Monday, December 24, 2007

Memperjuangkan HBIG

Hari ini gw sengaja berangkat pagi-pagi ke Carolus. Target pertama, jajal dua rute yang berbeda, karena gw pake mobil lewat rute 1 dan Hil pake motor lewat rute 2. Target kedua adalah ke dokter anak.

Akhirnya ini kita lakoni juga. Sebelumnya, kita harus berhadapan dengan petugas pendaftaran dan suster di bagian anak yang terheran-heran dengan keinginan gw dan Hil. Di kepala mereka mungkin emang ajaib, ngapain juga bumil ketemu dokter anak? Halangan pertama datang dari petugas pendaftaran yang bingung, ini kok pasiennya umur 29 tahun mau ke dokter anak? Halangan kedua datang dari suster bagian anak yang heran, mau ngapain sih ketemu dokter anak?

Gw heran juga siy. Kenapa juga ya gw mesti dihalang-halangi? Lah kan gw juga pasti bayar biaya konsultasi gitu lho. Kalo dianggep rugi, toh yang rugi itu gw gitu lho. Jadi kan sebetulnya gak ada alasan untuk menghalangi gw ketemu dokter anak? Lagian kalo kata petuah-petuah di berbagai artikel dan buku, ada baiknya ketemu dokter anak sebelum anaknya lahir. Itung-itung browsing dokter. Kan itu hak kita dong sebagai pasien. Apalagi gw juga punya kepentingan, yaitu memperjuangkan HBIG.

Gw gak pingin kejadian kayak waktu kakak gw dan Pelangi dulu. Dia udah pengen HBIG, eh ternyata pas ketemu dokter anak, si dokter anak tidak lantas percaya kalo kakak gw hepatitis B carrier. Sementara hasil tes lab yang menunjukkan itu ada di rumah kakak gw yang masih hectic akibat renovasi. Jadilah hari pertama setelah melahirkan, kakak gw ke Prodia untuk tes lab, demi membuktikan dia hepatitis B. By the time hasil tes lab itu keluar, habis juga waktu 24 jam (atau 12 jam ya?) yang dibutuhkan untuk menyuntikkan HBIG itu ke bayi yang baru lahir. Kan konyol dong jadinya.

Demi tidak mengulang kejadian itu, gw ingin memastikan sejak dini kalo gw pengen bayinya dikasih HBIG. Siapa yang eksekusi? Dokter anak. Jadilah gw mesti browsing dan ketemu dokter anak sejak dini kan? Nah, see, gw punya alasan bagus untuk ngotot ketemu dokter anak.

Jadilah hari Senin dari jam 8 udah daftar ke dokter anak. Yang ngedaftarin Hil. Okeh. Kita tunggu lah itu dokter anaknya dateng.

Sampe jam 9, dokter Evelin kok belum dateng juga ye? Waduh. Ini pan gw telat euy. Kalo sampe jam 9.30 gak dateng juga, apa gw cabut aja ya? Kan gak enak ninggalin kantor lama-lama. Secara itu bukan kantor gw gitu lhow. Untunglah si dokter dateng jam 9.20. Dia tau kali ya kalo gw dalem hati ngancem mau cabut duluan, hihihi..

Nah, dipanggil deh gw ke ruangan dokter. Si dokter terlihat sama bingungnya dengan wajah para suster. 'Ngapain juga gw ketemu dokter anak?' gitu mungkin di kepala dia. Atau mungkin dia beranggapan punya ketakutan berlebihan dengan keinginan HBIG gw itu. Tapi sutra lah. Gw cuma menjalankan hak gw sebagai pasien, ya gak?

Gw nanya sama si dokter, gimana prosedur pemberian HBIG itu. Gw pernah denger juga, gak semua rumah sakit punya HBIG, jadilah gw mempertanyakan ketersediaan HBIG itu di rumah sakit. Untunglah di situ dokternya lumayan kooperatif. Dia nelfonin bagian farmasi dan nanya soal stok HBIG. DIa juga cerita kalo pernah ada kejadian di mana stok itu emang abis, tapi ya emang abis se-Jakarta, bukan cuma di RS, alhasil ya gak bisa ngasih HBIG itu. Tapi eniweiiii, terima kasih ya dokter anakku yang baik, udah mau ngecekin ke farmasi...

Pertemuan emang berlangsung cuma sebentar karena gw gatau mau nanyain apalagi. Yang jelas gw udah puas. Terpuaskan rasa ingin tahu gw. Paling enggak gw bisa yakin kalo ntar gw bisa dapetin HBIG dalam waktu 12 jam setelah bayinya lahir. Walaupun secara umum, gw jadi ngerasa begitu nyaman sama si dokter, karena tatapannya itu. Kayak heran gitu lho ngeliat gw sebagai bumil yang ketemu dia yang adalah dokter anak.

Tapi ya sudah lah. Yang penting gw udah nanya dan dapet jawaban yang memuaskan. Semoga lancarrrrrrrr....

No comments: