Saturday, June 6, 2009

Si Jiper

Sabtu malam ada kawinan temen kantor, Nanda, di Mesjid At Taqwa Pasar Minggu. Kami pergi ke sana bareng Senja. Tadinya sempet kepikir Senja ditinggal aja di rumah karena kawinannya malem, udah deket waktu tidur Senja. Tapi berhubung bokap-nyokap nginep di Jatisari, jadilah Senja harus turut serta.

Kami berangkat sekitar pukul 18, pakai supir Maulana, pakai Panther. Senja tidur pas di jalan, padahal belum sampai ke jalan baru, eh dia udah molor aja. Tapi gapapa deh, lumayan dia bisa tidur, kan perjalanan rada jauh dari Pondok Bambu ke Pasar Minggu.

Sampai di lokasi kawinan, Senja langsung berasa jiper. Digantiin pakaian, gak mau. Protes. Setelah itu sukses, keluar mobil, pas mau masuk gedung, dia jiper lagi. Padahal gak ada apa-apa. Belum ketemu temen yang menyapa dengan riang gembira sembari mencubit pipi Senja, misalnya. Tapi tetep aja dia jiper sendiri. Iya, pastinya karena lingkungan baru, tapi masa segitunya amat yak?

Sampai di dalam ruangan, sejatinya masih sepi karena pengantinnya aja belum di pelaminan. Teori gw sebelumnya, Senja jiper kalo gw dan Hilman kenal seseorang yang tidak dia kenal. Dulu Eci pernah cerita Adam, anaknya, juga kayak gitu; jiper kalo ada bareng seseorang yang ayah-ibunya kenal, sementara dia enggak. Hal ini dibuktikan dengan ketika Adam di supermarket atau di mal, dia dengan ceria ketemu orang-orang asing.

Lalu mulai ramai orang-orang, dan Senja maunya di pojokan. Digendong. Gak mau sedikit pun diturunin. Dia cuma mau turun pas diajak Hil mainan air mancur, hiasan di pelaminan. Tapi kan ya gak bisa terus-terusan di situ, secara pelaminan bakal difoto terus gituh. Begitu lepas dari area air mancur, ya Senja maunya digendong lagi. Huhuhuhu.

Orang ramai, teman-teman mulai berdatangan, dan Senja tetep jiper. Gak sedikit pun senyum atau menunjukkan kegembiraan. Gw sama Hil mulai lirik-lirikan. Senja belum berubah juga niy dari beberapa bulan terakhir, masih ada jiper dengan orang asing dan butuh waktu yang relatif lama untuk merasa nyaman. Mesti diapain yak..

Gak berapa lama, Mas Anton, juga temen kantor, dateng bersama anak-istrinya. Usia anaknya gak beda jauh sama Senja, paling Senja lebih tua beberapa bulan, gak sampai setengah tahun. Pas kenalan, si Vico ini juga langsung nangis. Wajahnya cemas juga, keliatan gak nyaman karena gw dan Hil pastilah orang asing buat dia. Sempet terlintas untuk nanyain soal itu ke Mas Anton, apakah dia menyadari ke-jiper-an anaknya juga seperti kami menyadari hal itu di Senja atau enggak. Tapi urung ditanyain, lupa.

Sampai akhir acara, ya Senja teteup aja jiper. Huhuhu. Hil sampai mikir, rencana nyekolahin Senja bisa-bisa mesti dipercepat, demi mempercepat pula proses sosialisasi Senja dengan teman-teman sebayanya. Supaya dia gak mudah jiper ketemu dengan orang lain. Padahal semula gw kira hal itu gak akan jadi problem buat Senja, mengingat di rumah selalu ada Salsa, yang beda 5 tahun sama dia. Rasanya itu beda umur yang lumayan aman, dan mestinya bisa membantu Senja untuk bersosialisasi.

Bener aja. Begitu masuk mobil, Senja langsung ketawa-ketiwi. Di jalan gak bisa diem, ajrut-ajrutan dan sibuk ngoceh-ngoceh. Bedaaaaa banget sama pas di tempat kawinan.

Jadi enaknya Senja sekolah umur berapa ya?

1 comment:

Rani said...

hi citra, menurut gue sih Senja gak jiper sekedar jiper, tapi dia emang belum merasa comfort aja sama lingkungan tempat kawinan tsb. Dengan demikian kalo mo rencanain sekolah, transitional phase-nya harus rada terencana kali ya. Kalo gue ke Noe / Kei, pas hari2 pertama masuk sekolah, gue udah janjian dulu ama guru-nya untuk hand-over selalu kepada orang yang sama supaya Noe/Kei ada orang tempat bergantung (ya digendong dsb). Pelan2 kemudian dilepas di sekolah. Dalam 2-3 minggu dia udah merasa feel at home di sekolah.