Wednesday, January 30, 2008

Menyusui Tengah Malam


Seperti lazimnya bayi-bayi lain, tentu saja Senja juga dibangunkan tengah malam untuk menyusui. Karena dia gak nangis kalo laper, apalagi dalam kondisi tidur, ya jadilah kita aja yang mesti menjadwalkan bangun untuk menyusui Senja. Biasanya tiap 2 jam, atau kalo gw berasa ngantuuuk banget agak dimolorin dikit jadi 2,5 jam. Kan katanya bayi sanggup nahan antara 2-3 jam, jadi kita cari jalan tengahnya ajah.

Pas awal-awal menyusui malam, gw suka tulalit gitu. Gak inget apakah gw udah menyusui atau belum. Maklum aje, setengah sadar. Belum lagi suka gak kebangun sama alarm di hp. Atau kebangun pas Senja agak ngoceh-ngoceh gitu dan tiba-tiba gw wondering, jangan-jangan Senja lapernya udah lama yah. Sekarang gw udah lebih waspada. Hp ada tiga, ya tiga-tiganya dipasangin alarm dan dinyalain. Dua hp dipasang dalam moda snooze, jadi gak ada alasan untuk gak bangun. Sejauh ini sih sukses dengan bangun bersama alarm.

Selama menyusui tengah malam itu, Hil juga ikutan bangun. Pembagian tugasnya adalah gw menyusui, dia yang ngangkat Senja dari box dan memberikannya ke gw serta gantiin popok kalo pipis atau pup. Adil dongs, secara Hil gak bisa menyusui gitu lhow. Dulu gw pernah usul, gimana kalo tengah malem itu Senja dikasih susu pake susu perahan dengan soft cup. Tapi kata Hil, jangan ah, kan Senja juga butuh dipeluk malam-malam. Hm, betul juga. Jadilah kita singkirkan dulu pilihan ngasih susu pakai soft cup di tengah malam.

Yang susah selama sesi menyusui tengah malam itu adalah ngebangunin Hil. Biar kata ada 3 alarm bunyi, teteup aja dia bisa gak bangun. Mesti digoyang-goyang dulu badannya, baru deh bangun. Itu juga bangun sadar-gak-sadar gitu. Bisa aja terus berbalik badan ngadep tembok, trus ya nerusin tidur. Makanya gw udah gak memberlakukan moda 'membangunkan dengan lembut' lagi dah. Digoncangnya mesti agak kenceng, nah itu baru bisa ngebangunin Hil.

Tadi pagi pas nonton tivi, tayangan semua infotainment lagi ngebahas soal kelahiran anaknya Dewi Rezer dan Marcel Lefrandt. Pas diwawancara, Dewi Rezer bilang kalo dia doang yang bangun tengah malam. Kata dia, kasian kalo Marcel ikutan bangun tengah malam. Mendingan dia aja yang bangun tengah malam untuk menyusui, biar besoknya Marcel bisa bangun pagi, ngejemur dan mandiin bayi.

Begitu denger itu, Hil langsung senyam-senyum. Langsung berasa dapet alesan untuk gak ikutan bangun tengah malam. "Nah itu tuh baru istri pengertian," kata dia sambil ngikik-ngikik. Idih enak ajeeee. Gak ada deehh yaawww... Secara ini anak berdua gitu lhow, urusan ASI tengah malem mesti jadi urusan bersama juga.

Capek? Jelas. Hil capek kerja di kantor, kan gw juga capek ngurusin Senja di rumah. Sama dwongs.. Makanya, untung sekarang Senja udah pinter bedain siang malem, itu udah agak menolong. Walapun hari ini agak mencemaskan ya karena Senja bobo melulu, huhuhu. Mudah-mudahan karena cuaca lagi mendung dan udaranya dingin yak, jadi dia bobo terus.. Kalo enggak kan alamat begadang nih ntar, huhuhu..

No comments: