Monday, December 14, 2009

Tough Days Ahead

Hari ini Senja dititip ke Kayumanis karena si Ibu sakit. Sebetulnya nyokap cuti, tapi kasian ngebayangin dia mesti berduaan doang sama Senja di rumah. Apalagi kan Senja anaknya ugal-ugalan banget sekarang.

Si Ibu sakitnya parah ternyata. Setelah pekan lalu sakit, teler berat tanpa jelas sebabnya apa, hari ini dia tepar beneran. Sampai ke rumah sakit segala karena sakit kembungnya itu. Dan ternyata sakitnya gak sekadar kembung. Ada 'massa' di dalam perutnya. Massa means something inside her tummy. Diduga, tumor. Dan telfon beberapa menit lalu dari si Bapak mengkonfirmasi itu.

Ada tumor di perut si Ibu.

Hhhh. Gw masih ngilu ngebayangin si Ibu harus dirawat di rumah sakit. Setau gw, dia gak pernah ke rumah sakit sama sekali. Terakhir ke rumah sakit, adalah pas jarinya kena tusuk sate sampai harus operasi kecil gitu. Sementara sekarang, dia mesti pakai infus dan sebagainya gitu di rumah sakit. Kayaknya si Bapak yang ngejagain, duh mana si Bapak baru dapat kerja jadi supir di mana itu entah, bisa-bisa kerjaannya ilang lagi kalo kayak gini. Salsa mau gak mau dioper balik ke nyokapnya.

Ini sebetulnya skenario yang diperkirakan bakal terjadi kalo nyokap udah pensiun dan we live our own path. Sekarang kan ada tiga keluarga yang bertumpu menjadi satu: Ma-Pa, gw-Hil-Senja, serta Salsa. Ternyata Tuhan lagi kepingin kita mikirin solusinya lebih cepet, gak enak-enakan kayak sekarang.

Begitu tadi siang dapat kabar kalo si Ibu masuk rumah sakit (tadi pagi belum tau kalo penyakitnya adalah tumor), gw dan Hil langsung menyiapkan skenario terburuk. Sialnya, pekan ini gw lagi ada pelatihan yang gak bisa gw tinggal begitu saja.
- Senin: di Kayumanis
- Selasa: Hil izin, jagain Senja di rumah
- Rabu-Kamis ini yang agak tricky.
- Jumat: giliran gw yang izin

Untuk Rabu-Kamis, untunglah rencana darurat bisa dijalankan. Rabu itu kan Hil masuk sore. Dia akan izin terlambat 2-3 jam. Dia nanti akan berangkat dari rumah bareng Senja, jemput gw di kantor, Hil kerja, sementara gw dan Senja melaju ke Bintaro. Nginep di rumah Pelangi. Tadi gw udah telfon kakak gw, dan untungnya banget dia bersedia menampung. Mudah-mudahan Senja nggak papa dititip ke Bintaro. Kalo ada apa-apa, jauh kalo mesti nyamperin bo...

Jadi rencananya sepanjang Kamis, Senja bakal di Bintaro. Pulang kerja, gw akan kayak eksekutif muda yang tinggal di Bintaro, pulang ke rumah kakak gw naik kereta. Mudah-mudahan gak nyasar. Kamis malam, kayaknya mendingan gw nginep lagi. Baru pulang hari Jumat.

Fiuh.

Gw udah ngobrol panjang lebar sama nyokap, gimana kita akan survive tanpa si Ibu di rumah. Salsa gak akan ada di Pondok Bambu (hiks, sedih juga) karena dia harus sekolah, diurus anu-itu, jadi ya sudah dia sama nyokapnya saja. Sementara Senja? Hmmmhhh. Gak mungkin pekan depan gw atau Hil izin melulu, atau nitip melulu ke Bintaro. Taking a long leave, seperti usul Tatah, juga susah karena jatah cuti gw abis bis bis taun ini. Kalaupun mau, ya mesti ngutang jatah cuti tahun depan. Nyokap gw usul, dia pulang kerja jemput Senja di Kayumanis, jadi udah tinggal seperempat hari sebelum gw nyampe rumah. Sejauh ini belum ada usul lain.

Sementara untuk jangka panjang, kayaknya kita mesti cari pengganti si Ibu. Sejak dapat kabar positif dari si Bapak kalo si Ibu punya tumor di bagian perut, oke, berarti ya this is it.

Duh. Masih sedih ngebayangin si Ibu harus dirawat di rumah sakit karena tumor. Masih gak bisa ngebayangin Senja harus diurus selain sama si Ibu. Deep down inside, gw takut Senja celaka, gak bahagia, gak terpenuhi kebutuhannya, gak disayang, atau apa lah yang jelek-jelek kalo gak dipegang sama si Ibu.

Ngeri ngebayangin harus ninggalin Senja di rumah sama orang yang gak gw kenal. Si Ibu ya gak ada yang ngalahin lah, secara gw dulu dari kecil juga diurus sama dia, dan dia sekarang ngurus Senja.

Mudah-mudahan Ibu cepet sembuh. Life goes on, gw harus cari cara menghadapi hari-hari selanjutnya dengan kemungkinan terburuk Ibu gak bisa nemenin Senja lagi.

1 comment:

Anonymous said...

Don't worry. Masa sulit seperti ini pasti bisa terlampaui. Senja kan juga dilindungi oleh malaikatnya, dan pastinya oleh Yang Maha Kuasa. Begitu banyak masa-masa seperti ini yang Tatah lalui, terasa sulit dan mencemaskan ketika dihadapi, tapi terasa tidak bermakna ketika sudah lewat.
Kita semua pasti bantu, kok.