Saturday, June 13, 2009

Mencret

Hari ini benar-benar menegangkan. Kami emang komplit ada di rumah buat Senja, tapi gw tepar, badan pegel linu, demam, bawaannya pingin rebahan terus. Udah pijet huwenak banget, tapi tetep aja abis itu bawannya pingin istirahaattttt melulu.

Jadilah seharian itu Hil jibaku sendirian bersama Senja. Kalo kondisi Senja pas oke-oke aja siy gapapa. Lah ini... mencemaskan bener-bener.

Pertama, mencret. Mencretnya itu tuh pukul 2, 6, lalu 8.30 pagi. Lalu gak lama muncul bentol di punggung. Duuuhhh, mana obatnya juga udah abis pula, jadinya kan gak ada ’penyelamat’ apa pun. Artinya pasti ada yang salah sama makanannya. Tapi apaaaaaa?

Sepanjang hari ini, Senja makan nasi uduk, bihun goreng, rice macaroni, brokoli, minum susu Ultra. Nah yang mencurigakan th, tiap kali abis minum susu Ultra, trus Senja mencret. Hil udah curiga dari awal. Tapi gw mencoba menghilangkan prasangka buruk terhadap si Ultra. Gw gak tega aja ngebayangin Senja harus putus hubungan mendadak lagi dengan susunya. Pertama banget susu Ultra, lalu susu kedele, lalu susu Ultra lagi. Sementara di sisi lain, kita belum punya alternatif minuman pengganti buat Senja. Rasanya kok gak aci banget gitu lho, melarang sesuatu tapi nggak ngasih alternatif pengganti. Makanya gw mencoba bertahan, udah lah gapapa dikasih dulu itu susu Ultranya.

Tapi lama kelamaan, reaksinya makin segera. Minum Ultra, gak lama pasti mencret banyak. Duh, sedih banget rasanya. Belum lagi ditambah bentol-bentol yang makin banyak dan merah-merah. Dooooohhh huhuhu.

Senja tidur sorenya telat banget, baru sekitar pukul 16.30-an. Bangun 17.45, langsung makan pakai nasi dengan ikan mujair goreng. Cuma dapet 10 suap, langsung minum susu Ultra, dan kontak dihajar merah-merah di badannya. Gak lama bokap pulang, membawa makanan dari resto vegetarian deket rumah. Senja makan udang goreng tepung. Tentunya ini udang-udangan, karena kan orang vegetarian gak makan udang.

Abis itu, bokap-nyokap ke Cipinang, sementara gw kembali teler. Di tengah gw teler di tempat tidur, sayup-sayup gw ngedenger suara Senja nangis parau banget. Panjang, lama, dan kedengerannya sediiiiiihhh banget. Gw yang belum sanggup turun dari tempat tidur trus teriak ke arah Hil, nanyain ada apa. Tapi gak dapet sahutan apa pun. Jangan-jangan gak denger, karena suara gw kalah kenceng dibandingkan suara tangisan Senja. Kejeerrrrr banget. Mungkin sama kencengnya kayak waktu Senja disunat deh nangisnya. Kejer, sedih, kesel dan parau banget. Dari kamar, gw menduga Senja minta susu Ultra lantas gak dikasih sama Hil.

Karena penasaran, gw bolak balik manggil dan nanya sambil teriak ke arah Hil dan Senja. Jadilah Hil ikutan spaneng. Dia ndatengin gw sembari membopong Senja yang bagian celananya udah diplorotin. ‘Senja kegatelan dan kesakitan!’

Gw langsung lompat dari tempat tidur dan nyamperin mereka berdua. Pantat Senja udah merona meraaaaahhh semua. Di bagian yang gatel dan panas itu, diolesin Caladine untuk meredakan dan membuat nyaman. Tapi ternyata itu gak manjur. Senja dibopong sama Hil ke depan kipas angin, siapa tau kalo dapet angin-angin gitu jadi tenang. Gak manjur juga.

Gw langsung gendong Senja, mencoba membuat dia lebih tenang. Sembari pantatnya gw tepuk-tepuk dikit, siapa tau itu membantu. Senja sempet tenang sebentar, trus inget lagi sama gatal dan panas di pantat, jadi oweeeekkk langsung nangis lagi. Huhuhu. Rumah langsung berasa penuuuuhhh banget karena tangisan Senja yang sangat kenceng.

Gw minta Hil telfon nyokap untuk tanya ini Senja baiknya diapain. Dikasih CTM, gitu yang ada di pikiran gw. Ternyata betul. Lewat Hil, nyokap bilang Senja dikasih saja ¼ tablet CTM. Oke, langsung diracik sama Hil. Tapi kebayang dong betapa sulitnya ngasih obat ke Senja yang lagi kejeerrrrr banget nangisnya...

Begitu obat sukses masuk ke mulut Senja, gak lama Senja menjadi lebih tenang. Gw masih tepuk-tepuk pantatnya, siapa tau membantu. Gw kipasin terus pantatnya biar lebih adem juga. Senja yang tampaknya juga udah kecapekan nangis, gak berapa lama langsung tidur di pelukan gw yang rebahan di lantai. Senja diputuskan untuk tidur tanpa celana, supaya lebih adem daerah pantat dan selangkangannya. Mudah-mudahan membantu.

Tempat tidur langsung diatur, dikasih perlak, dan gw tidur berdua Senja di tempat tidur. Hil ngalah sementara, tidur di kasur lipat di bawah. Tengah malam Senja sempet kebangun sebentar, tapi bisa langsung ditenangin dengan dipeluk dan ditidurkan di atas dada gw. Beres.

Duh, jadi gak boleh susu Ultra juga nih?

No comments: