Friday, January 25, 2008

Bintik Merah

Sejak pekan lalu (kayaknya), ada bintik merah di pipi Senja. Mula-mula sih di bagian pelipis kanan, diduga keras karena nyamuk. Padahal rasanya sih Senja selalu tidur diselubungi kelambu, jadi mestinya sih aman. Ada sih lotion anti nyamuk, tapi kan gak boleh dipake di muka. Jadi kalo nyamuknya memilih gigit di muka, gimana dong? Huhuhu. Bintik merah ini sempet juga diolesin dengan minyak telon. Ajaib, besoknya ngilang tu bintik merah..

Abis itu beberapa bintik-bintik merah muncul di lipatan leher. Gw duga, itu biang keringat. Kemarin-kemarin kan emang sempet panasnya gila-gilaan tuh. Udah diolesin Caladine, manjur, ilang. Tapi gw juga gak tekun betul ngasih Caladine, soalnya gimana pun kan itu bahan kimia ya. Ngeri gimana gitu kali ye. Setelah sempat menghilang, bintik merah itu sempet muncul lagi. Dari kemarin mulai dikasih Caladine lagi, mudah-mudahan manjur.

Belakangan, bintik merahnya lebih banyak di pipi. Kayak jerawat gitu. Tadinya cuma dua, sebelahan gitu di pipi kanan. Tapi kok sekarang jadi agak banyak ya? Kalo Senja lagi anteng sih gak terlalu ketara. Bakal ketara banget kalo pas Senja ngulet atau nangis atau ngeden atau apa pun yang menyebabkan seluruh mukanya merona merah. Huhuhu kasian bener ngeliatnya. Masa bayi kulitnya gak mulus?

Barusan gw browsing, ada beberapa kemungkinan soal penyebab bintik merah itu. Bisa eksim susu, tapi rasanya enggak. Karena gak berair gitu jerawatnya. Beberapa beneran kayak jerawat, dengan bintik putih kayak 'isi' jerawat gitu. Ada yang bilang ini karena ASI. Bisa jadi sih karena pas nyusu Senja sering belepetan gitu. Senja juga sering gumoh. Mungkin kena ASI pas gitu kali ye. Cara mengatasinya, katanya siy, dilap aja pakai lap atau kapas basah. Sejauh ini sih gw sudah melakukan itu, tapi kok masih ada ya bintik merahnya?

Ada juga yang bilang karena alergi susu. Ih masa Senja alergi gitu sama ASI gw? Kalo alergi sama ASI mestinya dia gak mau nyusu dong. Setelah baca-baca, alergi susu itu lebih disebabkan kalo si bayi minumnya susu formula. Ah berarti mestinya bukan karena alergi susu dongs ya.

Dari hasil browsing di sini, ada beberapa orang yang pernah mengobati bintik merah di pipi bayi itu dengan sabun Sebamed. Tadi sih kepikiran buat nyoba. Tapi aman gak ya kira-kira?

1 comment:

Anonymous said...

Sebamed lembut bgt mba,soalny sabunny cair bgt ky air.Eh tp gtw kl bwt bayi ky Senja...