Thursday, December 6, 2007

Bisa Brojol Kapan Saja

Seperti kata dokter Seno, begitu masuk 37 minggu, maka bayi itu sudah siap untuk brojol kapan aja. Biasanya emang 40 minggu, tapi juga bisa dari minggu ke-37. Waduh.

Tadi gw periksa lagi ke dokter Seno, dengan membawa hasil USG. Di hasil USG sebetulnya tertera 34 minggu, tapi dia bilang dia akan bertahan di angka 37 minggu berdasarkan tanggal terakhir gw mens. Padahal itu aja gw tebak-tebak buah manggis, hihihi.. Kalo kata Om Yon, yang juga obgyn, toleransi 2 mingguain itu oke-oke aja. Pas gw USG kan kira-kira gw 36 minggu-an.

Dari hasil USG itu, keliatannya semua normal. Dari panjang kaki, diameter kepala, plasenta, presentasi kepala, dll. Nyokap gw sempet khawatir sih karena perkiraan berat bayinya itu 2450 gram di usia 34 minggu. Tapi kalo kata dokter Seno, plus susternya, segitu sih masih normal. Standar WHO itu di atas 2,5 kilo. Dan bayi gw masih akan nambah berat sampai menjelang kelahiran kelak. Susternya juga bilang, gak usah gede-gede, yang penting di atas 2,5 kilo. "Ntar gedenya di luar aja," kata dia. Bener juga ya. Kalo kegedean bayinya kan gw juga yang mejret pas ngeluarin, huhu.

Kalo dari hasil periksa darah, seperti diduga, ya HBsAg gw masih positif. Jadi dokter Seno juga berjanji bakal memastikan soal HBIG itu. Kalo vaksin Hepatitis B, udah pasti bakal dikasih, sesuai prosedur standar. Nah berhubung gw HBsAg gw masih positif dan gw dari kemaren-kemaren juga minta HBIG, dia akan pastikan itu. Soalnya HBIG itu bisa juga dibeli di apotik lain, kali aja harganya lebih murah, trus ntar pas deket-deket brojol diambil gitu. Tapi ya mana tau yak kapan brojolnya..

Selebihnya hasil periksa darah sih fine aja. Ada protein di urine gw, tapi masih dalam kadar normal. Yang oke tuh kalo rentangnya antara negatif sampai positif-1. Nah gw masih di positif-1, jadi mestinya gapapah.

Gw tanya juga soal minus kacamata gw. Soalnya gw tau dari Mirana, kalau minusnya gede, di atas -5 kalo gak salah, disarankan untuk tidak melahirkan normal. Soalnya minus gede diasumsikan tekanan bola matanya gede. Nah karena ngeden itu pasti nambah tekanan pada bola mata, dikhawatirkan pembuluh darah mata pecah, bisa mengakibatkan kebutaan. Persisnya sih retinanya copot, meski kata dokter Seno retina itu bisa direkatkan lagi. Kartun banget gak sih. Retina copot trus dilem lagi, hiehiehiehie. Dokter Seno juga bilang kalo pemeriksaan tekanan bola mata itu belum jadi standar pemeriksaan kehamilan, jadi biasanya emang gak diperiksa. Tapi karena gw minus masih -4 dan -2-, rasanya sih masih gapapa. Mudah-mudahan bener begitu deh...

Abis itu dokter Seno tanya,"Udah punya referensi dokter lain belum kalau saya gak bisa bantu persalinan?" Widih nakal. Untung gw udah tau sebelumnya dari temen kuliah gw, yang kebetulan ketemu pas senam hamil terakhir, kalo dokter Seno itu berencana cuti Natal-Tahun Baru. Jadilah gak shock-shock amat, hehe. Gw sih gak punya pilihan apa-apa, lah wong milih dokter Seno juga semata-mata karena jadwal doang.

Trus dia bilang, biasanya dia itu digantiin sama dokter Herbert dan... hm, satu lagi siapa ya. Antara dokter Bambang atau dokter Matius gitu yang dia bilang. Siapa pun itu, gw gak ada yang tahu satu pun. Dia menyarankan ke dokter Herbert. Okeh. Gw sih gak soal, meski namanya kayak Engelbert Humperdinck gitu, hihihihi.. Setelah cek jadwalnya, ternyata cucok. Dia ada praktik hari Senin dan Rabu, jam 18-20. Mantep lah, yang Senin itu bisa disikat.

Pikir-pikir lucu juga. Kemarin-kemarin gw pindah dokter secara sadar karena mencari yang sesuai kata hati. Begitu ketemu yang sekiranya cocok, yaitu sama si dokter Seno ini, eh dia malah mau cuti pas gw tiba saatnya brojol, hahaha. Nasiiibbb.. nasib... ganti dokter melulu..

Berhubung gw udah bisa brojol kapan aja, gw nanya juga soal penanda apa yang mesti diperhatiin kalo mau brojol. Yang ditekankan sama dokter Seno sih mules yang progresif: makin sering dan makin sakit. Kalo flek, itu masih tolerable. Kalo darah, itu juga mesti langsung ke rumah sakit. Begitu juga kata suster pas senam hamil terakhir. Mudah-mudahan gw tau kapan itu mules itu tiba, mudah-mudahan pas mules itu ada Hil juga, mudah-mudahan pas mules jalanan lagi sepi. Amin amin amin.

Udah deh. Abis itu pulang. Kelar. Hati senang.

Dongonya, sampe rumah baru inget. Gw malah blas lupa sama sekali nanyain soal leher gw yang agak bengkak sedikit, tapi gak sakit, plus mau nanya soal garis-garis putih di perut gw. Dongoooo...

No comments: