Sunday, April 19, 2009

How Things Have Changed

Suatu ketika Mas Ade pernah nanya,’Cit, gak nonton jazz di Salihara?’

Dulu gw pegang program jazz di kantor. Gw juga suka jazz. Lalu Mas Ade langung nyambung sendiri,’Oh, kamu mesti mikirin anakmu ya?’

Sesaat itu bikin gw agak freeze gitu.

Iya ya. Emang gw seringkali gak kepikiran pergi anu itu karena mikirin Senja. Kadang gw yang lebih besar kadar ngerasa gitu, kadang Hil yang lebih besar. Mungkin juga karena gak enak kalo mesti ninggal Senja kelamaan sama si Ibu, yang juga mesti ngurus Salsa; atau ninggal Senja sama bokap-nyokap yang pasti juga capek abis kerja. Gw gatau apakah perasaan itu bakal gak ada kalo gw punya babysitter khusus buat Senja; seperti Pelangi yang ada Ibu Rofa atau Mbak Wanti.

Secara umum, itu juga mempengaruhi pola kerja gw. Dulu mah gw bisa sampai jam 8 malem di kantor, padahal masuk pagi. Sementara sekarang, kalo pulang jam 18.30 aja rasanya udah telat banget. Sebisa mungkin jam 18 teng langsung cabut. Tapi tentu saja kualitas kerja gak boleh berkurang. It’s a promise I keep to myself. Kalopun harus melanjut kerja di rumah, maka itu gw lakukan setelah Senja dan Hil tidur.

Hal terakhir yang gak jadi kita kerjain karena memperhitungkan Senja adalah nonton Sore di Salihara. Itu acara penutup rangkaian peringatan hari film kalo gak salah. Dari awal tau ada acara itu, gw udah ngincer banget. Mengingat Hil udah pernah berduaan Senja nonton Sore, dan gw-Hil pernah nitip Senja di Kayu Manis demi nonton Sore, maka ini saatnya kami nonton Sore bertiga. Tapi akhirnya itu terpaksa batal, karena sama panitia gak boleh bawa anak kecil. Hil yang telfon ke sana. Kecewa, jelas. Tapi ya sudah, toh tinggal dicari agenda lain yang bisa dikerjain bertiga.

Kehadiran Senja jelas mengubah banyak hal. Sedikit banyak gw merasa bersyukur karena gw udah melaksanakan sebagian besar cita-cita gw semasa belum menikah dan belum ada Senja. Udah sekolah lagi, udah sempet liputan macem-macem, melakukan banyak hal murni karena keinginan diri sendiri lah pokoknya.

Tapi ya namanya hidup kan selalu menyediakan tantangan baru. Sekarang, mengolah tantangan baru itu harus cermat demi memperhitungkan Senja di dalamnya. Bukan berarti tantangan itu mesti buru-buru ditolak dan pakai frase ’Ini gara-gara Senja.’ Kalo gitu kan kesannya menyalahan Senja yang gatau apa-apa.

Seperti waktu gw training ke Malaysia, nyokap udah langsung bilang ’Orang lain aja, gimana?’, tapi gw gak terima aja rasanya kalo langsung mengajukan orang lain. Kesannya kok nyerah dan gak tangguh. Belagu ya? Tapi begitulah. Akhirnya sih ke-belagu-an gw itu berdampak pada keluar ongkos besar tapi sekaligus jadi trip ke luar negeri pertama bagi kami bertiga. Atau seperti waktu Hil harus ngurus Green Night sampai lpas tengah mlam karena nganter temennya ke RS segala, ya hajar bleh. Besoknya untung libur, jadi bisa ’ngebayar’ kekurangan waktu sama Senja.

And now, seeing them sleeping makes me come to a solution: it’s no longer taking two to tango, but three to dance and have fun.

Ooohhh I’m just soooo in love with both of them!

5 comments:

dansaserigala said...

cinta kamu juga, dear.

Anonymous said...

Semoga Tuhan memberkati kalian bertiga dan juga orang2 yang telah membantu kelancaran kehidupan kalian se-hari2. Perjalanan masih panjang lho.

Anonymous said...

Wajar kalau nyokap langsung bereraksi kayak gitu waktu elo mau ke M'sia. Dia pasti mikirin cucunya, kuatir. Semua nenek akan bereaksi kayak gitu, neng.
Wajar juga kalau semua jadi berubah kalau kita udah punya anak. Banyak nikmatnya kan. Coba aja, pagi2 sudah ada yang senyum dan ngoceh sama kita, dll, dll.
Terus berjuang, demi anak!

Rani said...

bener banget! sayangnya banyak event2 dan tempat2 ga family friendly ya?

Anonymous said...

Jadi ortu itu plihan. Anak itu titipan Tuhan. Bukan mau sok religius. Tapi memang begitu. Makin gede anak elo, makin kerasa deh, bagaimana berartinya anak buat ortu. Itu kalau ortu normal. Kalau yang ngawur juga banyak.
Belajar terus ya. Jadi ortu nggak ada sekolahnya. Paling gampang belajar dari ortu sendiri, walaupun gak selalu cocok. Coba aja. Sukses ya.