Thursday, December 17, 2009

Seperti Warga Urban

Abis dadah sama Senja, oke, perjalanan sebagai warga Bintaro Jaya pun dimulai! Yay!

Gw cabut dari rumah kakak gw di Sektor 9 jam 06.25. Udah dipanggilin ojek langganan. Bayarnya 7 ribu, kata kakak gw. Abis itu jalan deh kita naik ojek ke Stasiun KA Sudimara. Wuih, biasanya gw cuma liat di peta jalur kereta doang, hihihi. Ternyata gak deket-deket amat jarak rumah kakak gw sama Sudimara. Yaah cepet sih, paling cuma 5-10 menit naik ojek, tapi ngeliat ada plang berjudul ‘Pasar Jombang’ udah membuat gw merasa menempuh perjalanan jauuuuuhhh banget.

Sampai di Sudimara, hihihi, stasiunnya kayak di luar kota gitu. Gw berasa ada di Jawa Barat atau di mana gitu, kekekekek. Gw langsung katro gitu dong, motret sana motret sini hihihihi. Abis itu beli tiket kereta. Kereta yang rutenya ke Manggarai udah lewat. Kereta berikutnya menuju ke Depok Baru. Ok, gw pastikan ke tukang tiket kalau kereta bakal berhenti di Manggarai. Betul begitu Pak? Betul, kata dia. Sip.

Gw nyeberang lah ke Peron yagn menuju ke Jakarta. Aih aih, menuju Jakarta, hihihihi. Tunggu punya tunggu, kok lama ya. Udah hampir jam 7, kok belum nongol. Mestinya padahal jam 06.41 lhoh. Gw suka keder dong kalo melakukan perjalanan jauh kayak gini. Ngeri salah. Hhh, di saat-saat seperti ini gw merindukan tube-nya London yang lebih penuh kepastian, tanpa perlu tanya-tanya kiri kanan dan beresiko mendapatkan informasi yang berbeda-beda.

Akhirnya kereta datang juga. Jam 06.50 WIB. Beres deh. Gak bakalan telat. Pas kereta jreng jreng berhenti, baru deh gw tau bedanya kereta ke Depok sama kereta ke Bintaro. Penumpangnya sangar banget pas rebutan tempat duduk! Gile. Perasaan kalo kereta ke Depok , penumpangnya slow aja pas mau rebutan tempat duduk. Lah ini beringas banget. Kereta belum berhenti, penumpang udah mendekat menyeruak ke arah kereta, lalu berbondong-bondong ikut bergeser menyesuaikan diri dengan lokasi pintu kereta. Ampun dah!

Untungnya gw dapet tempat duduk, yippie. Perjalanan sekitar 40 menit. Jam 07.30 teng nyampe di St Manggarai. Duh hebat banget. Ini mah tinggal sepelemparan tisu aja ke kantor gw. Turun kereta, nyatet bentar jadwal kereta dari Manggarai ke Bintaro. Belum tau sih ntar pulang naik kereta atau bus, yang penting kan punya alternatif.

Kelar nyatet, baru deh gw pikir-pikir. Hm ke Utan Kayu itu pake apa ya: ojek, bajaj atau bus TransJakarta? Biar pwol gw jadi warga urban, gw jalan kaki lah menuju halte bus TransJakarta. Gw berasa soooo cooool, kekekekekek.

Gw akhirnya sampai di Utan Kayu jam 08.15. Total waktu perjalanan sekitar 1 jam 45 menit. Yaaahhh ampir 2 jam lah. Tapi entah mengapa gak berasa jauh. Mungkin karena masih pagi, lalu trus dari kereta ke bus yang pakai AC sejuk, lalu gak ketemu lampu merah atau mobil macet.

Pulangnya, baruuuuu deh tuh berasa banget jauhnya Bintaro dari Utan Kayu *keluh*

Dari kantor jam 18.30. Jamnya hampir sama dengan saat gw berangkat dari Bintaro toh. Naik mikrolet M35 sampai ke halte bus TransJakarta di Pasar Genjing. Nunggu gak lama, abis itu naik bus sampai Ratu Plaza. Turun ke halte, cari mbak yang jual tiket bus Trans Bintaro, nunggu. Nunggu kira-kira 15 menit, baru busnya dateng jam 19.45. Eng ing eng, gw naik, duduk paling depan biar tau mesti turun di mana. Eh tau siy sebenernya, mesti turun di Bintaro Trade Center, BTC. Tapi ya kali aja bakal nyasar, hehe. Sampai di BTC jam 20.45. Dari segi waktu, ya wajar aja lah ya 1 jam dari Jaktim ke Tangerang, ya kan? Tapi berasa booooo jauhnya. Perasaannya beda sama waktu naik kereta...

Sampai BTC, langsung naik ojek. Sebelumnya kakak gw udah ngasih tau. ‘Kalo tukang ojek menempuh rute yang elu gatau untuk nyampe rumah gw, pas dia tanya ‘kanan atau kiri?’, elu jawab aja kanan.’ Nah udah gw inget-inget tuh. Bener aja. Si abang lewat jalan yang gw gatau. Trus bener juga, dia nanya,’Kiri atau kanan?’ Gw jawab dengan yakin,’Kanan Bang!’ Tsaaahhh berasa jagoan sektor 9 dah gw. Jalan lagi lah tu abang. Ealah kok ya terus dia tanya lagi,’Ini kiri atau kanan?’

Laaaaaahhhhhh... gatauuuuu... Perasaan kakak gw cuma bilang bakal ditanya sekali sama si abaannnggg...

Sementara HP gw mati dan alamat rumah kakak gw ada di situ, huaaaa...

Si abang menawarkan belok kanan, balik lagi ke McD, karena dari situ gw baru tau jalan. Eh ternyata pas belok kanan itulah rumah kakak gw kelewatan. Horeeee, gw gak nyasarrrrr!

Dan jam menunjukkan pukul 21. Glek. 2 jam teng bow dari Utan Kayu ke Bintaro!

No comments: