Sunday, December 9, 2007

Ngepel Jongkok

Tadi pagi gw cerita sama Hil soal sesi senam hamil yang gw ikutin Sabtu lalu. Kemarin lebih banyak teori, ketimbang praktik latihan. Gapapa deh, kan perlu juga buat siap-siap. Dikasih tau sama bidannya, gimana ntar proses pas bayinya jelang brojol, nafas apa yang mesti dipake, dll gitu. Trus si bidan juga ngasih tau, apa aja sebetulnya fungsi dari latihan-latihan yang selama ini dilakukan. Kenapa otot panggul mesti dilatih, kenapa mesti latihan nafas, bla bla bla.

Dia termasuk ngejelasin soal fungsi latihan jongkok-berdiri. Ada tuh latihan yang semi-pegangan sama bar besi yang dipaku di tembok, trus kitanya berdiri jongkok, sampai 10 hitungan. Ternyata itu tuh untuk memperbaiki bentuk panggul. Soalnya kebanyakan orang tuh panggulnya rada miring karena berdirinya suka mencong. Ooo gitu toh. Dan bentuk panggul yang bagus itu perlu untuk memperlancar pas bayi mau brojol.

Selain jongkok, latihan yang perlu juga adalah merangkak. Jalan dengan dua tangan dan dua kaki gituh, kayak binatang berkaki empat. Gw cuma pernah sekali melakukan itu di rumah, diiringi Hil yang ketawa ngikik sambil motret-motret gw dalam posisi anonoh gitu.

Lalu si suster di senam hamil juga cerita soal salah satu latihan yang penting untuk membantu pas proses persalinan juga. Yaitu, ngepel jongkok. Mata Hil langsung berbinar-binar. "Naaahh itu bagus tuh, produktif, gak cuma jongkok berdiri doang." Idiiiihhhh. Ngebayangin ngepel jongkok aja udah pegel duluan.. Dari jaman dulu gw dapet tugas ngepel di rumah mah gw juga gak pernah melirik kemungkinan ngepel jongkok, mending yang pake gagang aja deh menghindar dari kemungkinan pegel linu berlebih. Laah ini ternyata ngepel jongkok sesuatu yang baik bagi proses persalinan, huhuhu..

Jadilah sekarang Hil rajin menagih dan mengingatkan,"Ayo kapan ngepel jongkoknya?" Huhuhuhu.. 

No comments: