Wednesday, June 10, 2009

Mogok Makan, Mogok Obat, Mogok Segalanya

Berhubung dr Arwin baru praktik sore hari sementara panasnya Senja tinggi di malam hari, ya sudah, kita jajal ke dr Eveline. Pagi-pagi telfon Carolus, eh ternyata dr Eveline cuti, yang ada hanya dr Mogi. Ah ya sudahlah siapa saja.

Di Carolus, seperti biasanya, Senja masih parno sama lingkungan baru. Langsung panik gitu dei, padahal belum ketemu siapa-siapa. Hhh, bener-bener deh ini harus segera dibenerin supaya Senja ’siap’ menghadapi dunia yang kejam ini. Sebelum masuk ke ruang dokter, Senja sempet pup 2x, eh cepirit deng. Sementara paginya 2x mencret, huhuhu.

Ok, setelah agak lama menunggu, akhirnya kita bertemu dengan si dr Mogi. Ini kali pertama bersama dia. Senja langsung kejer begitu masuk ke ruangan dokter, apalagi pas direbahin di meja periksa. Abis itu Senja diperiksa, la la la, li li li. Berhubung Senja nangis, jadilah gw yang berkonsultasi dengan si dr Mogi ini.

Diagnosis dr Mogi adalah Senja itu radang usus. Lho, kok bisa? Ya entah lah. Trus dia menuliskan resep untuk mengatasi itu, juga resep untuk memadatkan pupnya supaya gak mencret. Trus dikasih kayak obat kembung gitu, kalo gak salah.

Lalu untuk alerginya Senja, dia mengusulkan begini. Coba makanan yang ’pure’: bubur aja. Gw sampe mengernyitkan dahi. Serius neh? Secara Senja udah kenal rupa-rupa rasa, trus disuruh bubur tok til dengan bumbu garam doang? Hayah. Tapi eniwei, usul dia gitu. Tiga hari bubur doang, abis itu tiga hari kemudian bubur + ayam, tiga hari kemudian bubur + daging. Kalo mau dikasih sayur, berilah wortel. Kalo ngedengerin saran itu doang siy rasanya gampang. Tapi apa Senja gak kurang gizi ya ntar? Lah wong makannya aja udah ogah-ogahan, BB di bawah yang semestinya, apalagi ini kalo disuruh makan bubur doang yak. Trus buat urusan mencretnya, kata dia, jangan kasih sayur, buah dan susu selama ’pengobatan diare’. Wah wah, makin berat. Untuk radang ususnya, si dokter memberikan antibiotik.

Obat tetep ditebus siy, tapi setelah pikir-pikir, akhirnya gw dan Hil tidak memberikan obat itu ke Senja. Pertama, soalnya abis itu pup Senja lembek, bukan mencret, jadi mudah-mudahan gapapa. Soalnya gw khawatir juga menghujani Senja dengan obat antibiotik, yang artinya mesti satu ronde abis kalo enggak ntar tubuhnya kebal terhadap obat tersebut, sementara gejala mencretnya udah gak ada. Berbekal logika itu, gw dan Hil sepakat untuk tidak memberikan si antibiotik.

Obat yang dipake, itu pun cuma 1x , adalah obat yang buat lambung. Logikanya gini. Senja kan lagi gak enak makan tuh, siapa tau ada yang gak enak gitu di lambungnya. Obat ini mudah-mudahan bisa membantu. Tappiiiii.. ngasih obatnya, ampyuuuunn dah, susahnya setengah mati! Ih, beda banget sama dulu, saat dia begitu bersemangat pas minum obat dan dengan sukarela membuka mulut.

Berhubung Rabu malam ada acara ultah KBR68H di Hotel Nikko dan gw jadi salah satu petugas meja, target gw adalah membuat Senja makan dulu. Kalo dia makan, gw bisa tinggalin. Kalo dia gak mau makan, ya sudah, gw tetep di rumah.

Wuiiihh ngasih makannya susaaaahhh banget. Padahal udah sengaja dibikinin pure kentang, kan lembek-lembek gitu. Nyuapin Senja pake sendok bener-bener susahnya minta ampun. Terpaksa lah diputar Elmo sembari makan. Senja nggelesot di lantai, tiduran di paha gw, trus gw kasih makan Senja dengan cara mencolekkan itu ke bibirnya Senja. Kalo gak begitu, sama sekali gak masuk ini makanan.

Berhubung Senja udah mau makan dikiiiiiiiit, ya sudah deh. Gw ke acara ultah KBR6H di Nikko sementara Hil siaran Rock in Rabu. Semoga lancarrrrr...

No comments: