Thursday, January 17, 2008

Si Kulit Sensitif

Ternyata kulitnya Senja lumayan sensitif juga. Pertama kali ketauan pas jelang ke dokter anak, tanggal 8 Januari lalu. Di bagian bokongnya, ada lecet-lecet dikit gitu. Mula-mula cuma satu, lalu pas mau ke dokter anak udah jadi 4 lecet aja. Kata dokter sih gapapa. Dokter Eveline cuma bilang,"Kalo kayak gini masih gapapa. Tapi kalau mau, bisa dikasih resep." Well, gak dikasih resep juga sih sama dokter. Jadi ya kita anggap aja gapapa, hihihi.

Selidik punya selidik, kayaknya lecet itu terjadi karena kami pakai baby wipes buat bersihin bokongnya Senja abis pup atau pipis. Langkah ini sih sebenernya lebih karena kasian karena kok kayaknya Senja kedinginan dengan kapas basah yang sebelumnya dipakai. Apalagi kalo pas malem-malem, trus kulitnya kena kapas basah yang dingin gitu, hiiii.. kan kasian. Iya siy bisa aja diganti pake air hangat, tapi kaaaann ribet gak sih nyediain air anget gitu? Air anget kan cepet dingin. Masa nyediain termos air panas di meja bayi?

Nah dengan pertimbangan kepraktisan, dipakailah baby wipes. Gw sempet tanya ke Mbak, dulu Pelangi dari umur berapa pake baby wipes? Ternyata dari rada awal gitu. Tapi seperti kata Mbak,"Pelangi sih kulitnya badak yak, jadinya sih gapapa." Nah rupanya kulit Senja gak badak-badak amat hihihi.

Setelah itu diputuskan untuk tidak lagi pakai baby wipes. Padahal baru aja nyokap gw beliin dua bungkus baby wipes ukuran gede. Ya udah lah dikandangin dulu aja, toh gak bakalan basi. Bisa dipake esok lusa. Kembali lah kita ke kapas basah. Air hangatnya sih teteup aja belum tersedia. Kita berprasangka baik aja kalo Senja makin tangguh dengan kapas air adem, hihihi.

Sejak kembali ke langkah kapas, emang sih lecetnya gak ada. Tapi jadinya ada noda merah gitu sepanjang bokong, di kiri dan kanan belahan tengahnya itu. Merah gitu. Diaper rash kali ye, alias ruam popok (btw, ruam itu artinya apa ya?). Ada sih lotion anti ruam popok, satu dapet dari Kak Mella, satu lagi dapet dari Carolus; dua-duanya gratisan. Sekarang lagi dijajal pake yang dari Carolus, mudah-mudahan mempan.

Kayaknya juga sih bokong Senja gak tahan kalo pake pampers. Mungkin dia juga gak tega ngeliat orangtuanya ngeluarin duit banyak buat beli pampers ya. Mending disuruh nyuci popok aja deh daripada beli pampers, hihihi. Jadilah sejak semalem, ya gak dipakein pampers. Lagian kalo pake pampers toh tiap kali dilongok tengah malem juga diganti, apa bedanya dengan pake popok kain? Ya sudah, kita ambil langkah hemat saja dengan pakai popok kain, hore!

Selain sensitif bokong, lehernya juga sensitif bener. Tapi ini masih misterius, apakah karena kepanasan sehingga jadi biang keringet, atau karena kena gumoh ASI. Jadilah dilakukan dua perawatan. Setiap kali abis gumoh, sekarang gak cuma dilap pake saputangan, tapi juga dilap pake kapas basah, baru dikeringin pake saputangan. Soalnya ASI kan kalo lama di tangan juga berasa lengket gitu. Tiap abis mandi, leher Senja juga dikasih Caladine. Dua hari lalu sih sukses menghilangkan beberapa bintik-bintik merah di lipatan lehernya.

Yang lucu, sekarang di pipi Senja ada jerawat! Hihihihi. Setelah tali pusat puput, eh sekarang jerawatan.. bener-bener puber ini anak, hihihihi..

No comments: