang dah 8 juta?? Ga salah tuw yak? Saya sempat trial di juni tahun lalu wkt tny2 spp 6 juta, uang skul 600an. wow ... kenaikannya bikin pusing. tapi entah mengapa, wkt liat, ku jatuh cinta pada pandangan pertama dgn skulah itu. aku suka dengan halaman hijau di belakangnya.

saya jg kepikiran ikutin skulah musik. dimana yak mba? Yamaha? thanks for sharing. Kristina.

Anonymous said...

hi salam kenal, sy jg sama jatuh cinta sma TK Putik, tp tadi sy ty kaget bgd skr, for info buat yg lain : 1. untuk kelas dede kecil Rp. 2,5 jt. per 6 bln. SPP 900 ribu
2. untuk kelas dede dan kelas adik Rp. 9 jt. SPP 900 rb.
3. untuk TK Rp. 16.000.000 untuk 2 th SPP nya 1jt 100 rb.
wuiy mahal ga tuh...gaji sy aja ga nyampe 4 jt sebulan, belon kebutuhan lain dan anak sy yg kedua...mahalnya ga kira2, dan tak terjangkau kecuali kalangan atas.itu menurut pendapat saya.