Saturday, December 19, 2009

Finding Nanny

Selalu ada kali pertama untuk semua hal, termasuk menemukan pengasuh buat Senja.

Gile, ini bener-bener sesuatu yang baru buat gw. Sejak gw umur 2 tahun, gw diasuh sama si Ibu. Lalu sekarang giliran Senja yang diasuh sama si Ibu. Begitu si Ibu ambruk sakit, nah lho bingung semua dah. Tapi karena hidup harus terus berlanjut, maka gw menjadi ‘seperti orang lainnya’: punya pengasuh buat anaknya.

Perjalanan mencari si pengasuh sudah dimulai sejak gw di Bintaro. Pas Senja tidur, gw nelfon-nelfonin sejumlah yayasan PRT/baby sitter di wilayah Jakarta Timur. Sebenernya gak harus nyari di wilayah Jaktim sih, tapi gw memikirkan jarak tempuh atau jarak antar si PRT Itu aja sih. Ternyata jari jemari gw kurang berhasil, sehingga Yayasan yang gw telfon pasti lagi gak ada stok. Begitu Hil yang telfon di Sabtu pagi, manjur. Siang itu juga kita bikin janji untuk ketemu sang kandidat.

Lalu meluncurlah kita bersama Senja ke yayasan ini. Zr Nunuk namanya, lokasinya di Jl Jatinegara Kaum. Deket banget sama rumah gw. Setiap hari ternyata gw ngelewatin tempat ini pas pulang kantor, tapi gak pernah ngeh. Kantornya kecil, bagian depannya dipenuhi tanaman. Di bagian depan pagar ada plang ‘Zr Nunuk’. Ok mari kita masuk.

Hil yang ngobrol sama orang Yayasan, lalu ketemulah kita dengan si dia.

Perempuan. Kulitnya hitam, tubuhnya kurus. Badannya agak bungkuk. Kulitnya bersih, kuku jari kaki tangan juga begitu. Mukanya agak takut-takut gitu, kayak takut salah, padahal gw mangap juga belum. Wawancara kita lakukan di teras depan kantor, karena Senja gak mau masuk. Biasa deh, lingkungan baru. Dia namanya Astuti Nur something gitu, asal Ponorogo. Bisa baca tulis. Sebelumyna ngurus jompo. ‘Bisa masak?’ Bisa, kata dia. Bubur dan semur, kata dia lagi melanjutkan. Sampai 2x dia ngomong gitu di dua kesempatan berbeda. Wah kayaknya beneran cuma bubur dan semur yang dia bisa hihihi.

Berdasarkan petuah dari kakak gw, coba eksplorasi apa yang bisa dia kerjakan. Misalnya tanya dia soal ‘ngasih makan balita’, lalu apa yang dia tau soal itu. Before-and-after-nya gitu kira-kira. Biar kita bisa dapat gambaran pemahaman dia akan jobdesc, serta bisa mengetahui apakah kemampuan dia tepat seperti yang kita cari atau enggak.

Lalu kita eksplorasilah itu ke dia. ‘Mbak, kalo ngasih makan anak seumur Senja gini, gimana?’ Dia jawab,’Ya dikasih makan. Disuapin.’ Lah. Ini gw yang dongo ngasih pertanyaan atau jawaban dia bukan yang gw cari ya? Oke, lanjut ke pertanyaan berikutnya. ‘Mbak, kalo Senja tiba-tiba nangis kejer, gimana nenanginnya?’ Lantas dia jawab,’Didiemin.’ Laahhh itu mah kita juga tau kaliiiiii... ‘Mbak, kalo ngajak main anak seumur Senja, diajak main apa aja ya?’ Dia jawab,’Mobil-mobilan.’ Udah gitu aja. Grrrhhh.

Kita sempet juga jajal uji keterampilan, mumpung Senja masih bangun. Si mbak dikasih mainan, lalu kita pingin liat gimana pendekatan dia ke Senja. Dia ambil lah buku Grover. Mukanya rada panik, kayak lagi mikir,’Waduh ini siapa pula tokoh kartun ini?’ Lalu dia buka lah itu buku. Dia sodorin ke Senja. Udah gitu doang. Gak ada manggil-manggil atau ngerayu apa gitu. Hang total.

Si kandidat ini emang hang total gitu deh. Wajahnya gak bersemangat, takut-takut dan sungguh-sungguh tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mungkin karena sebelumnya ngerawat jompo, yang ya gak usah diajak main atau diajak ngobrol kali ye. Overall impression: gak meyakinkan. Tentu saja ngeri lah kalo nyerahin Senja ke orang kayak si Mbak ini. Bisa-bisa keok kalo Senja nangis bombay atau menolak makan atau maunya lari-larian di kebun terus.

Hil ngomong lagi sama orang yayasan. Ternyata ada kandidat berikutnya.

Perempuan juga. Kulitnya hitam juga. Badannya gak sekurus si mbak yang pertama, tapi tetep kecil lah perawakannya. Lulusan SMA. Sebelumnya pernah kerja merawat bayi umur 4-8 bulan. Dia yang keluar karena majikannya terlalu banyak aturan, dia gak betah. Punya anak perempuan usia 2,5 tahun, tinggal di Ponorogo, diasuh neneknya. Suaminya buruh bangunan. Bisa baca tulis. Namanya Ika.

Dia jelas jauuuuhh lebih meyakinkan ketimbang kandidat pertama. Ketika ditanyain soal ‘Gimana cara mandiin?’, dia mulai dengan menyiapkan handuk, air hangat, lalu mandiin, dan pakaiin baju. Ya emang gitu lah kegiatannya, sesuatu yang bisa dijawab dengan lancar oleh si Mbak Ika ini. Pas ditanya soal ‘Gimana cara nenangin kalo Senja nangis kejer?’, dia punya berbagai alternatif cara. Yah cara-cara standar sih, ngasih liat kebun, tanaman, burung atau apa lah gitu. Tapi ini jelas jawaban yang lebih berarti ketimbang jawaban si mbak pertama.

Sayangnya kita gak sempet uji keterampilan sama si Mbak ini, karena Senja terlanjur molor. Sempet sih dikiiit banget momennya pas awal. Ketika si Mbak baru mau duduk di samping gw, dia langsung ambil mainan Senja, menyodorkan ke arah Senja dan kayak berusaha membujuk Senja gitu. Tapi gak sempet main-main lebih lanjut.

Impresi gw juga cukup positif sama si Mbak Ika ini. Matanya bercahaya, beda sama yang pertama. Ketika ditanya pun, dia jawab dengan semangat. Kayak tipe she knows what she’s doing, tapi juga gak jadi belagu. Impresi Hil terhadap si Mbak ini juga positif.

So this is it? (Dalam hati sambil mikir, kok mudah banget ya jalannya? Oh terima kasih Tuhan!)

Hil tanya-tanya soal biayanya. Biaya administrasi 800 ribu. Gaji 900 ribu per bulan. Biaya seragam suster 150 ribu per 3 bulan. Cuti 2 hari dalam sebulan, bisa dikonversi dengan uang sebesar 150 ribu. Si pengasuh ini bisa dianterin ke rumah, dengan biaya transportasi 100 ribu. Kalau bekerja selama 1 tahun, maka dia berhak atas cuti 14 hari atau setara dengan sebulan gaji.

Mahal? Huhuhuhu...

Karenanya gw berharap si pengasuh ini sementara saja sifatnya. Ntar kalo si Ibu udah sembuh, maka bisa dia lagi yang pegang Senja. Sementara untuk bersih-bersih rumah, ntar cari PRT lagi. Kayaknya kan lebih gampang cari orang bersih-bersih ketimbang cari pengasuh.

Sementara soal pengasuh Senja, karena ini emang keadaan darurat jaya nugraha, keputusan harus diambil cepet.

Oke, Mbak Ika, let’s give it a try!

3 comments:

Sri Kusmiati said...

rupanya nemu mbak ika di zunuk ye cit. gw sebulan lalu juga kesitu,tp pengurusnya ngaku lagi kosong smentara nyokap gw dikasih tau salah satu kerjanya kalau ada 4 available ! ha ha ha ... Goodluck !

Sri Kusmiati said...

gw malah smacam ditolak sm yayasan itu cit. pengurusnya ngaku lagi kosong sedang nyokap dikasih tau pekerjanya ada 4 available. Goodluck yah !

Anonymous said...

Iya.
MAHAL...
*menangis gerung-gerung di lantai