Saturday, January 26, 2008

Mengenal Siang dan Malam


Sudah tiga hari ini, Senja hidup dalam pola yang cukup teratur. Dari jam 05.30 pagi udah mulai berisik, mengerang-erang, bunyi-bunyi segala macem, tapi mata tetep merem. Lalu jam 6 pagi disusuin. Jam 7-8 pagi seperti biasa melakoni sesi jemur-pijat-mandi bersama Hilman.

Abis itu dia akan bangun terus sampai minimal jam 12. Semula sih kasian. Ini bayi kok nekat amat bangun terus dari jam 6 sampai jam 12. Tapi lah wong dia sendiri yang gak mau tidur, gimana dong? Sempet sih tidur-tidur ayam gitu. Cuma sebentar, eh udah tiba lagi waktu menyusui. Jadilah dia dibangunin. Atau ntar dia kebangun pas mau di-sendawa-in. Atau kebangun karena pup atau pipis. Ya banyak hal lah yang bikin dia tidak tidur dengan nyenyak.

Dua hari lalu, Senja tepar jam 13. Kemarin dan hari ini, tepar dari jam 14. Emang sih untuk menuju tidur pulas harus digendong-gendong gitu. Untung aja sekarang dia udah gak keberatan kalo tidak digendong dalam posisi berdiri gitu. Posisi gendong craddle biasa dia mau aja, asal kita tetep goyang-goyang. Gw duga sih yang bikin dia tidur itu bukan efek goyang-goyangnya, tapi karena mata dia kayak dihipnotis gitu karena liat satu benda yang sama tapi goyang-goyang. Eh gitu gak sih?

Nah, setelah tidur siang begini, dia akan dibangunin buat mandi sore. Di sini agak tricky nih. Karena dia harus kenyang dulu sebelum mandi, kalo gak sesi mandi yang biasanya sangat menyenangkan buat dia bakal jadi sesi pilu menyayat hati dengan tangisan dan meweknya dia itu.

Abis mandi sore, boleh lah dia agak-agak bangun dikit gitu. Paling enggak ngasi kesempatan buat Kakung dan Uti-nya, kalo pas hari kerja, untuk ketemu Senja pas sesi bangun. Abis itu ya dia mak plek tidur aja tuh sampe malem. Tinggal dibangunin aja per dua jam untuk menyusui. Soalnya Senja gak pernah ngoek nangis gitu minta minum. Dia mah dokem-dokem aja. Kalo kita cuekin (dan dalam hati bersyukur karena bisa istirahat), bisa-bisa besok lusa dia kurus kering. Kan ntar gak ganteng lagi, hihihi.

Mungkin pola ini mulai terbentuk karena Senja mulai kenal siang dan malam yah. Mudah-mudahan sih begitu. Pengenalan siang-malam ini gw pelajari dari Mbak. Dia bilang, pas menyusui malam, kamarnya jangan terang benderang. Pake lampu redup aja, biar si anak tau kalo ini lagi malam hari makanya lampunya gak terang. Nah kebetulan headboard di tempat tidur gw ada lampunya, jadi itu aja deh yang dinyalain pas sesi menyusui malam. Yang belum kepikiran adalah gimana caranya ganti popok dan bersihin pup serta pipis dengan cahaya yang remang-remang. Jadilah untuk itu kita cuek aja deh, nyalain lampu yang terang. Daripada gak bersih, toh?


Dari yang gw baca di sini, gw tertarik sama bagian ini: Give him a chance to fall asleep on his own. Waduh, ini kayaknya rada susah. Karena kalo Senja matanya udah kriyep-kriyep trus ditaro di box, dia pasti langsung protes. Bisa ngoek bunyi kecil doang, atau nangis kenceng dengan muka mewek yang memilukan hati. Tadi sih gw pengen nyoba tips itu yah. Matanya Senja udah kriyep-kriyep. Gw nunggu kriyep-kriyepnya agak pol dulu dengan buka laptop, nyalain internet dan ngecek imel. Eh keasikan. Tiba-tiba Senja udah pulas tidur aja masih di gendongan gw. Yaaaahhhh... telat deehhh...

Gapapa deh. Kalo Senja tidur kan gw jadi bisa update blog, hahaha!

No comments: