Sunday, October 11, 2009

Malam Mingguan di RSCM

Settingnya begini. Jam 19.30-an. Gw lagi di dapur, nyiapin roti selai stroberi buat Senja. Hil dan Salsa lagi di depan TV. Sementara Senja melintasi lantai basah yang barusan gw pel, sambil berlari, demi mendapatkan roti isi stroberi (bukan yang gw buat, tapi yang lain lagi).

Eng ing eng. Gedubrak.

Senja jatoh. Kepala belakang kepentok duluan. Bunyinya kencweng banget. Huhuhu.

Gw langsung gendong Senja untuk menenangkan. Gw bawa ke sofa depan TV kamar sebelah, biar ganti suasana, plus lebih gampang kena kipas angin. Senja tetep nangiiisssss terus. Ya wajar lah hay. Abis itu pas Salsa di sebelah gw, tiba-tiba dia tanya,'Ih kok Senja kupingnya kayak ada hiasan gitu?'

Hiasan?

Gw langsung panggil Hil untuk ngeliat. Ternyata hiasan yang Salsa liat itu adalah darah.

Huwaaaaaaa...

Panik lah langsung. Karena udah ada darah-darahan, kayaknya mesti ke dokter nih. Oke, panggil taksi. Eh, telfon nyokap dulu, memastikan aja bahwa bener ini mesti ke dokter. Eh ternyata nyokap udah sampe deket rumah, jadi mau dianterin aja ke dokter.

Hajar bleh!

Bokap bilang, ke UGD RSCM aja karena di situ ada spesialisnya. Beda dengan UGD RS lain yang hanya dijaga dokter umum. Oh, bener juga kali ye. Ikutin aja dah.

Sepanjang perjalanan ke UGD, ampun deh rasanya bener-bener gak karuan. Soalnya gw yang ngepel tu lantai secara tidak kering. Jadi kan gw yang bersalah. Duh langsung deh kebayang-kebayang pikiran buruk kalo Senja kenapa-kenapa. Sebenernya sepanjang jalan Senja juga udah gak nangis sih, tapi tidur. Gw-nya aja yang parno sendiri.

Demi meredam parno, ya gw google saja lah di HP. Gw mencari tau soal berdarah di telinga. Rata-rata sih gak bilang terlalu berbahaya sih, agak melegakan juga. Tapi sampai ketemu dokternya dan dia bilang sesuatu kan jadinya belum pasti.

Begitu sampai UGD, langsung diarahkan ke bagian THT. Senja langsung bangun dong, dan gw jelaskan kalau kita ada di Rumah Sakit, untuk periksa kepala dan telinganya yang sakit habis jatuh. Sampai di ruangan THT itu, gw langsung disuruh duduk di kursi yang kayak kursinya dokter gigi gitu. Senja dipangku, kakinya dilurusin, lantas dijepit dengan paha dan kaki gw, sementara tangan gw memeluk dia erat-erat, supaya tangannya gak ke mana-mana. Dokter mulai ngeliat telinganya.

Pertama-tama, dicek dulu apakah cairan yang keluar itu hanya darah atau ada cairan otak juga yang keluar. Setelah dicek, ternyata hanya darah. Amin. Haleluya. Abis itu dimasukin kayak perban kecil gitu lagi, dikasih betadine, untuk menghentikan perdarahan kayaknya. Udah, beres.

Abis itu, Senja diminta untuk rontgen kepala. Haduuuuuu anak umur 1 tahun 9 bulan kok rontgen dan urusan sama sinar-sinar radiasi gini, huhuhuhuhu. Tapi ya sudah lah. Rontgen ini diperlukan untuk ngecek apakah di kepalanya ada retak atau enggak. Bayangkan kalau prosedur itu tidak ditempuh dan ternyata Senja ada retaknya, duh gw bisa nyesel sampe tujuh turunan tuh...

Kita bergeser lah ke ruangan untuk rontgen itu. Wuih, perjuangan euy. Gw kan harus pakai celemek berbesi gitu yang beeerraatnyaaa minta ampun, sementara di saat yang sama juga harus gendong Senja yang uget-uget gak nyaman ada di ruang rontgen yang dingin. Tapi the show must go on nak. Biar cepet kelar aja yuk.

Ya sudah lah. Posisi pertama, beres. Posisi kedua, sempet harus diulang karena Senja yang mestinya liat atas malah liat ke samping. Huhuhu. Tapi percobaan kedua sukses, karena Hil membantu dengan ngitung satu sampai sepuluh dan Senja terbius ngeliat ke sana. Ohiya, Senja udah bisa lho berhitung satu sampai sepuluh, pintar yaaaa..

Abis kelar rontgen, ya mesti nunggu hasilnya dong. Dari situ sih nunggu nunggu nunggu melulu gitu. Sementara gw lapernyaaaa minta ampun. Tapi untung banget gw udah sembuh. Soalnya seharian tuh gw ditinggal Hil dan Senja plesir karena gw tepar jaya nugraha karena badan gw ambruk. Lebih untung lagi, gw udah mandi, hihihihi.

Selama nunggu, Senja tidur. Amin. Kasian lah dia udah kecapekan nangis dan stres karena ketemu ruangan baru, orang baru, plus dirontgen segala. Sesi selanjutnya sebetulnya tinggal nunggu hasil rontgen. Setelah agak lama nunggu, hasilnya tidak ada retak-retak. Semula bokap sempet ditawarin oleh temennya supaya Senja CT Scan saja, biar keliatan lebih menyeluruh. Tapi menurut dokter di UGD, mengacu ke hasil rontgen Senja, rasanya sih gak perlu. CT Scan jadi berlebihan. Oke deh, sip.

Abis itu nunggguuuuu lagi. Selama nunggu, gw gelisah karena dompet gak ada di tas. Nyokap yakin liat di ruang rontgen. Sementara gw yang beresin barang pas mau cabut dari ruang rontgen, gak merasa liat dompet gw itu. Yang gw inget justru Hil yang terakhir pegang dompet gw, pas gw minta dia cari kartu asuransi Senja dan gw di dompet. Dompet gitu lho di saat genting gini, lalu gak ada pastilah bikin panik. Tapi panik jadi gak berguna, karena toh gw gak bisa jalan dan nyari, tapi harus jagain Senja. Ya udah lah pasrah aja.

Akhirnya kami ninggal Hil di RSCM. Dia yang minta begitu karena dokternya lamaaaaa banget nulis laporannya. Dokter terakhir yang menemui kami adalah DSA. Dia pesen untuk waspada jika Senja tiba-tiba muntah (tanpa diawali dengan makan gitu), atau kehilangan kesadaran (dari gliyengan sampai tiba-tiba pingsan). Sialnya dua lagi pesen tuh dokter, gw lupa, huhuhuhu.

Eeeehh dompet ketemu, horeeeee. Abis dompet ketemu, gw merayakan dengan pipis. Duh gw udah curiga dong. Pipis di UGD RSCM. Pasti enggak banget. Tapi kebelet, gimana dong. Bener aja. WC buat perempuan ada 2 bilik. Satu rusak, satu lagi pintunya gak ada. Ya sudah kita hajar aja yang pintunya gak ada. Kalo tiba-tiba ada yang liat, bonus aja dah. Makanya gw langsung buru-buru. Mana pesing buwanget pula, iihh amit-amit dah.

Abis itu kami langsung pulang. Senja di jalan gak mau tidur. Mau sih tiduran, tapi gak mau merem.

Gile ya. Padahal ini malam terakhir kami bertiga, karena besok siang Hil terbang ke Mexico. Ugal-ugalan gini jadinya. Huhuhuhu.

No comments: