Monday, April 20, 2009

Betul, Alergi

Tadi akhirnya kami membawa Senja ke dokter. Kasian Senja, udah hampir dua minggu, terhitung sejak Pemilu 9 April lalu, bentol-bentol tanpa jelas penyebabnya. Mendingan bentolnya segera dibinasakan saja. Gw bawa kamera, supaya bisa ngasih liat ke dokter bagaimana bentuk bentol-bentol di badan Senja. Untuk antisipasi aja, siapa tau bentolnya menghilang pas kita ke dokter.
javascript:void(0)
Sore-sorean gw telfon Carolus, ternyata dr Eveline gak ada, lagi ada seminar gitu dan dia gak praktik. Yang ada adalah dr Edwin. Gw lupa pernah atau enggak sama dia, tapi ya sudah lah tak mengapa. Jam 17an, Hil pulang ke rumah untuk jemput Senja, lalu mereka berdua jemput gw di kantor dianterin Beni. Sampai di Carolus jam 18.15. Pas lah karena dokternya praktik jam segitu.

Dari awal, gw udah bilang ke Senja kalo kita akan pergi ke dokter. Pengalaman sebelumnya, Senja nangis kejer pas lagi ditimbang dan pas di ruang dokter. Berarti ini harus diantisipasi dong. Gw dari pagi udah bilang soal ke dokter sama Senja, sementara Hil juga ngobrolin soal itu sama Senja pas di mobil.

Ternyata gak terlalu mempan, huhu. Senja tetep aja nangis kejer pas mau ditimbang. Padahal dia sudah diperkenalkan dengan situasi di RS, tempat dia akan ditimbang, Senja bahkan udah main-main sama mainan gantung di atas tempat timbangan. Tapi rupanya itu gak ngaruh. Senja teteup aja gitu deee.. nangis kejer pas baju dibuka dan ditaro di timbangan. BB Senja di Carolus 9,1 kg. Berarti kalo di rumah udah ampir 10 kg-an kayaknya.

Gak lama, kami masuk ke ruang dokter. Bener aja dong, Senja nangis lagi. Apalagi dokternya kan harus periksa seluruh badan Senja untuk liat ada bentol atau enggak. Pas dokternya pegang-pegang badan Senja gw baru inget, iya ya, gw cuma bilang ke Senja kalo kita mau ke dokter, tapi gak memberitahu Senja bhwa dia akan dipegang-pegang oleh dokternya. Huhuhu, mungkin karena itu dia panik dan nangis ya. Begitu kelar diperiksa, Hil langsung bawa Senja keluar, biar gak panik.

Pas dokternya periksa dia bilang,’Iya, ini alergi,’ karena dia sempet juga mengira itu kaligata (gw baru tau ada penyakit ini pas ngobrol sama Nita). Kata dr Edwin, tampilan bercak merah kaligata gak kayak bentol-bentolnya Senja. Kalo yang di Senja, itu alergi. Dia langsung tanya apakah ada riwayat alergi di keluarga. Setau gw sih enggak ada di keluarga gw. Atau ada tapi gw gatau ya? Hm. Kalo Hil, dia alergi dingin, udah pernah periksa kalo gak salah. Mungkin Senja juga. Tapi kan bentolnya nongol pas dia kena dingin AC maupun kegerahan. Ih binun. Kata dr Edwin sih reaksi alergi juga bisa muncul kalo daya tahan tubuh lemah (pas bener, Senja kan abis flu berat dengan ingus ijo) dan cuaca alias udara.

Gw tanya sama si dokter soal kemungkinan alergi susu sapi. Dia bilang,’Bisa aja.’ Susu sapi masuk daftar makanan yang kerap bikin alergi, selain kacang tanah, seafood dan telur. Dulu gw menampik kemungkinan Senja alergi susu sapi karena kan dia baik-baik aja sama susu sapi, baik itu Ultra maupun susu segar Pengalengan yang suka lewat depan rumah. Tapi si dokter bilang, alergi kadang timbul karena sesuatu yang justru sering dikonsumsi. Jadi, udah terpapar terus, abis itu tubuh membentuk tentara untuk ’melawan’, jadilah muncul reaksi alergi itu di badan. Untuk kasus Senja, bentuknya bentol. Gitu kata dokternya.

Dan dokternya bilang, satu-satunya cara untuk mengetahui alergen alias pencetus alerginya adalah menguji. Cobain X dikasih, lalu X gak dikasih dan liat reaksinya. Waduh, ribet yak bow. Dokternya ngasih resep Ryzin + Ketricin untuk ngobatin alerginya, lalu Cimetidin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yang gw gak waspada adalah dua obat pertama itu diracik dalam bentuk puyer. Huhuhu, mudah-mudahan gak menimbulkan reaksi buruk buat Senja.
Kelar dari dokter, gw dan Hil ngobrolin soal uji coba apa yang harus kita terapkan ke Senja. Mengeliminir seafood, ah terakhir Senja makan seafood ya udang, sehari sebelum Pemilu. Itu pun langsung dihentikan begitu muncul bentol (walaupun bentol tetep muncul meski gak lagi makan udang yak). Telur, jarang dikasih. Hm, well, ada siy ya di kue-kue yang dimakan Senja. Ok, kue bisa distop sebentar, toh Senja bisa nyemil buah atau sayur. Kacang tanah, gak pernah ngasih itu ke Senja. Lalu, here comes the hardest part, susu.

Akhirnya kita putuskan untuk coba mengeliminir susu sapi sehari besok. Kita lihat apa yang terjadi. Kita jajal susu kedelai buat Senja. Demi memperkenalkan susu kedelai, kita beli susu kedelai pas makan di kantinnya Carolus. Wah hebat, Senja meminum susu kedelai itu dengan lahap! Senja juga ikut-ikutan makan bareng Hil. Padahal menunya nasi rames, hihihi. Senja ngicip gudegnya, lalu makan pake nasi putih yang gak kena sambel. Yang lucu tuh Senja makannya lahap banget. Pake bunyi ’Aammm..’ segala pas disuapin. Hihihihi.

Sekarang Senja lagi bobo, dengan satu bentol rada gede di pipi. Di tangan dan kaki gatau, gak diintip lagi. Yang penting Senja udah pake celana panjang, biar dia gak perlu garuk-garuk kalo bentolnya gatel.

Semoga percobaan dengan susu kedelai lancar. Gw beli merek ABC, Mony dan Yeos; kita lihat mana yang Senja doyan. Semoga lancarrrrr..

5 comments:

hani said...

kaligata (bhs. Sunda) = biduran. Gatel2 akibat alergi dingin. Semoga Senja cepat kuat melawan alergi. Ngomong2, kamu kan alergi juga. Lah, itu migren kalau makan mengandung vetsin ? Bukankah itu reaksi alergi ?
Alergi tuh lari2 dalam keluarga kami. OomDidit, alergi acetosal. Diani baru ketahuan minum susu jadi pilek2 & alergi antibiotik jenis tertentu. Widi alergi debu & bulu binatang.

Anonymous said...

Gimana sih, Dek? Mosok bertanya tentang riwayat alergi dalam keluarga? Nah, migren. Nah, asma gw. Nah, alergi penisilin & sulfa Ikhsan & gw. Gw selain alergi obat, tentu saja alergi seafood, buah bergetah, AC (terutama di LIA), tekanan udara di pesawat. Bengek is my middle name, cin.
Coba buat Senja: hindari susu sapi, semua bentuk biskuit (ada susu sapi dan telurnya 'kan?), kembali ke gaya makan yang 'sehat' seperti yang kamu kasi sebelum dia umur setahun.
Dua minggu fresh, lalu coba lagi jebolin.
Be careful lho. Kalau di luar bentol, di dalam organ dalam juga bisa aja bengkak. hiii...bahaya, dong. Muah buat si cakep. *ta2h*

Anonymous said...

Kenapa takut sama puyer? Gara2 liputan tv, ya? Yang ada mangkok kotor itu?
Fyi, dokter itu diajari cara bikin resep, termasuk cara meresepkan puyer (=obat bubuk). Kemasan dalam bentuk puyer penting untuk obat2 dosis kecil, yang biasa diberikan kepada anak2 atau bayi.
Yang penting adalah kebersihan pada saat peracikan obat dan obat2 yang dicampur tidak bereaksi bertentangan satu sama lain.
Semoga lekas sembuh ya.

citra said...

Tuan atau Nyonya Anonymous, sebelum ada tayangan di TV, saya dan Hilman sudah berusaha menghindari puyer. Bukan karena gak bersih, tapi karena di situ ada pencampuran 2 atau lebih obat. Yang artinya, kalau muncul alergi di Senja, bisa tidak terlacak obat mana yang memicu alergi. Kami cukup cerdas, rasanya, untuk mencari sumber-sumber informasi lain, tidak hanya terbatas TV. Terima kasih untuk ucapan semoga lekas sembuhnya.

hani said...

Betul, puyer tuh berbahaya, ini yang bilang profesor farmakolog. Sayangnya waktu anak2 masih kecil, belum ada penelitian bahwa puyer berbahaya. Jadi aku nurut aja. Dokter memang boleh meresepkan, tapi dokter tidak tahu efek dari pencampuran 2 atau lebih obat. Sama aja dia jadikan anak2 kita kelinci percobaan.