Sunday, December 30, 2007

Cerita dari Ruang Persalinan (2)



Jam 01.30, mules gw makin menjadi-jadi. Susternya pun memutuskan untuk periksa dalam. Alhamdulillaaaaahh... bukaan 4! Tapi gw juga gak bisa girang-girang amat sih. Dari 4 ke 10 kan masih lama yeeeee. Teorinya kan bilang, satu bukaan satu jam. Gw langsung berhitung, biyoooo apa sanggup gw bertahan 6 jam lagi menanti bukaan demi bukaan? Hadudududududududududuuuuu....

Malam terasa makin panjang meskipun ada kabar baik berupa bukaan 4. Tapi sialnya, dengan kondisi sakit yang soakoit itu, jadilah gw gak bisa menikmati kabar bukaan 4. Yang kebayang cuma betapa jauhnya angka 4 itu dari angka 10, mengingat bukaan 10 adalah bukaan sempurna siap brojol.

Gw semakin terperangkap rasa sakit. Gak bisa maju, gak bisa mundur. Gak bisa juga turn back the clock, lah mau pegimana lagi. Wong udah hamil, dan hamil kan harus diakhiri dengan brojol. Setiap kali gw mengaduh, nyokap gw selalu bilang supaya gak teriak-teriak karena hanya akan buang tenaga. Huhu, maunya mah emang gak teriak, tapi kan gw butuh berekspresi dongs, hihihi. Setiap kali itu juga, nyokap gw da suster-suster akan bilang kalo prosesnya emang akan sakit, kalo gak sakit ya gak keluar. Haduuuuu iya deeeeiii... Gile nih, apa perempuan emang didesain untuk sadomasokis kali ye?

Abis itu rasa sakit makin edan-edanan. Gw kayak gak diberi jeda buat nafas antar mules. Mules gak berenti-berenti, padahal gw pengen merasa enak sebentarrrrrrrrr aja. Tapi ya gak muksin. Yang ada malah mules berganti pengen ngeden. Pengen ngedennya tuh edan-edanan, padahal kata buku-buku kehamilan, kalo masih bukaan 4 gak boleh ngeden karena ntar bisa bikin jalan lahir bengkak. Nah kalo jalan lahir bengkak, makin sulit deh keluarnya itu bayi. Berabe dong. Gw udah sakit edan gini, masih harus menghadapi kemungkinan keluarnya bayi lebih sulit? Waduh enggak dah.

Pengen ngedennya tuh berasa gak enak banget. Otak gw memerintahkan untuk gak ngeden, sementara di ujung sana udah kayak mau jebol pertahanan tapi dihadang tembok bata seribu lapis. Ibarat orang lagi pengen kentut atau boker, tapi ini yang di perut tuh bayi gitu lho. Hadoooohhh bener-bener deh. Gw berkali-kali memekik (taelah) kepada suster betapa gw sangaaaaaaattttt ingin ngeden. Dan suster pun bilang,”Diikutin aja ngedennya, tapi jangan dipaksa.” Maaaakkksuuudddnyaa apaaaaaa? Hadoooh, gimana pula itu ’ngikutin ngeden’? Jadi gw boleh ngeden atau enggak sih? Pusyeeeenggg...

Semakin edan gw berasa pengen ngeden, akhirnya gw berhasil menarik perhatian para suster untuk melakukan periksa dalam. Sumpah ajaib banget rasanya. Gw lagi mantep-mantepnya pengen ngeden, eh di saluran yang sama masuk itu tangan suster ngecek bukaan. Dwooohhh.

Kabar gembira! Jam 3 pagi udah bukaan 8! Alhamdulillaaaahhh, mestinya sih saat ini gw udah boleh ngeden. Eh udah boleh belum ya? Tauk ah lupa isi buku. Abis itu susternya nelfon dokter Herbert, meminta dia untuk datang ke Carolus. Secara itu ruangan persalinan gak terlalu gede, jadilah gw mendengar percakapan suster yang mencari dokter. HP GSM-nya gak diangkat, fleksi gak nyambung, gak ada nomor telfon rumah. Aduuuu yang enggak-enggak aja deeeee... Ayo pak dokterrrr datanglaaaahhh....

Gak berapa lama kemudian dokternya datang. Gw udah sempet pengen nanya sih sama susternya, itu dokter Herbert rumahnya di mana ya? Kali aja gw bisa mengalihkan perhatian ke berhitung berapa lama waktu yang dibutuhkan dokter untuk sampe ke Caroulus. Tapi daripada gw pengsan kalo ternyata rumah tu dokter ada di Ciputat atau Tangerang gitu, kan mendingan gw dokem-dokem aja dan menikmati rasa sakit. Halah menikmati, dari maneeeee nikmatnyeeee.... huhuhuhu....
Karena sudah semakin dekat dengan masa-masa perbrojolan, di sinilah penentuannya: Hilman ada di ruang persalinan atau enggak.

Di awal gw hamil sih dia iya-iya enggak untuk nemenin di persalinan karena ngeri liat darah. Tapi setelah sering baca buku-buku kehamilan yang gw baca, jadilah dia mau ikut ke ruang persalinan *awas aja kalo gak mau* Nah tapi di moment of truth seperti ini, hayoooo gimanaaa... Nyokap gw bilang,”Kalo Hilman gak kuat, ya udah gapapa, jangan dipaksain.” Susternya juga nanya ke Hil, apakah dia kuat atau enggak untuk stay di ruang persalinan. Gw udah gak sanggup minta apa-apa sama Hil, dia boleh ada di luar atau di dalam ruang persalinan, yang penting mah dia ada aja. Toh sedari gw mules-mules edan itu dia udah gw tatap lekat-lekat.

Jadilah Hil stay di ruang persalinan. Dokter pun tiba, haleluya!

Pas doi nyampe, rupanya udah bukaan lengkap, sayup-sayup sih gw dengernya gitu ye. Gw udah dalam posisi mengangkang lebar dan kedua tangan memeluk paha gitu, persis seperti diajarin di senam hamil. Badan gw udah pegel linu abis sebenernya untuk angkat badan, tapi sutra lah, kesakitan ini harus disudahi, bagaimana pun caranya. Berhubung satu-satunya cara adalah dengan mbrojol, ya sudah, sikat bleeeeehhhh....

Nah, rupanya ketuban gw belum pecah. Ya gak bisa keluar dong bayinya kalo gitu. Yak ces, ketuban gw pun dipecahin. Gw berasa ada yang brullll keluar cairan gitu dari arah sono. Tentu saja gw gak bisa liat karena kealingan sama paha gw sendiri *haduh paha gw gede pisan dong, keiekeikeiek* Saat itu juga, Hil langsung pamit sama gw. ”Kamu sama Mamah aja ya.” [Setelah persalinan kelar, Hil emang langsung ngaku gak tahan begitu ketuban dipecahin,”Berasa gliyengan,” gitu kata dia. Huhuhu gapapa ya cayangkuuuu...]

Abis itu, hap hap hap, ngeden pun dimulai. Gw inget-inget pesen suster untuk gak ngeden ke arah leher karena ntar bikin leher bengkak. Mengingat leher gw udah belipet-lipet dari sononya, kalo ditambah bengkak lagi rasanya kurang elok dipandang, hihihi. Gw sempet salah cara ngeden sih, karena gak konsen antar mikirin ngeden di ujung sana sama mengingat gimana teknik ngeden yang baik dan benar. Tapi gw udah kadung berasa di akhir pertandingan, jadi gw harus mengakhiri ini dengan sebenar-benarnya. Hayo konsentrasi. Tarik napas panjang, tekuk badan, lihat ke arah perut, satu dua tiga, ngedeeeeeeeeennnnn yaaaakkk teruusssss....

Dokter dan susternya juga sempet ngasih aba-aba. Ayo ngeden lagi kalo udah mules banget. Yeileh, dari tadi juga udah mules banget kaleeeee... Hap hap hap, satu dua tiga, ngedeeeeennnnn... hajaaarrr bleeeehhh... Dokternya trus bilang,”Ayo ngeden lagi, udah keliatan nih rambutnya.” He? Keliatan rambutnya? Duh trus gw mesti gimana nih? Ngeden lagi? Hajaaarrrrrrrrrr....

Gw sih gak berasa ada sesuatu yang keluar dari sono atau enggak. Yang jelas gw berusaha ngeden sekuat tenaga aja, kayak mau boker satu ton tokai gitu. Setelah beberapa kali ngeden, entah lah gw gak ngitung berapa kalinya, gw pun melihat ada sesosok manusia berdarah-darah dipegang dokternya. Jam 04.10 pagi, laki-laki.





Haaaaiiii kaaammuuuuuu....

Gw langsung lemeeesssssss kecapeaannn. Gak berapa lama, bayinya ditaro di dada gw. Ahaaiii, selamat datang inisiasi menyusu dini! Senangnyaaaa, sukses juga gw melakukan prosesi ini...

Si bayi masih ada sisa darah di rambutnya, juga beberapa di mukanya. Dia langsung ditaro di dada gw. Ini dia nih yang kemarin-kemarin nendangin perut gw dari dalem. Ini dia nih yang bagian tubuhnya sempet dirasa-rasain Hil dari sisi luar perut gw. Ini dia nih yang sukses membuat gw menjauhi semua makanan penyebab migren. Ini dia nih yang bikin gw muntah-muntah di trimester pertama. Ini dia nih yang segera mencantumkan label baru bagi gw dan Hilman.

Aduhaaaaaaiiiiii, selamat datang ke dunia, nak!

Proses inisiasi menyusu dini pun berjalan dengan lancar. Lamanya 45 menit kata nyokap gw. Gw gak peduli lah berapa lama proses ini berlangsung. Asik juga dapet pengalih perhatian dari proses penjahitan jalan lahir dengan ada makhluk baru di dada gw. Gw cium-ciumin aja kepalanya, karena gw gak bisa terlalu jelas ngeliat mukanya. Si bayi kadang-kadang bengong diem, kadang-kadang bergerak mencari-cari. Duh terserah aja deh situ mau ngapain, assshooooyyy daaaahhh....

Sementara itu si dokter asik menjahit, dan sekali sempet gw liat dia menarik benangnya. Buset, panjang banget. Langsung gw komentarin dong,”Waduh itu panjang amat benangnya.” Eh dia malah girang sambil nunjukin lagi benangnya. Idih situ mah edan, maksud gw kan ngomong gitu biar dia gak ngasi liat benangnya, ealah kok malah dikasi unjuk, huhuhu...

Untungnya pengalih perhatian gw lebih menarik. Si doi masih sibuk mencari-cari. Dogolnya, gw yang keletihan pun beberapa kali ketiduran. Hihi gak mesra banget ya. Katanya anak pertama, katanya menanti-nantikan proses inisiasi menyusu dini... begitu kejadian kok ya malah ketiduran, keiekeikeiek...

Dan kami namai dia: Mantra Senja.

1 comment:

Anonymous said...

what a story, "nyonya"... hehehe