Monday, June 15, 2009

Kontrol DSA Alergi

Hari ini kita ke dr Arwin dengan tim yang berbeda lagi. Kali ini nyokap yang ikut dalam rombongan karena dia yang bakal megangin Senja selagi gw dan Hil berkonsultasi dengan dokter soal perkembangan kesehatan Senja.

Kali ini nunggunya rada lama karena kita dateng agak telat. Hampir pukul 19 kita baru dapet giliran. Jadilah Senja udah bete duluan, bosen nunggu dan clueless mau ngapain. Begitu masuk ruangan dokter, ya bener aja, langsung noangis kwejer. Sama dokter diperiksa seluruh badannya dengan teliti, abis itu oke, dioper ke nyokap yang siaga di luar.

Si Pak Dokter lantas melihat dengan saksama catatan makanan yang sudah gw siapkan. Gw cerita juga soal susu kedele yang ternyata membuat Senja bentol. Di situ dr Arwin bilang kalo penggunaan susu kedele kadang bisa memicu alergi terhadap kacang-kacangan yang lain. Wakwaw. Salah langkah deh huhuhu.

Salah satu concern utama gw adalah susu buat Senja. Kalo Senja gak bisa minum susu sapi, juga gak bisa minum susu kedele, gimana dongs. Dan untuk kali kedua, dr Arwin bilang bahwa untuk anak di atas 1 tahun, susu udah bukan yang utama. Kan udah makan makanan yang lain-lain, aneka rupa. Jadi asupan kalsium, protein dan sebagainya bisa didapat dari daging, sayur dan sebagainya. Gw berasanya sih masih beraatttt banget menerima kabar ini. Duh susu kan enak, bergizi dan sebagainya. Apalagi kan pakem 4 sehat 5 sempurna sebaiknya masih dipercaya. Sementara sekarang Senja gak bisa minum susu sapi atau kedele, huhuhu.

Alternatif susu yang sempet gw baca, juga dikabarkan oleh Tatah, adalah susu Nan HA dari Nestle. Katanya itu susu hipoalergenic. Tapi pas gw tanya ke dr Arwin, dia bilang susu Nan HA itu lebih untuk pencegahan, kalo bapak-ibunya dari awal ketauan ada alergi dan ingin mencegah ’penularan’ ke anaknya. Jadi ini lebih untuk pencegahan atau pemberian susu di masa awal, bukan untuk anak seumur Senja.

Gw sempet tanya juga soal susu kambing. Entah lah di mana mendapatkannya atau gimana rasanya, yang penting ditanyain aja dulu. Dia bilang, mendingan enggak, karena di kalangan dokter alergi masih kontroversial. Ini masuk kategori ’daripada-daripada, mendingan-mendingan’ kira-kira gitu. Sementara soal air tajin, dia bilang sih gak usah. Penjelasannya gini: nasi itu glukosa, sementara air tajin, secara itu cuma air rebusan beras, itu adalah glukosa polimer. Gak berguna buat tubuh, apalagi yang masih bisa mengkonsumsi nasi. Kalo tubuh gak bisa menyerap nasi dengan baik, nah boleh deh tuh minum air tajin. Hmmm okeh, gitu ya?

Lain hal lagi, soal punggung Senja yang busikan. Kata dr Arwin sih itu kayak keringet buntet aja. Maka dari itu, kalo bajunya basah, segeralah diganti. Sejauh ini siy memang busikan di punggung itu terlihat makin berkurang. Yang tadinya lebar sepunggung, lama-lama makin kecil.

Sementara soal tersangka tungau, kata dia, ini masih jadi perdebatan keras di antara dokter-dokter alergi. Ada yang percaya, ada juga yang enggak. Kalaupun tungau jadi penyebab, ini bukan penyebab utama. Agak sulit menghalau tungau betul-betul pergi dari kasur, meskipun sudah menjemur kasur, misalnya. Karena tungau bisa hidup nyelip-nyelip di tengah kasur. Kalo mau ganti kasur, pilihlah kasur yang berbahan latex, tapi jangan yang terlalu tebal atau terlalu padat. Nah jadi yang kayak apa? Ntauk dah.

So far dia bilang variasi makanan Senja udah baik dan harus dipertahankan. Dia bilang, ada dokter-dokter yang melarang sampai puluhan jenis makanan. Itu justru berabe, kata dr Arwin, karena dikhawatirkan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak di usia seperti Senja. Hajar bleh aja segala makanan, asal memperhatikan betul jangan seafood dan susu sapi. Makanan atau minuman berpengawet juga mesti dicoret dan dibuang jauh-jauh.

Yang perlu dicermati juga adalah meningkatkan BB Senja dengan segera. Anak seumur Senja diharapkan paling enggak BB-nya itu 11-an kilogram. Sementara Senja? Turuuunnn bow jadi 10 kilo sajaaaaaa... huhuhu..

Senja dapat obat lagi. Kata dr Arwin, ini obat yang berbeda dari sebelumnya. Soalnya obat alergi kalo udah dikasih terus menerus selama sekian waktu, jadi gak manjur lagi. Bukan karena tubuh kita jadi kebal (kayak kalo pake antibiotik), tapi misalnya obat A menutup ’lubang’ A, sementara ada ’lubang-lubang’ lain yang juga jadi tersangka. Nah ’lubang lain’ inilah yang diincer dengan memberikan obat baru.

Obat alergi: ciproheptadine + Hcl ephedrin. Obat untuk mencret-nya Senja: Alystatine + Pigredatin (ini tebak-tebakan ya, tulisan di copy resep dan tulisan Hil sama blundernya, huhuhu).

Senja, cepet sembuh ya. Bosen toh minum obat terus?

No comments: