Thursday, January 10, 2008

Petugas ASI Senja

Sejak gw rajin pijet t*k*t, sejak itu juga gw suka iseng merahin susu. Gak ada kebutuhan untuk nyetok ASI sih karena kan gw belum banyak pergi-pergi, sekadar membiasakan diri aja untuk merah manual, sebelum beralih ke breast pump elektrik. Apalagi sekarang suka berasa sakit t*k*tnya kalo abis nyusuin. Seperti kata suster, si bayi menyusu di kiri, maka yang kanan itu sebaiknya diperah supaya kedua t*k*t mendapat stimulasi. Oke deh cing.



Meskipun perahannya masih ada di kisaran 20-30 ml, teteup dong disimpan dengan suka cita. Apalagi gw udah punya botol kaca yang – lagi-lagi – dibeli di Carolus. Jadi begitu selesai diperah dan ditampung di gelas, trus gw pindahin ke botol kaca. Kalo akan dikasih dalam waktu dekat ya gw taro di kamar aja, kalo masih besok-besok, ya gw kasi label dan taro di kulkas.

Kata buku, ASI perahan itu jangan diberikan ke bayi oleh ibunya. Ntar bayinya bingung, ini emak gw kok ngasih gak lewat prosesi menyusui seperti biasanya? Nah, demi mencegah kebingungan di otak bayi yang tentunya masih kecil itu, mendingan kita nurut buku aja. Jadilah gw sibuk melatih semua orang di rumah gw untuk memberikan susu dengan soft cup, yang tentu saja juga beli di Carolus itu.

Yang paling terlatih tentu saja Hilman. Nyokap, bokap dan si ibu di rumah juga udah dilatih. Tapi tiga terakhir suka rada grogi karena baru sekali dua kali nyoba. Trus suka kasian ngeliat Senja yang kayak mau keselek gitu. Padahal sih sebenernya Senja biasa-biasa aja ngkali. Dia bisa minum dengan baik lewat soft cup itu. Ngasih ASI pake soft cup emang ada trik tersendiri. Ngasihnya tuh jangan kayak nyendokin susu yang satu per satu gitu. Itu, katanya, justru bisa bikin bayi kesel karena asupan susunya tuh terputus-putus. Jadi soft cup itu ditempelin aja ke bibir bawahnya bayi, ntar biar si bayi itu keclap-keclap sendiri seperti halnya ketika dia menyusui. Kuncinya mah pede aja, jangan keder sama Senja yang suka mogok keclap-keclap dan ketiduran di tengah menyusui, hihihi.

Jelas senang karena seisi rumah udah terlatih ngasih pake soft cup. Jadinya kan kelak gw bakal tenang ninggal Senja di rumah dengan ASI-ASI perahan itu, hihihi...

No comments: