Saturday, December 1, 2007

USG 36 Minggu

Weits, tak terasa pekan ini sudah memasuki pekan ke-36. Kalo udah angka gede-gede gini, boleh lah tanya sama tante. Gw udah mulai apal. Secara udah tinggal nunggu brojol getoh.

Pagi ini jadwal padat, padahal Jumat malem baru tidur jam 1-an pagi gara-gara tengah malem Hil baru pulang dan kelaperan. Jadilah Sabtu pagi itu harus melawan nguantuk yang luwar biyasa demi menjangkau RS Carolus. Jam 8, jadwal USG dan periksa darah, jam 10 jadwal senam hamil. Weits, mantep kan. Bumbu penyedap buat hari itu adalah berusaha nyempet-nyempetin ke Soto Enyak di seberang Gramedia Matraman. Slurup!

Ternyata banyak berubah acaranya. Jam setengah 9 baru nyampe Carolus gara-gara telat berangkat. Pas nyampe, eh dokternya malah ada rapat. Laah pegimana toh. Ya udah akhirnya gw periksa darah aja. Periksa darah pan sebentar ya, tapi abis itu kan jadi gantung. Gak sempet ke Soto Enyak, huhuhu, padahal udah terbayang-bayang di pelupuk mata. Huhuhu. Ya udah akhir gw dan Hil bengong-bengong di ruang tunggu, rada kelaperan dan ngantuk luar biasa, nungguin senam hamil. Dwoh tersiksa banget. Jam setengah 10, suster di bagian USG baru bilang kalo dokternya akan kelar rapat jam 10. Laah, tapi kan gw senam hamil. Jadilah gw janjian USG untuk jam 11.

Jam 10 gw mulai senam hamil. Gw yakin Hil salah tingkah di luar sana. Bangkunya gak asik buat leyeh-leyeh, ngantuk, tapi masa tidur di tengah orang pada ngantri di BKIA Carolus. Kelas senam hamil tadi tuh gak terlalu banyak gerakan, dibandingkan 2 sesi pertama. Lebih banyak ke penguatan mental bumil, seputar 'what to do if...' gitu. Mesti ngapain kalo mules, kalo keluar darah, keluar lendir dll. Trus mesti nafas yang gimana pas udah di ruang persalinan. Nyesel juga gw gak bawa MP3 gw buat ngerekam, hehehe.

Eh ternyata kelas senam hamil gw molor sampe jam 11.15. Hil udah gelisah nunggu di luar. Soalnya kan dia ngantor jam 13, ngeri telat dongs. Pas kita ke tempat USG, susternya ternyata udah nyariin gw. Jam 11 teng tadi, dokternya udah siap meng-USG gw. Karena gw gak nongol-nongol, si dokter pun cabut ke bagian lain karena ada panggilan. Laaahh iki kepiye. Kok uber-uberan gini sama si dokternya...

Setelah menanti harap-harap cemas, akhirnya gw baru di-USG jam 11.50. Gemes juga karena udah ngeri telat. Dokter Yeyes pun mulai meriksa gw. Sialnya ruang USG Carolus itu tidak ramah pasien. Gile aja, gw yang di-USG kok gw yang gak liat apa-apa gitu. Monitor cuma ngadep ke dokter, gak sedikit pun gw dikasih jatah buat ngeliat. Dokternya juga gak komunikatif gitu, dokem-dokem aja pas mereksa gw. Secara gw udah cemas Hil bakal telat, jadinya kan gw udah ilfil mau minta apa-apa gitu. Jadilah gw cuma ngandelin kira-kira apa isi monitor dari raut muka Hil. Susye ye... kekekek..

Tapi lucu deh. Sedari pagi Hil kan keliatan nguantuk dan gundah gulana gitu, campuran antara laper dan ngantuk dan bosen. Begitu liat monitor USG itu, mukanya langsung berubah. Hilang sudah itu ngantuk laper dan bosen yang dari tadi mendera. Hihihi, lucunya..

Pas di tengah-tengah meriksa, dokternya bilang,"Udah tau kan jenis kelaminnya?" Hil langsung bilang,"Gak usah dikasih tau aja deh Dok. Tanggung." Gw juga langsung mengiyakan. Iya lah. Udah 36 minggu hidup dengan ketidakpastian ini yang gw bawa-bawa ke sana ke mari itu laki atau perempuan, masa gw spoil all the fun gitu dengan dikasih tau jenis kelamin si bayi oleh dokter. Rugi ah. Tanggung, mending tunggu aja sampe mentok.

Trus si dokter memastikan lagi bahwa kami gak pengen tau. Dia berusaha memperdaya kami dengan bilang,"Tapi kan ini penting buat persiapan." Gw kirain persiapan secara medis atau apa gitu. Eh ternyata dia bilang, persiapan buat beli baju, barang-barang dan ember. He? Emberr??? Sejak kapan pula orang beli ember nyesuaiin dengan jenis kelamin bayi.. Aneh-aneh aja ini dokter..

Abis itu dia sibuk aja periksa. Sesekali HIlman memastikan apa yang dia liat. Tapi sisanya ya dokem-dokem aja. Gemes juga gw sama ini dokter. Gak komunikatif gitu, huh. Padahal udah jelas-jelas gw merana, perut gw diuyel-uyel tanpa gw gatau isinya apaan. Huh.

Gak lama, USG pun kelar. Hil langsung ngibrit ke kantor, sementara gw nungguin dulu hasil USG-nya. Tanggung. Males ntar kalo mesti kucing-kucingan lagi ngambil hasil, kayak tadi kucing-kucingan sama si dokter. Setelah makan, gw ambil lah itu hasil USG-nya. Ada 4 gambar. Gak satu pun yang gw ngerti. Huaaaaaa syebeeelll...

Nyampe kantor, gw langsung kasi liat hasil USG itu ke Hil. Dia sama gak ngertinya sih sama gw. Soalnya gak ramah pembaca banget itu hasil USG. Beda dengan hasil USG yang gw punya sebelumnya, keliatan lah paling enggak itu bodi bayinya. Ini mah enggak. Gw gatau juga ini bagian mana pula yang disorot.

Trus Hil cerita. "Tadi sih kayaknya emang keliatan itunya..."

WWFFFATTT??

Huhuhuhu. Trus jadi apa apa apa dong..

Benci benci benci.

Lalu Hil melanjutkan,"Tapi kan gak yakin itu apaan. Bisa aja salah.."

Ya tapi kaaaaannn... Huhuhu I missed all the fun!

Gw masukin saran keras deh buat Carolus untuk lebih memperhatikan rasa ingin tahu bumil saat USG dilakukan. Kasih monitor tambahan gitu kek atau apaaa gitu.. huhuhu..

No comments: