Saturday, December 29, 2007

Cerita dari Ruang Persalinan (1)

Pagi-pagi gw dan Hil udah nyampe di Carolus. Jam 07.30 teng. Udah pake bawa gembolan segala, kami langsung ke Kamar Persalinan Imanuel. Sehari sebelumnya gw udah sempet ke sana, jadi gw tau cara ke sana. Sebelahan sih sama ruang perawatannya kelak pasca brojol. Tinggal lurus aja dari pintu masuk, ketemu patung Yesus, boleh berdoa, lalu belok kanan trus ikutin jalan aja deh. Ada kok tuh terpampang gede-gede nama Imanuel.

Sampe sana, langsung ditanya-tanya dong sama susternya. Secara yang ke sana pasti udah siap brojol. Udah mules? Belum. Flek? Gak ada. Ketuban pecah? Enggak juga. Huhuhu, kami ke sini semata-mata menuruti kata dokter Herbert, pengganti dokter Seno itu. Gak ada perasaan mules atau apa pun yang ditandai sebagai awal persalinan. Gw masih sehat walafiat, gak kekurangan apa pun. Tapi karena gw menuruti kata dokter, ya sudah. Alasannya dokter Herbert waktu itu adalah gw harus masuk ruang persalinan kalo 3 hari setelah due date gak ada tanda-tanda. Karena due date gw 26 Desember, berarti gw masuk Carolus tanggal 29 Desember. Bener toh?

Gw langsung disuruh ke ruang persalinan dan ganti baju dengan kemeja kancing depan, sementara Hil bayar deposit di kasir depan. Karena kami ambil kelas 2 yang 3 tempat tidur, bayar depositnya 3 juta perak.

Observasi Enam Jam

Pas lagi daftar di Imanuel, gak sengaja ketemu sama dokter Herbert. Doi abis lari pagi tampaknya. Hari itu emang kebetulan hari praktiknya dia, jam 10-14 yang ramenya ampun-ampunan itu. Kita tegor-tegoran dulu, dan pas gw udah siap dengan busana persalinan, dokternya dateng lagi. Kekekek, busana persalinaann.. kesannya gimana gitu ye. Padahal gw cuma pake kemeja dan sarungan. Gak ada keren-kerennya sama sekali.

Gw langsung disuruh tiduran, ngangkang. Hoho, ini dia yang disebut periksa dalam. Baru sekali nih gw rasain. Dia ngowek, ngek, abis itu bilang,”Belum ada bukaan nih. Tapi udah mulai lunak. Diobservasi dulu aja ya selama 6 jam.” Lantas dia cabut.

Wait wait. Diobservasi 6 jam itu kira-kira maksudnya apa ya? Enam jam kan lama booooo... Sementara gw langsung merasa bersalah sama Hil, karena dia udah memutuskan untuk gak ngantor. Gimana kalo ternyata hasil observasinya gw disuruh pulang? Kan sayang tuh cutinya Hil, mana cuma dapet 5 hari. Huhuhu. Tapi tenang, semua pasti demi kebaikan kita bersama. Bayangin aja kalo gw mesti sendokiran nunggu diobservasi, apa pun itu namanya, sendirian, di Carolus, merana, enam jam pula... kan bisa mati bediri gw.

Semula gw kira tuh ’boleh jalan-jalan’ seperti kata Suster Novi itu tuh beneran boleh ke luar Carolus. Apalagi dia bilangnya,”Asal gak sampai Atrium aja.” Nah, berarti sampe Gramedia bole dong? Atau Pasaraya Manggarai deh. Ealah, ternyata gw dikurung di Carolus, gak boleh ke mana-mana. Soalnya yang namanya observasi itu gw mesti lapor ke suster tiap jam, diperiksa perkembangan mules gw, dan kelak dilaporkan ke dokter Herbert. Ntar jam 14, di akhir masa observasi 6 jam itu, barulah dikasih penilaian sama si dokter. Hoooo gitu. Hehe, kirain beneran bole jalan-jalan...

Sejam pertama sih lumayan, ada kegiatan. Gw dicek CTG. Perut gw dipasangin dua sabuk, yang satu buat ngerekam kontraksi alias mules gw, satunya lagi buat ngerekam detak jantung bayi. Sedianya sih setiap gw merasa mules, gw pencet tombol. Tapi karena bunyi detak jantung bayi itu begitu teratur dan membuai, jadilah gw ketiduran beberapa kali. Luput dong mencet tombol, hihihih...

Jam-jam berikutnya gw isi dengan ngobrol seruntulan sama Hil, lalu balik lagi ke suster untuk diperiksa. Yang dimaksud dengan ’diperiksa’ alias ’diobservasi’ rupanya adalah suster memencet-mencet perut gw selama setengah jam, untuk ngecek berapa menit sekali kontraksi bakal muncul. Oooo gitu toh. Gw kirain itu suster kurang kerjaan doang mencet-mencet perut gw sambil ngajak ngobrol, hihihihi..

Jam 11, gw ngabarin update terakhir ke bokap nyokap gw. Soal observasi la la la itu. Setelah nyokap gw kelar kondangan, dia dateng ke Carolus. Jadilah kita sruntulan bertiga gak jelas gitu di RS. Nungguin hasil observasi, apa pun itu.

Akhirnya Diinduksi

Jam 14 mestinya dokter Herbert datang untuk memberi penilaian. Tapi belum dateng juga sampe jam 15. Gw berprasangka positif aja, pasiennya pasti mbludak. Jam 16, gak dateng juga. Gelisah dong gw. Haduh, ini pegimana toh. Hayo dong suster, telfonin dokter Herbert.

Suster pun menelfon. Hasilnya, gw harus diperiksa dalam lagi untuk cek bukaan, sehingga bisa ditentukan langkah selanjutnya. Ternyata langkah selanjutnya itu adalah induksi, persis seperti yang sudah diprediksi oleh si dokter. Diinduksi itu ada beberapa tahapan. Tahapan awal dengan obat, lalu dikasih semacam kateter berbentuk balon, lalu terakhir infus. Karena ini masih tahap awal, gw dikasih obat, namanya Gastrul, dikasih langsung ke vagina. Widih, kowek-kowek lagi dah, huhuhuhu. Gastrul itu sebetulnya obat maag, jadi buat merangsang mules aja gitu.

Itu membuat gw berpikir, kenapa ya orang takut banget sama diinduksi? Induksi itu kan cuma ngasih rangsangan. Nah, hasil dari rangsangan itu adalah mules. Mules itu sakit, whether diinduksi atau enggak. Gitu bukan sih? Soalnya temen-temen gw sempet bilang, kalo ditawarin induksi, mendingan minta langsung Caesar aja. Idih, ogah deh. Dengan pertimbangan penghematan, mending kita pilih persalinan normal sajaaaa... keikeiekeikeie...

Induksi Tanpa Hasil

Setelah dikasih obat, gw harus diobservasi selama 6 jam lagi. Haduh, penantian lagi... penantian lagi... Tapi paling enggak gw tau apa yang dinanti: mules.
Mulesnya sih beneran dateng, tapi masih bisa gw tolerir. Gw masih sanggup nahan deh, meskipun mules itu pasti membuat gw berhenti berjalan dan mengaduh dulu gitu. Tapi masih bisa ditahan. Gw jadi optimistis, bisa lah gw menahan mules ini kalo makin hebat. Mulesnya ternyata makin nambah. Makin sakit dan makin sering. Gw mulai kelimpungan, gak berdaya sama si mules kampret ini. Huhuhuhu..

Di saat yang sama, ada mbak-mbak yang lagi di ruang persalinan sebelah gw. Doi mulai mengaduh-aduh pas bukaan ke-4. Hil mulai cemas dan panik, ngeri denger suara aduh aduh itu. Dia mulai pikir-pikir, nemenin gw atau enggak ya pas persalinan entar. Huh, awas aja kalo berani-berani kabur dari ruang persalinan. Nah, demi kestabilan jiwa kita bersama, akhirnya kita pun jalan-jalan, kabur dari ruang persalinan itu. Tadinya sih gw mau sok tangguh, pengen dengerin suara kesakitan dari sebelah. Tapi ya udah deh gak usah aja. Mendingan kita tunda sampai saatnya benar-benar tiba.

Jam 22, akhir masa observasi kedua. Yak, susternya pun nelfon dokter Herbert. Gw diperiksa dalam lagi untuk cek bukaan. Mules makin suakit rasanya. Monyong. Setelah dikowek, tarraaaaa.... belum ada bukaan.

Wffaatt?? Hadooooh, gw udah 12 jam di rumah sakit tuh belum ada bukaan juga? Adudududu biyoooo.... Trus ini mules pegimana? Kata suster, mestinya reaksi obat habis di jam ke-6 atau ke-8. Mestinya bentar lagi gw gak mules lagi. Trus gw dikasih dua pilihan sama dokter Herbert, via suster: 1) dikasih obat untuk induksi lagi malam ini, atau 2) malam ini istirahat, besok pagi jam 5 periksa dalam dan kasih obat induksi lagi. Setelah konsultasi singkat dengan Om Yon, akhirnya kita ambil pilihan kedua. Kata Om Yon, pemberian obat induksi kan sedikit banyak bikin kondisi janin jadi stres. Jadi mendingan kalo mau diterusin ya besok pagi, biar gw juga sempet istirahat untuk tampil di pertunjukan yang sesungguhnya gitu.

Mules Pun Tiba

Setelah kami memutuskan mengambil pilihan kedua, nyokap bokap gw cabut dari Carolus. Mau tidur dulu di rumah mbah gw di Rawamangun. Biar deket gitu. Ntar baliknya besok pagi, pas induksi sesi kedua.

Sementara itu, tak diduga tak dinyana, mulesnya makin anjrot-anjrotan. Hadoooooh. Bener-bener bikin mati lemes dah. Pinggang soakit, gak bisa jalan, pengen boker tapi ngeri gak boleh ngeden, pengen copot pinggang aja tuker yang baru, mau bediri salah, duduk salah, miring kiri salah, miring kanan salah. Haduuuuhhhhh...

Gw dapet SMS dari kakak gw, mengingatkan untuk napas. Iyeeeee, udah napas sesuai instruksi senam hamil. Tarik nafas panjang dari hidung, lepaskan lewat mulut sambil meniup. Udaaaaahh bangetttt.. tapi kenapa ini mules gak mau ilang ya. Satu-satunya cara yang bisa gw lakukan adalah menatap mata Hil lekat-lekat sebagai bahan konsentrasi untuk nafas. Kalo gak, waduh, wasalam dah. Duh apa jadinya akyu tanpa dirimyu oh kasihkyu...

Mules makin sering, makin kenceng, makin bikin sakit kepala. Gw berasa kegerahan banget, tapi gak tau mesti ngapain. Bener-bener maknyos dah. Lemessssss tapi soakoit abis. Napas napas napas, itu doang yang bisa gw lakukan. Mau jerit-jerit juga dicuekin sama suster. Lah wong bukaan nol.

Huhuhuhu...

No comments: