Wednesday, January 23, 2008

Waktu Berlalu Begitu Cepat

Bersama Senja, waktu rasanya berlalu begitu cepat.

Rasanya barusan aja gw bangun jam setengah tujuh buat nyusuin Senja, sekarang udah malem aja. Ritual setelah nyusuin pagi adalah ngebangunin Hil, karena setelah itu tiba sesi jemur-pijat-mandi-nya Senja. Selama prosesi itu terjadi, gw pun gak bisa nganggur (atau nonton infotainment huhuy atau ngedengerin Saga dengan tenang), karena gw mesti jadi asisten jemur-pijat-mandi itu. Yang gantiin popok pagi siy tetep aja Hil, tapi yang anu itu-nya ya gw. Nyiapin air mandi lah, ngambilin handuk, milihin baju, masak air panas dan sebagainya.

Pas sesi mandinya sendiri sih gw lebih banyak nganggur. Paling ngelapin alas babytafel yang basah karena bekas mandinya Senja aja. Abis selesai mandi, baru deh tiba giliran gw untuk menyusui Senja lagi. Kan gak bisa dong Hil yang nyusuin, hihihi.

Kalo pas Hil masuk, maka abis itu Hil yang makan dan mandi lalu berangkat. Tapi kalo enggak, maka gw bisa lebih leha-leha dikit. Abis nyusuin, giliran gw yang mandi. Itu pun gw bisa lama-lama karena Senja dijamin aman bareng Hil. Kalopun nangis laper, bisa ditenangkan. Lagian Senja juga anaknya gampang ditenangin kok. Yang penting digendong dan diayun-ayun aja. Diayun agak keras pun dia okeh aja tampaknya.

Sesi pagi suka agak tricky. Senja bisa melek terang benderang, bisa juga tidur molor sepanjang pagi sampai siang. Kalo lagi melek, ya diajakin main aja. Atau dia akan sibuk main sendiri, ngoceh-ngoceh sendirian, atau merhatiin kupu-kupu musical mobile yang dipasang di boxnya. Paling juga ntar nangis kalo pipis atau pup, karena Senja gak betah kalo gak bersih gitu (emang ada gitu yang betah dengan bekas pipis atau pup di pantatnya?).

Abis itu ya akan terjadi sesi bangun-nyusu-pipis/pup terus menerus. Ya gitu aja. Kalo pas Senja tidur dan gak bangun-bangun karena gak pipis atau pup, ya harus dibangunin. Kalo enggak kan kasian juga, ntar kurus karena gak makan huhu. Sepanjang sesi bangun-nyusu-pipis/pup itu, gw antara tidur dan enggak gitu. Pengen tidur molor yang lamaaaa gitu, tapi ya gak bisa juga karena gak biasa tidur pagi-pagi atau siang gitu. Untung sekarang gw punya baby monitor dari Mbak. Jadi Senja bisa ditinggal di box dengan HT nyala, dan gw memantau sambil nginternet, hihihi.

Gak terasa, udah jam 15 aja deh ntar tiba-tiba. Saatnya masak air panas dan siap-siapin peralatan mandi sorenya Senja. Perasaan barusan aja mandi pagi, huhu. Tapi Senja emang harus mandi sore, gak bisa enggak. Soalnya tu anak peliket banget. Kayak abis nguli seharian, mukanya berminyak abis-abisan gitu. Kalo gak dimandiin kan kesannya gak keurus gitu, kekekek...

Setelah mandi, ya diulang lagi lah itu sesi bangun-nyusu-pipis/pup. Agak beruntung kalo dia memutuskan untuk molor. Eh gak beruntung juga deng, karena itu berarti Senja bakal bangun sampe malem dan itu bikin pegel linu abis. Soalnya demi tidur, Senja mesti digendong sana sini dulu, baru mau merem. Kalo pun udah merem, pas ditaro di box dijamin bunyi lagi. Susah emang, Senja udah keburu 'bau tangan'.

Biasanya nyusu malem, dalam kondisi Senja bangun, yang terakhir antara jam 21-22. Bentar lagi nih. Gw harap-harap cemas juga, secara Hil lagi kerja gitu, kan caffeee juga bo kalo mesti gendong-gendong Senja sampe bobo. Soalnya Senja demennya digendong dalam posisi berdiri bow, pegeeelllll. Otot bisep kiri gw kayaknya bakal makin cihuy kalo dia nerusin kebiasaan itu sampe gedean lagi, huhuhu...

Setelah Senja tidur, ya gw-nya mestinya sih segera tidur. Tapi belum tentu bisa juga. Karena ini saat yang tepat untuk leha-leha. Bisa nonton DVD, atau nonton TV dengan acara yang kabrut-kabrut itu. Trus ntar tiba-tiba aja gw udah harus bangun tengah malam untuk menyusui lagi. Paling enggak bangun tiga kali lah pas malem, jam 12-an, jam 2-an dan jam 4-an.

Lalu tiba-tiba udah pagi lagi dan udah harus nyiapin air mandi pagi lagi. Yaoloh. Cepet pisan euy. Jangan-jangan besok Senja udah punya pacar!

No comments: