Saturday, December 26, 2009

Mencermati Mbak Ika

Seminggu pertama ninggal Mbak Ika di rumah, tentu saja gw ngeri buwanget kalo Senja harus berduaan doang sama Mbak Ika. Bukan sekadar takut Senja nangis karena gw tinggal atau kemudian mogok makan, tapi cerita soal pengasuh yang keji kejam tuh kan bertebaran di mana-mana. Better safe than sorry lah hay soal begini. Kayak apa coba gw menyalahkan diri gw sendiri kalo sampe terjadi apa-apa sama Senja... ya toh?

Kakak gw bilang, biasanya 3 hari lah didampingi lalu bisa ditinggal tu pengasuh sama Senja. Weits? Tiga hari? Wah berat tuh rasanya. Kalo di kasus Pelangi, mungkin bisa begitu karena kan di rumah Bintaro ada Bu Rofa juga yang udah duluan bekerja di sana. Jadi si Bu Rofa bisa jadi pengamatnya Mbak Wanti dulu gitu. Nah di Pondok Bambu? Kan gak ada siapa-siapa bow...

Jadilah diatur dalam seminggu harus ada yang ikut jagain Senja plus mengawasi bagaimana kerja si Mbak Ika.

Dari Minggu, gw udah briefing menyeluruh ke Mbak Ika soal kerjaan dia selama gw-Hil kerja. Untungnya dia juga proaktif, banyak nanya, dan kayaknya telaten gitu orangnya. Sebelumnya dia juga udah pernah jadi pengasuh, jadi dia nanya apakah teori-teorinya sama kayak di keluarga sebelumnya. Misalnya dia tanya,'Waktu di tempat yang dulu, sama ibunya gak boleh makan sambil jalan-jalan, harus duduk. Di sini gimana?' Hooo kalo itu mah boleh banget dongs...

Senin, pas diawasin bokap, bokap SMS gw setiap saat, ngabarin apa yang sedang dilakukan Senja dan si Mbak Ika. Senja mau bobo sama Mbak Ika, gak mau digendong. Mau makan sama Mbak Ika juga. Pokoknya menunjukkan gelagat oke deh.

Selasa-Rabu, diawasin sama Tatah. So far so good juga. Menurut Tatah, mbaknya pinter bujukin. Pas nyanyi ngikutin Jalan Sesama sih do jadi sol, kekekeke. Tatah baru kali ini deh ngadepin Senja seharian. Pusing tujuh keliling ngeliat anak kecil yang umurnya belum dua tahun udah banyak ngeles kalo disuruh anu itu. Catatan Tatah cuma pastikan TV gak nyala pas si Mbak jagain Senja karena mudah ter-distrack. Noted.

Kamis-Jumat, dijagain sama bokap-nyokap. Nah ini lebih ribet. Karena kalo Senja tau ada bokap-nyokap, jadilah dia pilih Akung dan Uti dong ketimbang Mbak Ika. Jadilah si Mbak Ika yang kelimpungan. Disuruh bobo, maunya ke kamar nyokap. Disuruh makan, eh ogah-ogahan. Gggrrhhh..

Sabtu, giliran gw dan Hil yang observasi. Walaupun rada ribet dong ya, karena Senja pasti maunya sama gw dan Hil. Mbak Ika mah jadinya suplemen saja, hehehe.

Overall, buat gw dan Hil sih kerjanya Mbak Ika ini bagus. Dia telaten, bener. Mau usaha ngebujukin. Bersih juga, mau ngapa-ngapain pasti cuci tangan dulu. Kooperatif, kalo dibilangin hayuh wae. Proaktif, gak pasif. Asik deh pokoknya.

Jadi... tarik nafas dalam-dalam, paling enggak si Mbak Ika ini lolos probation pekan pertama, hehehehe.

No comments: