Tuesday, January 8, 2008

Menyusui Itu Sulit

Kata banyak artikel yang gw baca pas masih hamil, menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Hehe, gw sih gak pernah ngebayangin menyusui itu gampang ye, makanya dari pas hamil juga mulai baca-baca soal menyusui, termasuk dateng ke kelas ASI buat bumil-nya Yayasan Orangtua Peduli.

Nah pas masa menyusui benar-benar tiba, gw mencoba mempraktikkan dongs. Gile. Yang susah gak cuma menyusuinya, tapi juga ngegendongnya. Mengingat gw pengguna tangan kanan, paling enak ngegendong dengan tangan kanan, yang artinya menyusui di sebelah kanan. Tapi kan gak mungkin di kanan melulu, harus selalu gantian. Jadilah gw rada akrobatik gitu pas mesti menyusui di sebelah kiri.

Saat awal menyusui, gw paling bingung kalo ditanya,”ASI-nya banyak atau enggak?” Widih, mana bisa gw tau coba, kan yang mengkonsumsi ya Senja. Langsung masuk ke mulutnya pula, gak bisa ditaker dulu. Banyak sedikit itu berapa sih patokannya?

Di awal gw menyusui pun sempet berasa sakit. Dan gw gatau darimana itu datangnya sakit. Apakah memang Senja menghisapnya kuat, atau emang betulan lecet di nipple seperti dugaan gw atau hanya salah posisi gendongnya aja? Karena berasa gak enak, pas Senja baru umur 5 hari, gw dan Hil ke Klinik Laktasi Carolus. Tempatnya di BKIA, kita udah cukup familiar lah dengan lokasi itu. Udah lama juga pengen ke Klinik Laktasi, tapi karena gatau mau tanya apa, jadilah dibatalkan dulu saja.

Pas sampai di Klinik Laktasi, gw bilang lah ke susternya soal keluhan-keluhan gw. Ternyata yang bikin sakit ya ketiga hal itu. Karena posisi gendong gw masih gak tepat, jadilah Senja menyusui dengan tidak nyaman dan itu menyebabkan lecet. Ditambah lagi dengan kekuatan menghisap yang besar, itu nambah bikin lecet juga. Oooo gitu, kirain sekadar khayalan gw aja kalo t*k*t gw sakit.

Susternya trus nanya,”Udah di-massage belum?” Hehe. Iya sih udah diajarin soal memijat t*k*t, tapi belum perah gw lakukan dengan sungguh-sungguh. Kelupaan melulu aja. Inget pijet pas lagi gak ada kerjaan, atau nonton tivi tapi acaranya gak bagus, kekekek. Jadilah gw disuruh buka baju dan bra di hadapan itu suster untuk dites, seberapa banyak sih ASI yang keluar. Gile bow, setetes dua tetes gitu. Astaganagaaaa.. Gw udah ngejengking-jengking gitu nyusuin Senja, masa yang keluar segitu doang. Langsung deh kesempatan susternya buat menerangkan pentingnya pijet t*k*t buat merangsang keluarnya ASI.

Suster lantas meminta gw untuk menunjukkan gerakan memijat yang udah gw tau. Langsung aja gw praktikkan. Gerakannya sih udah bener, tapi kekuatannya itu lhow yang mesti ditambah. Kemudian si Suster berdiri di belakang kursi gw dan mulai memijat. Mijetnya mah gak kira-kira, dengan segenap daya upaya dan kekuatan gitu. Bujubuneeeengggg soakitnya minta ampyun!! T*k*t gw langsung diulek gitu sama itu suster sembari dia bilang kalo kelenjar-kelenjar susu gw masih pada kayak batu. Emang sih berasa kayak ada butiran-butiran keras seperti batu di t*k*t gw. Gile, sakit pisaaaaannn pas kena itu bebatuan.

Setelah dipijet sama suster, dia memerah susu dari t*k*t gw. Ajaaaiiibbb... bisa mancuuurrrrr... Ya ampyun, hebat bennerrrr itu suster... plok plok plok..

Sampe di rumah, gw jajal lagi dong pijetnya. Tapi hm, well, berhubung gw sendiri yang mijet, jadi kekuatannya ditaker-taker. Jangan sampe terlalu sakit. Rugi dong, kesannya gw sadomasokis banget demen menyakiti diri sendiri, kikikik.. Nah karena itu juga, jadilah teteuuupp aja bow keluarnya cuma setetes dua tetes gitu. Sekadar nyeneng-nyenengin gw doang kali niye, huhuhu...

Pertama ke Klinik Laktasi kan hari Jumat tuh, nah Selasa-nya gw diminta balik lagi. Biar gak diomelin sama susternya, jadilah gw rajin-rajinin pijet. Sehari sebelum waktunya ke Klinik Laktasi lagi, gileeee badan gw rasanya panas dingin. T*k*t rasanya keraaaaasssss benerrrrr. Gw kayak bawa buah nangka (pas juga sih, di kebon belakang buah nangkanya lagi gede, makanya itu gw jadikan perbandingan, hihihi). Soakitnya luar biasa. Idih amit-amit deh. Jadilah gw sepanjang pagi sampe siang tekun bener ngurusin t*k*t doang. Pijet sampe berlumuran baby oil gitu, mengaduh-aduh sendirian, sementara Hil ke sana ke mari gendongin Senja. Wuih, untung dia gape ngediemin Senja, kalo enggak mah yang ada gw ikutan panik. Kan gak bisa dong nyusuin dengan t*k*t berlumuran baby oil gitu.

Berkat ketekunan gw memijet tiada henti hari itu, sukses juga euy. Meskipun meresnya masih manual dan susah payah banget, keluar juga, horeeee.. Dan beberapa kali pun gw sukses bikin air mancur, huahuaha, senangnnyaaaaa... Hasil perahan gw emang gak sampe segentong, tapi ternyata mencapai 20 ml aja pegelnyaaaaaa minta ampyuuunnn...

Langsung deh hasil perahannya ditaro di soft cup (merk Medela, beli di Carolus, pengganti sendok buat ngasih susu perahan), dan dijajal ke Senja. Syuksesss, doi mau. Lucu juga ngeliat lidah Senja ngecap-ngecap pinggiran soft cup-nya gitu, hihihi.. Huhu, tapi berhubung stoknya terbatas, jadilah itu sekadar satu dua glek alias cemilan doang buat Senja. Tenaaaangggg, esok lusa kita pijet-pijet lagi biar mancuuuurrrrr...

No comments: